25 Februari 2016

3 Cara Sederhana Mengoptimalkan RAM Pada Komputer

3 Cara Sederhana untuk Mengoptimalkan RAM Pada Komputer
LEVATRA.com - Random Access Memory atau yang biasa disebut RAM, merupakan memori yang bertugas sebagai media penyimpanan sementara pada saat komputer sedang dihidupkan. Peranan RAM pada komputer begitu penting sebagai pengatur jalannya beberapa aplikasi yang sedang berjalan, dengan adanya RAM maka semua aplikasi yang sedang berjalan ataupun berjalan pada latar belakang akan berjalan dengan semestinya.

Namun jika memori pada RAM sudah mulai penuh, menyebabkan beberapa aplikasi tidak dapat berjalan semestinya bahkan sampai crash atau menutup dengan sendirinya sehingga jika ingin membuka aplikasi banyak akan terasa lambat bahkan membuat prosessor tersebut panas. Banyak upaya yang dilakukan user untuk lebih mengoptimalkan RAM agar lebih lega pada saat dipakai untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

3 Cara Sederhana Mengoptimalkan RAM

Banyak cara untuk mengoptimalkan memori tersebut namun hanya sedikit yang bekerja mungkin karena cara tersebut mungkin sudah tidak berpengaruh pada komputer dengan sistem operasi terbaru saat ini. Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan tiga cara sederhana dan mudah untuk mengoptimalkan RAM agar lebih lega, berikut beberapa cara tersebut.

1. Menggunakan Task Manager
Task Manager merupakan program bawaan yang tersedia pada Windows, program ini berfungsi sebagai pengatur dan pengelola aplikasi yang sedang berjalan atau berjalan pada latar belakang agar tidak terjadi bentrok antara program atau aplikasi lainnya.
3 Cara Sederhana untuk Mengoptimalkan RAM Pada Komputer

Untuk mengoptimalkan RAM menggunakan task manager yaitu hanya dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan pada tab Processes. Dengan cara sebagai berikut.
  • Buka Task Manager, dengan cara klik kanan pada taskbar kemudian pilih Start Task Manager.
  • Kemudian muncul jendela baru, pilih tab Processes.
  • Selanjutnya kalian hanya tinggal menonaktifkan aplikasi yang menurut kalian sedang tidak digunakan, dengan cara klik pada daftar aplikasi tersebut kemudian klik End Process.

2. System Configuration
Seperti hal-nya Task Manager, System Configuration juga program bawaan yang tersedia pada Windows, program ini untuk mengatur sistem operasi yang akan digunakan dan aplikasi yang berjalan otomatis pada saat awal boot. Dengan banyaknya aplikasi atau program yang berjalan pada saat awal boot, maka itu akan otomatis memperhambat proses lainnya yang berjalan untuk Windows. Simak tutorial berikut Cara Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan Sejak Awal Booting.
3 Cara Sederhana untuk Mengoptimalkan RAM Pada Komputer

Cara mengoptimalkan RAM dengan system configuration ini cukup mudah yaitu hanya dengan menghapus centang pada aplikasi yang berjalan pada saat awal boot.
  • Buka System Configuration, dengan cara klik Start kemudian ketikan "system configuration" tanpa tanda petik pada kolom pencarian. Dan akan muncul program tersebut pada hasil pencarian.
  • Kemudian buka program tersebut, lalu pilih tab Startup.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa program, hapus centang pada aplikasi yang tidak terlalu penting menurut kalian.

3. Dengan Aplikasi pihak ketiga
Pada saat ini banyak aplikasi pihak ketiga yang gratis maupun berbayar untuk mengoptimalkan RAM, seperti aplikasi CC Cleaner yang menghapus file sampah seperti cache, jelas itu akan memperlancar kinerja RAM.

Itulah ketiga cara sederhana untuk lebih mengoptimalkan kinerja pada RAM agar lebih lega dan terntunya membuat komputer kalian memiliki umur lebih panjang, namun saya sarankan untuk tidak membuka aplikasi berat bersamaan dengan program atau aplikasi berat lainnya jika komputer kalian hanya memiliki minimal RAM 2GB. Jika kalian masih bingung dengan cara diatas, silahkan tanya pada kolom komentar yang sudah tersedia dibawah, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *