08 Maret 2016

Apa itu 42 Zip Bomb? File Kompresi 4500 Terabyte Menjadi 42 Kilobyte

Apa itu 42 Zip Bomb File Kompresi 4500 Terabyte Menjadi 42 Kilobyte
LEVATRA.com - File Zip merupakan format file yang digunakan untuk mengkompres file agar memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebenarnya, ini bertujuan untuk memberikan ruang lebih pada media penyimpanan. Selain itu, File Zip juga memiliki fungsi lain yaitu untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu dengan format zip.

Berbicara mengenai File Zip, Tahukah Anda kalau ada file berformat zip dengan ukuran kecil yang jika diekstrak maka akan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran file sebelumnya. File ini di namakan ZIP BOMB.

Apa itu Zip Bomb? ZIP BOMB dikenal dengan Zip Kematian atau Bom Dekompresi, adalah file yang dirancang untuk membuat crash sebuah program atau sistem yang membacanya. Hal ini sering digunakan untuk menonaktifkan software antivirus. File Zip bomb biasanya memiliki ukuran yang kecil untuk memudahkan pemindahan file tersebut kedalam perangkat lain dan untuk menghindari kecurigaan dari pengguna perangkat tersebut.

Apa itu 42 Zip Bomb? File Kompresi 4500 Terabyte Menjadi 42 Kilobyte

Sebuah contoh file Zip bomb adalah file 42.zip yang memiliki ukuran hanya 42 Kilobyte dengan berisikan data terkompresi, jika kita mencoba untuk mengekstrak file tersebut maka akan memiliki ukuran total sekitar 4500 terabyte (4.503.599.626.321.920 byte). File 42.zip itu sendiri saat ini banyak tersedia untuk di download di berbagai situs di internet.

Berikut hitungan ukuran dari file 42.zip

Apa itu 42 Zip Bomb? File Kompresi 4500 Terabyte Menjadi 42 Kilobyte

Jika kamu ingin mencoba mengekstrak file Zip ini, kamu dapat men-downloadnya melalui link berikut : www.unforgettable.dk

Namun sebelum kalian mencoba untuk meng-ekstrak file tersebut saya sarankan untuk tidak mencobanya, disimak berikut beberapa faktor yang akan disebabkan oleh Zip Bomb.
  • 42.Zip ini memiliki ukuran total sekitar 4500 terabyte yang mungkin tidak akan cukup jika diekstrak melalui perangkat kita yang memiliki kapasitas rata-rata hanya 1 Terabyte.
  • File yang dirancang untuk membuat crash / sistem menjadi bertabrakan sehingga sistem tersebut tidak dapat merespon perintah dari penggunanya.
  • Terdapat Virus yang dapat menonaktifkan beberapa program seperti Antivirus

Selain ketiga faktor diatas, mungkin masih banyak lagi faktor lainnya yang intinya dapat membuat sistem perangkat menjadi rusak.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Zip Bomb dan file 42.zip yang dapat diibaratkan kecil-kecil cabe rawit dengan ukuran awalnya kecil namun memiliki ukuran dengan kapasitas berjuta kali lipat dari awalnya. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *