05 Maret 2016

Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan 4 Tips Sederhana ini

Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan 4 Tips Sederhana ini
LEVATRA.com - Laptop saat ini sudah menjadi perangkat elektronik yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari layaknya smartphone yang mempunyai multifungsi seperti mempermudah dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan, mendengarkan musik, menonton video, atau hanya sekedar bermain game.cara menghemat baterai laptop, software penghemat baterai laptop

Berbeda dengan Komputer PC yang menggunakan daya listrik secara terus menerus selama Komputernya masih dalam keadaan menyala, namun Laptop menggunakan Baterai yang harus diisi daya ketika baterai tersebut mulai habis. Tapi bagaimana ketika kita sedang menggunakan laptop dalam keadaan darurat seperti menyelesaikan tugas penting, lalu pada saat bersamaan kita tidak membawa alat charger untuk kembali mengisi daya.

Salah satu solusi mengenai masalah diatas adalah dengan menghemat pengeluaran daya baterai tersebut. Untuk itu, kali ini kita akan membahas tips mengenai cara menghemat energi baterai laptop agar dapat dipakai lebih tahan lama. Berikut beberapa tips tersebut.cara menghemat baterai laptop, software penghemat baterai laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan 4 Tips Sederhana ini

1. Matikan Perangkat yang sedang Tidak Digunakan
Hal yang pertama dilakukan adalah mematikan perangkat yang tidak digunakan, banyak orang yang mengabaikan perangkat yang terus aktif seperti Bluetooth dan WiFi. Walaupun perangkat tersebut sedang tidak digunakan, tapi mereka terus menggunakan daya energi baterai untuk mengaktifkan dan mencari sinyal.
Baca juga : Cara Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan Sejak Awal Booting.

2. Mengatur Power Plan
Selanjutnya untuk menghemat baterai laptop adalah dengan mengatur penggunaan daya dan performa laptop pada Power Plan ke mode Power Saver dengan Cara berikut.
  1. Pertama klik icon baterai pada kanan bawah layar laptop.
  2. Kemudian klik More power options.
  3. Maka akan muncul jendela baru, centang atau pilih Power Saver.
    Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan 4 Tips Sederhana ini

    Pada Power Plan sendiri memiliki 3 mode bawaan yaitu Balance, High Performance dan Power Saver.
    • Balance, mode ini menjadi mode default pada windows dan digunakan untuk menyeimbangkan performa dengan penggunaan daya.
    • High Performance, digunakan ketika pengguna ingin menggunakan laptop dengan performa lebih besar dengan penggunaan daya juga besar. Biasanya digunakan ketika pengguna saat bermain game atau menggunakan software editing yang membutuhkan performa tinggi.
    • Power Saver, adalah mode kebalikan dari mode High Performance. Yaitu menggunakan daya kecil dengan performa kecil yang digunakan untuk membuka software yang menggunakan daya kecil seperti membuat catatan dan mendengarkan musik.

    3. Kurangi Brightness
    Masih dalam mengatur penggunaan daya, selanjutnya kalian perlu mengurangi Kecerahan layar. Penggunaan Brightness yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan mata juga penggunaan daya, Semakin tingginya tingkat kecerahan layar maka tinggi pula energi yang terpakai oleh laptop.

    Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan 4 Tips Sederhana ini

    Maka gunakan tingkat kecerahan layar seminimal mungkin sesuai kenyamanan mata kalian, dengan cara buka Power Options > pilih Change Plan Setting > kemudian atur tingkat kecerahan pada Adjust plan brightness.

    4. Gunakan fitur Sleep Mode dan Turn off the Display
    Kedua fitur ini dapat dimanfaatkan ketika kalian sedang tidak menggunakan laptop. Fitur ini akan berfungsi ketika kita lama tidak menggunakan laptop dalam keadaan menyala, maka layar laptop akan mati secara otomatis tanpa harus mematikan laptop.

    Cara Menghemat Baterai Laptop Dengan 4 Tips Sederhana ini

    Itulah 4 tips cara menghemat baterai laptop tanpa harus menggunakan software penghemat baterai laptopcara menghemat baterai laptop, software penghemat baterai laptop. Dengan cara yang sederhana tersebut, kalian dapat menghemat penggunaan daya atau energi laptop ketika sangat perlu dibutuhkan seperti dalam keadaan darurat. Semoga beberapa tips diatas membantu dan bermanfaat bagi sobat.

    Tentang Penulis

    Artikel Terkait

    1 komentar

    Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
    Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

    Terima kasih.. Artikel ini sangat membantu

    HiStats

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *