6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer - Levatra

17 Januari 2017

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer
6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Komputer
LEVATRA.com - Random Access Memory (RAM) merupakan unsur yang sangat penting pada suatu komputer, RAM digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer sebelum data disimpan di media penyimpanan. Pada dasarnya, ukuran RAM di komputer akan mempengaruhi kinerja perangkat. Semakin besar kapasitas ukuran RAM, maka semakin cepat pula kinerja perangkat dalam pengolahan data.

Apa saja ukuran kapasitas RAM ?

RAM memiliki kapasitas ukuran yang bervariasi, tergantung pada kapasitas dan spesifikasi komputer. Pada umumnya ukuran sebuah unit memori adalah Megabyte (MB), tetapi pada saat yang sama banyak pengembangan dari memori itu sendiri, seperti dalam hal ukuran kapasitas memori lebih besar yang mencapai ukuran kapasitas Gigabytes (GB).

Saat ini RAM dijual di pasaran sangat beragam, mulai dari kapasitas 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, dll. bahkan sampai 32 GB dan masih akan terus berkembang.

Pengaruh RAM pada kinerja Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa RAM memiliki peran yang cukup penting dalam kinerja pengolahan data. Sehingga RAM yang memiliki kapasitas lebih besar, otomatis akan mempercepat kinerja komputer.

Jika Anda memiliki komputer dengan kapasitas kecil maka saya sarankan segeralah untuk meng-upgrade RAM, sehingga perangkat komputer akan lebih optimal dalam melakukan tugasnya.

Apa itu Upgrade RAM ?

Upgrade RAM pada komputer adalah suatu cara penambahan kapasitas RAM pada komputer yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja komputer, sehingga komputer dapat berjalan lebih cepat.

Untuk meng-upgrade RAM di komputer, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan bahkan hal tersebut sudah menjadi syarat wajib yang harus dilakukan.



Syarat-syarat Upgrade RAM komputer

Sebelum melakukan upgrade RAM, lebih baik Anda perhatikan hal-hal dibawah ini untuk bahan pertimbangan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan kamu ataupun perangkat.

1. Apa tujuan kita meng-upgrade ?

Sebelum Anda melakukan upgrade RAM, pertama kali anda harus tau apa saja tujuan kita meng-upgrade RAM. Jika tujuan meng-upgrade adalah hanya untuk mengetik atau browsing seperti halnya yang dilakukan kebanyakan pelajar, maka tidak perlu terlalu besar kapasitas yang ditambahkan.

Berbeda dengan kamu yang mempunyai hobi bermain game atau edit video, maka keperluannya bisa lebih ditingkatkan lagi karena kegiatan tersebut menggunakan kapasitas RAM yang tidak sedikit.

2. Spesifikasi Prosessor

Seperti yang kita ketahui, prosessor merupakan otak yang memproses seluruh kinerja suatu komputer. Jika kita ingin melakukan ugrade RAM, alangkah baiknya untuk mengetahui sejauh mana prosesor dapat menampung kapasitas dari RAM.

Hal tersebut perlu diperhatikan karena kita tidak bisa begitu saja menambahkan kapasitas sesuai keinginan tanpa memikirkan seberapa kuat prosesor untuk menampungnya. Seperti halnya prosesor pentium 4 yang menggunakan kapasitas RAM sebesar 32 GB, tentu saja itu tidak seimbang.

3. Batas Maksimum Memori

Hal penting yang perlu diperhatikan lainnya adalah perhatikan informasi dari perangkat keras motherboard. Untuk informasi dapat dicari melalui website resmi dari motherboard yang kamu pakai, biasanya tercantum maksimum RAM yang dapat digunakan.

Jika motherboard kamu hanya mendukung sampai 8 GB, sedangkan kamu akan meng-upgrade sampai 16 GB, maka hal tersebut akan sia-sia karena motherboard akan dapat membaca 8 GB.

4. Jenis RAM

Pada dasarnya RAM memiliki beberapa jenis tergantung pada lokasi memori yang digunakan, pastikan Anda tahu apa jenis RAM yang digunakan sebelum membeli RAM baru. karena jika kita salah dalam membeli RAM, maka tidak dapat dipasang pada motherboard karena memiliki slot yang berbeda. Jenis RAM yang masih beredar adalah DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4.

5. Kecepatan RAM

Meningkatkan proses / kinerja adalah tujuan utama kita meng-upgrade RAM. Disini kamu perlu menyamakan kecepatan RAM yang ingin dibeli dengan kecepatan RAM yang kamu punya, jika kamu sudah menggunakan RAM dengan kecepatan 1333 Mhz maka kamu harus membeli RAM dengan kecepatan yang sama dengan yang sudah kamu punya.

Hal ini berlaku sama dengan Jenis RAM yang digunakan.

6. Jenis Slot

Jenis slot pada RAM dan Motherboard juga perlu diperhatikan. Perhatikan apakah motherboard dan RAM mendukung untuk dual channel apa hanya mendukung single channel.

Artikel Terkait

2 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Gan, gmana kalo jenis slot hanya mendukung 1 chanel. Apa ram nya gak bisa diupgrade?

Masih bisa, tergantung poin 2-5 diatas

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats