28 September 2016

Pengertian serta Memahami Fungsi Firewall dan Cara Kerjanya

Pengertian serta Memahami Fungsi Firewall dan Cara Kerjanya
LEVATRA.com - Peran internet saat ini penting untuk membantu manusia mengerjakan berbagai pekerjaan seperti mencari informasi, untuk itu sangat diperlukan keamanan yang cukup agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Berbicara tentang keamanan, rasanya firewall pada jaringan komputer adalah sesuatu yang tidak dapat dianggap hal sepele. Namun, banyak dari kita yang masih tidak mengerti apa firewall dan apa kegunaaan dari firewall.

Bagi kamu yang suka berselancar di internet alangkah baiknya untuk tetap menjaga keamanan dengan menggunakan fitur firewall. Bagi kamu yang belum paham mengenai apa itu firewall, jangan khawatir karena pada artikel ini penulis akan menjelaskan mengenai firewall secara singkat.

Pengertian Firewall

Firewall digunakan untuk melindungi komputer atau jaringan dari akses komputer di luar yang tidak memiliki kewenangan hak untuk mengakses komputer atau jaringan. Sesuai dengan namanya "firewall" yang berarti dinding. Dinding yang biasanya digunakan sebagai perlindungan untuk membatasi. Nah dalam jaringan komputer yang juga berlaku pada firewall.

Mengingat jaringan komputer yang memungkinkan banyak orang untuk menghubungkan satu koneksi dengan satu sama lain untuk membuat akses lain dan berbagi informasi, maka di sini adalah sangat penting untuk memiliki aturan atau peraturan untuk mengamankan jaringan komputer.

Karena pada dasarnya pada komputer tertentu seperti perusahaan atau lembaga lainnya banyak data penting dari swasta tidak boleh sembarangan orang yang diperbolehkan untuk mengaksesnya, maka tentu saja kita tidak ingin orang di luar pintu masuk menyusup untuk melihat data swasta tersebut, di mana firewall digunakan untuk menciptakan sebuah penghalang atau pertahanan untuk menyaring setiap komputer yang diperbolehkan untuk mengakses dan yang seharusnya di blok dan user mana saja yang dianggap tidak aman.

Umumnya firewall dapat berupa perangkat lunak atau software seperti program komputer atau aplikasi dan hardware yang khusus dirancang untuk menjalankan program firewall.

Apa saja Fungsi Firewall ?

Secara umum, fungsi firewall adalah sebagai berikut :
  • Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan.
  • Melakukan otentikasi jaringan akses.
  • Melindungi sumber daya dalam jaringan pribadi.
  • Rekaman atau merekam semua peristiwa dan membuat laporan kepada administrator.
  • Menerapkan kebijakan keamanan (polisi keamanan).
  • Mencegah atau memblokir aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh sistem.

Seperti dijelaskan di atas firewall digunakan untuk melindungi jaringan komputer dari berbagai ancaman eksternal tidak berhak menjadi sistem akses, seperti sebagai cracker yang biasanya akan selalu mencoba untuk mengambil keuntungan dari pihak lain dengan cara menyusup komputer dan melakukan aktivitas seperti mencuri data atau merusak sistem, sehingga menggunakan masalah firewall diharapkan akan ditangani.

Bagaimana Cara Kerja Firewall ?

Pada dasarnya, firewall adalah dinding penghalang antara komputer (atau jaringan) dan Internet (luar). Firewall hanya dapat dibandingkan dengan penjaga keamanan yang berdiri di pintu masuk rumah Anda dan menyaring pengunjung yang datang ke tempat itu. Dia mungkin mengizinkan beberapa pengunjung untuk masuk sementara menyangkal orang lain yang ia dicurigai sebagai penyusup.

Demikian juga, firewall komputer adalah program perangkat lunak atau perangkat keras yang menyaring informasi (paket) yang datang melalui internet ke komputer atau jaringan komputer pribadi. Firewall juga dapat memutuskan untuk mengizinkan atau memblokir lalu lintas jaringan antara perangkat berdasarkan aturan yang telah dikonfigurasi atau ditentukan oleh administrator firewall.

Kebanyakan firewall pribadi sebagai firewall sudah di dedault di sistem operasi jendela beroperasi pada seperangkat aturan pra-konfigurasi dan tentu saja, ini cocok dalam keadaan normal sehingga pengguna tidak perlu khawatir banyak tentang firewall konfigurasi.

Sehingga review dari firewall yang tentunya penting bagi kita untuk mengetahui terutama jika kita untuk mengamankan jaringan komputer.

Dengan mengetahui dan menerapkan firewall tentu saja kita berharap jaringan dilindungi dan aman dari penyusup atau cracker yang mencoba untuk mengambil keuntungan dari celah komputer atau jaringan untuk tujuan tertentu yang tentu saja dapat merugikan ketika datang ke penyusup yang datang dari luar berhasil mencuri data, mengubah, kerusakan, dan sebagainya.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *