Mengetahui Perbedaan HUB dan Switch pada Jaringan Komputer - Levatra

26 Januari 2017

Mengetahui Perbedaan HUB dan Switch pada Jaringan Komputer

Mengetahui Perbedaan HUB dan Switch pada Jaringan Komputer
Mengetahui Perbedaan HUB dan Switch pada Jaringan Komputer
LEVATRA.com - Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai penjelasan dasar dari perangkat jaringan komputer, Hub dan Switch. Memang antara Hub dan Switch ini sekilas terlihat mirip, namun kedua perangkat ini dibuat dengan tujuan dan fungsi yang berbeda antara satu sama lain juga mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dari kelebihan dan kekurangan kedua perangkat ini, akan kita coba ulas dibawah ini.

Pengertian HUB

HUB adalah perangkat jaringan yang bertugas untuk menghubungkan beberapa komputer atau jaringan lain pada jaringan tunggal. Hub sendiri bekerja pada OSI protokol Layer 1 atau Physical Layer. Dengan demikian tidak ada lagi Hub yang hanya berfungsi sebagai pas atau konsentrator, dan hanya menguatkan sinyal pada kabel UTP.

Hub tidak tahu MAC Addressing / Physical Addressing sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan sehingg dapat mengakibatkan tabrakan tidak dapat dihindari dalam penggunaan.


Pengertian Switch

Switch adalah salah satu Hardware dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer pada layer protokol jaringan. Komputer akan saling terhubung melalui kabel jaringan (UTP) yang mempunyai pusat pada switch.

Switching dapat diartikan sebagai penguat sinyal pada jaringan komputer, juga berfungsi sebagai perangkat untuk menyaring (filter) paket yang ada disebuah jaringan LAN. Switch bekerja pada layer data link (layer 2) dan kadang-kadang bekerja di layer Network (layer 3) didasarkan pada lapisan OSI Model.


Perbedaan HUB dan Switch

1. Bekerja pada OSI Layer berbeda

Seperti yang sudah dijelaskan diatas dari pengertian kedua perangkat bahwa Hub bekerja pada OSI Layer 1 (physical layer), sedangkan Switch bekerja pada pada OSI Layer 2 (data link layer).

2. Cara Kerja berbeda

Hub dan switch mempunyai cara kerja yang berbeda, Hub bekerja sebagai pemisal sinyal (signal splitter) juga sebagai pengirim dan penerima sinyal listrik melalui kabel yang telah tersambung.

Sedangkan Switch dapat menyaring paket data dan dapat memproses informasi pada layer data link.


3. Tingkat Kehandalan

Switch menggunakan sistem seleksi atau pemilihan MAC Address terhadap semua perangkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya.

Sedangkan Hub tidak mempunyai kemampuan tersebut, jika hub menerima sinyal melalui salah satu port, maka sinyal tersebut akan dikirim ke seluruh port yang tersedia.

4. Kecepatan Transfer Data

Hub mengirim data lebih lambat, karena mengirim sinyal ke seluruh port dan tidak peduli perangkat mana yang akan menjadi tujuan data tersebut.

Sedangkan Switch memproses data lebih cepat, karena menyeleksi terlebih dahulu Mac Address yang menjadi tujuan pengiriman data.


5. Pengaturan

Switch dapat mengatur perangkat lainnya yang terhubung seperti memblokir atau memberikan izin agar dapat terhubung, sedangkan Hub tidak bisa.

6. Sistem Keamanan

Hub dapat mengirim data secara penuh sampai tujuan, karena tidak mempunyai seleksi atau pemilihan terhadap paket data.

Sedangkan Switch terkadang mengirimkan paket data yang tidak utuh, bukan karena switch tidak mampu mengirim secara utuh, tapi karena switch mempunyai keamanan yang cukup sehingga paket data yang akan dikirimkan terlebih dahulu diperiksa. Jadi paket data yang dianggap kurang aman atau mencurigakan tidak akan dikirim.

7. Harga

Dari banyaknya keunggulan dari perangkat Switch yang kita ketahui diatas, maka sudah tahu bahwa harga dari Switch lebih mahal jika dibandingkan dengan Hub.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats