01 Oktober 2016

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya
LEVATRA.com - Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolahan data menggunakan fungsi matematika. Microsoft Excel banyak digunakan di kantor-kantor untuk membuat data memerlukan perhitungan atau logika fungsi, misalnya untuk membuat nilai data siswa, data gaji karyawan dan masiih banyak lagi. Dalam Microsoft Excel ada banyak formula atau fungsi yang digunakan untuk memproses data. Pada artikel ini, penulis akan menyediakan fungsi dasar dari Microsoft Excel yang harus dikuasai serta contoh penggunaannya.

Rumus Dasar Microsoft Excel

1. SUM

SUM adalah rumus utama yang harus dikuasai untuk digunakan diperkantoran. Dalam prakteknya, fungsi ini paling sering digunakan. Fungsi SUM adalah untuk menjumlahkan data, serta menambahkan. Namun, bila menggunakan penjumlahan biasa, kita perlu untuk mengetik kolom setiap kolom untuk mencapai, tetapi dengan menggunakan SUM, kita hanya blok data yang akan dikumpulkan.

Rumus SUM adalah :
=SUM (kolom awal : kolom akhir)

Seperti fungsi SUM yaitu menjumlahkan data, pada contoh ini saya mencoba untuk menjumlahkan nilai dari setiap nama dan total nilai tersebut akan muncul pada kolom total nilai dengan blok yang akan dijumlah mulai dari blok B2 sampai F2.

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya
contoh rumus sum di excel



2. MAX

MAX adalah rumus excel yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari data. Cara menggunakan MAX adalah hampir sama dengan SUM, yaitu dengan memblok kolom untuk diproses.

Rumus MAX adalah :
=MAX (kolom awal : kolom akhir)

Untuk menghitung nilai tertinggi dari kelima nama tersebut, kita menggunakan rumus max seperti gambar dibawah. Nilai tertinggi yang akan saya cari yaitu nilai tertinggi dari total nilai dengan mencari nilai paling tinggi dari blok G2 sampai G6.

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya
contoh rumus max di excel

3 . MIN

MIN adalah kebalikan dari fungsi MAX, jika MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi, maka rumus MIN digunakan untuk mencari nilai terendah.

Rumus MIN adalah :
=MIN (kolom awal : kolom akhir)

Kebalikan dari Rumus MAX, disini saya akan mencari nilai paling rendah dari total nilai maka saya akan mencari nilai terendah dari blok G2 sampai blok G6.

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya
contoh rumus min di excel



4. AVERAGE

AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari data atau nilai, penggunaannya masih sama dengan rumus-rumus di atas.

Rumus AVERAGE adalah :
=AVERAGE (kolom awal : kolom akhir)

Pada rumus ini kita mendapatkan fungsi rata-rata dari keseluruhan dari total nilai, maka blok yang akan kita hitung rata-ratanya yaitu G2 sampai blok G6.

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya
contoh rumus average di excel

5. COUNT

COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data, berbeda dengan Sum, ketika menghitung nilai dari jumlah data, COUNT menghitung jumlah data. Untuk lebih jelasnya, ikuti rumus di bawah

Rumus COUNT adalah :
=COUNT (kolom awal : kolom akhir)

Seperti penjelasan diatas bahwa rumus COUNT ini berbeda dengan rumus SUM, kalau SUM adalah rumus untuk menghitung nilai keseluruhan, sedangkan COUNT adalah rumus untuk menghitung total data. Maka hasil dari count dibawah ini adalah 5 data.

Rumus Dasar Microsoft Excel dan Contoh Lengkap Penggunaannya
contoh rumus count di excel

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *