07 Oktober 2016

Inilah Penyebab Blackberry Menjadi Lambat dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Blackberry Menjadi Lambat dan Cara Mengatasinya
LEVATRA.com - Ponsel blackberry sudah sangat menjamur dan banyak penggunanya dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dan banyak dari mereka pasti pernah merasakan ponsel blackberry mereka lemot atau lambat, bukan dalam hal koneksi melainkan dalam kinerjanya. Apa lagi disaat ingin men-download dan tiba-tiba blackberry tersebut Hang, tidak lain akan mengundang emosi.

Penyebab blackberry  Lambat dan Hang diantaranya: Terlalu banyak Berkas sampah dalam blackberry anda yang terletak pada memorinya, jika kamu juga merasakan hal tersebut maka jangan khawatir karena pada artikel ini penulis akan mencoba memberikan sedikit tips tersebut agar ponsel kembali segar.

Beberapa poin yang menyebabkan lambat / lemot:

  • Lambat disebabkan oleh operator jaringan sinyal atau penyedia layanan.
  • Lambat, delay, tertunda, dll karena jangkauan sinyal ponsel tidak baik atau sudah melemah.
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstal yang membuat ponsel bekerja dalam sangat berat melebihi kapasitas ponsel itu sendiri, terutama CPU dan memori RAM. Aplikasi berat seperti aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Google plus, Hangout, Facebook messenger, Yahoo messenger, WeChat, Line, KakaoTalk, dll) juga aplikasi game dengan grafik HD, 3D, dll, dan launcher 3D.
  • Ponsel telah berusia lebih dari 2 tahun dan jika lebih tua maka akan mengalami penurunan kinerja hardware, smartphone sudah digunakan dalam rentan waktu yang lama tidak akan bekerja optimal lagi, hal ini juga umum pada komputer dan laptop.
  • Terlalu banyak kontak BBM, kelompok dan saluran.



Tips sederhana agar blackberry menjadi optimal kembali:

  • Jangan terlalu banyak aplikasi.
  • Beri kapasitas ruang kosong yang cukup dalam memori RAM.
  • Menggunakan tema default.
  • Utamakan sedikit kontak, saluran dan kelompok Anda mengikuti pada BBM.
  • Downgrade aplikasi BBM ke versi yang lebih rendah.
  • Hardreset bertujuan untuk menghilangkan sampah dan menginstal aplikasi yang benar-benar diperlukan.
  • Hapus History Browser.
  • Hapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.
  • Jangan sering Buka beberapa aplikasi berat secara bersamaan.



Tips ampuh mengatasi blackberry lambat / lemot.

Jika tips diatas sudah dilakukan namun ponsel blackberry masih terasa lambat dan lemot, silahkan untuk mencoba beberapa tips dibawah ini agar kinerja ponsel tersebut menjadi maksimal.

  1. Membersihkan Event Log cleaning Homescreen. Dengan cara tekan dan tahan tombol ALT > tekan huruf LGLG (dengan berurutan) > tekan Logo blackberry > pilih Clear Log, lalu klik dan hapus.
  2. Membuat Cache Cleaning. Masuk ke browser blackberry Anda > tekan Logo blackberry > pilih Options -> kemudian pilih Cache Operations -> kemudian tekan tombol semua Clear yang ada di sana.
  3. Lakukan Cleaner Options Memory. Cleaner Option Memory > lalu pilih Security Options > pilih Memory Cleaning > ubah status disable menjadi enable > lihat pada 4 baris yang dibawah menu memory cleaning, terlihat tulisan "show icon on home screen" ditekan dan ubah dari "NO" menjadi "YES" > kemudian tekan tombol return > lalu save changes > kembali ke "homescreen" dan cari ikon baru memory cleaner (mirip gambar printer) lalu klik.
  4. Soft Reset. Tekan bersamaan tombol Alt > Caps atau Tombol aA (yang ada di sebelah kanan dekat tombol tulisan sym) > klik tombol del/delate. Cara ini untuk merestart ponsel (tidak menghapus file).
  5. Hard Reset. Cabut baterai ponsel, bisa dilakukan sesering mungkin atau bisa secara berkala antara 2-3 kali dalam seminggu, ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi tersimpan daya dalam ponsel, setelah dcabut biarkan jangan di pasang selama 5 menit atau lebih.

Nah beberapa poin penyebab blackberry menjadi lambat dan lemot juga cara mengatasinya dengan beberapa tips diatas memungkinkan ponsel blackberry kamu akan normal kembali. Namun perlu diperhatikan juga bahwa jangan instal atau pasang aplikasi atau game berat dan sama sekali tidak terlalu penting untuk digunakan karena itu hanya akan menambah beban dan sampah pada ponsel.

ika kamu punya tips lainnya, silahkan share melalui kolom komentar dibawah dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share kepada teman kamu agar mereka mendapatkan informasi tentang ponsel mereka.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *