Inilah Penyebab Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan - Levatra

27 Januari 2017

Inilah Penyebab Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan

Inilah Penyebab Mengapa Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan
LEVATRA.com - Keyboard adalah salah satu hardware input yang banyak digunakan oleh pengguna perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer dengan fungsi memberikan input atau masukan baik itu perintah ataupun karakter kepada sistem ponsel atau komputer. Dengan adanya keyboard, pengguna dapat lebih mudah dalam melakukan pekerjaan atau pengoperasian pada perangkat yang saat ini hampir semuanya menggunakan keyboard jenis qwerty.

Masukan karakter itu bisa dalam bentuk huruf, angka atau simbol. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan keyboard hampir tidak pernah dipisahkan. Meskipun tampilan huruf pada keyboard tidak tercantum menurut abjad, tampaknya telah menjadi hal yang umum kita lihat pada setiap gadget ataupun komputer.

Kembali ke topik artikel, pertanyaannya adalah mengapa susunan huruf pada tombol keyboard tidak dibuat berdasarkan sesuai dengan urutan huruf abjad ABCD saja? Dan mengapa harus menggunakan huruf yang dapat dibilang tidak beraturan seperti QWERTY?

Penyebab Urutan Huruf Keyboard Tidak Beraturan

Perlu di ketahui, bahwa keyboard pertama kali ditemukan oleh Christopher Latham Scholes pada tahun 1868 dengan bentuk yang masih sangat sederhana.

Untuk mendukung kinerjanya, mesin tik dahulu dibuat menggunakan pegangan sehingga ketika batang akan di tekan akan bergerak dan huruf cetak pada media kertas yang telah dirancang.


Pada saat Christopher menemukan masalah yang sangat mengganggu. Komposisi tombol keyboard diciptakan dalam urutan abjad ternyata membuat kemacetan mesin tik, terutama pada saat pergantian baris. Hal ini terjadi karena terlalu mudah dan cepat orang mengetik menggunakan keyboard tombol disusun menurut abjad ABCD.

Dari masalah serius yang disebabkan keyboard masing-masing selalu bertepatan sehingga mesin ketik yang sering macet. Singkat cerita, dengan Keyboard Christopher yang telah ditingkatkan oleh ilmuwan E. Remington yang berhasil tombol huruf berantakan pada keyboard untuk membentuk sususan QWERTY.

Komposisi QWERTY yang dibuat Remington efektif untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada mesin ketik pada masa lalu dan sampai sekarang tata letak QWERTY kita masih menggunakan.

Dalam masyarakat usia yang serba modern saat ini meskipun beberapa perangkat digital yang tidak lagi menggunakan mesin tik tuas, tapi QWERTY abjad masih Apakah kita gunakan pada hampir semua perangkat digital. 

Nah, itulah penyebab mengapa urutan huruf pada keyboard tidak beraturan. Dari sejarah keyboard diatas, kita dapat simpulkan bahwa masalahnya yaitu karena dahulu waktu masih keyboard mesin tik yang menggunakan urutan huruf keyboard sesuai dengan abjad, maka manusia akan cepat dalam pengetikan sehingga hal tersebut menyebabkan mesin tik menjadi macet.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *