13 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya - Levatra

09 Februari 2017

13 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya

13 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya
LEVATRA.com - Virus Komputer adalah program parasit pada komputer yang dapat mereproduksi dan juga menyebar ke komputer lain dengan cara memasukkannya ke dalam program atau data. Biasanya, virus menyebar dari satu komputer ke komputer lain ketika seseorang memindahkan file dari flashdisk atau perangkat sejenisnya, sehingga virus tersebut dapat mudah menyusup dalam flashdisk yang selanjutnya bergerak ke komputer tujuan.

Untuk apa Virus Komputer dibuat?

Virus komputer diciptakan dengan tujuan yang jahat, yaitu untuk pencurian data pada komputer tanpa sepengetahuan pemiliknya. Banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh data dan program virus komputer seperti kerusakan pada komputer, sehingga data tidak bisa dibuka atau program tidak dapat berjalan pada komputer.


Selain itu, virus akan mereproduksi dengan jumlah yang sangat banyak dan akan mengambil ruang memori pada komputer serta akan memperburuk kinerja dan hardware. Untuk itu, berikut penulis akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis virus komputer dan cara mengatasinya.


Jenis-jenis Virus Komputer

1. Trojan

Trojan adalah virus komputer yang dibuat untuk mengontrol dan mencuri data pada komputer. Trojan biasanya menyebar melalui internet dan email atau personal data, trojan ini diberikan password.

Cara mengatasi virus Trojan yaitu dengan menggunakan aplikasi Trojan Remover atau Trojan Hunter.

2. Worm

Worm adalah virus komputer yang dapat mereproduksi. Hal yang membahayakannya adalah virus worm dapat berkembang biak sangat cepat, sehingga jika suatu komputer terkena virus ini dengan waktu yang lama maka kapasitas memori hard disk komputer tersebut akan penuh oleh file sampah.

Cara mengatasi virus Worm yaitu dengan menggunakan Antivirus biasa, atau Antivirus Pro agar dapat lebih maksimal dalam membersihkan virus.

3. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus adalah salah satu virus yang dapat menginfeksi memori komputer. Efek yang ditimbulkan dari jenis virus ini sama halnya seperti efek virus lain, yaitu komputer menjadi lambat.

Cara mengatasi Memory Resident Virus yaitu dengan menggunakan menggunakan antivirus, tetapi penggunaan antivirus juga harus diperbarui atau update secara berkala.


4. Web Scripting Virus

Web Scripting Virus adalah program yang digunakan untuk mempercantik isi dari sebuah situs web, tetapi program ini digunakan dengan tujuan mengganggu.

Cara mengatasi Web Scripting Virus yaitu selain dengan menggunakan antivirus, juga dapat menggunakan program bawaan Windows, yaitu Windows Defender dengan melakukan Scan secara teratur.

5. Multipartite Virus

Multipartite Virus adalah virus komputer yang terdiri dari file untuk menginfeksi sistem operasi tertentu. Virus ini biasanya tersembunyi pada RAM dan Hard disk komputer yang menginfeksi dengan cukup cepat.

Cara mengatasi Multipartite Virus yaitu dengan sering meng-defrag hard disk menggunakan Disk Defragmenter.

6. FAT Virus

Virus FAT atau File Allocation Table adalah virus komputer yang dibuat untuk merusak file pada lokasi / direktori tertentu. File yang terinfeksi virus ini pada umumnya disembunyikan seakan file tersebut hilang.

Cara mengatasi FAT Virus yaitu menggunakan Antivirus yang diperbaharui secara berkala.

7. Companion Virus

Companion virus adalah virus komputer yang dibuat dengan tujuan dikhususkan untuk mengganggu data pribadi yang lokasi targetnya yaitu hard drive. Tetapi memiliki karakteristik ekstensi yang berbeda.

Cara mengatasi Companion virus yaitu menggunakan Antivirus dan Firewall.

8. Polymorpic Virus

Polymorpic virus adalah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda dari waktu ke waktu pada saat menginfeksi sistem, hal itu dilakukan untuk membuatnya lebih kuat dan susah diatasi. Contoh virusnya seperti Marburg, Touareg dan Elken.

Cara mengatasi Polymorpic virus yaitu menggunakan Antivirus Pro.

9. Directory Virus

Directory Virus adalah jenis virus yang menginfeksi berkas dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sedangkan ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, secara otomatis virus akan menginfeksi sistem lain.

Cara mengatasi Directory Virus yaitu dengan memformat dan instal ulang program serta sistem operasi.

10. Macro Virus

Macro virus adalah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi file makro seperti .doc, .xls, .mdb dan .pps . Selain itu, jenis virus ini juga dapat menginfeksi sebuah email yang berisi dokumen.

Cara mengatasi Macro virus yaitu dengan menghindari membuka email yang mencurigakan.

11. Boot Sector Virus

Boot sector virus adalah virus komputer yang dapat menginfeksi bagian terkecil dari apa yang disebut hard disk boot sector. Lokasinya yang bersembunyi pada hard disk. Jadi ketika sistem berjalan, virus ini dapat bergerak kemanapun untuk menginfeksi file. Contoh virusnya seperti Polyboot.B dan Anti EXE.

Cara mengatasi Boot Sector Virus yaitu dengan men-setting hard drive ke dalam write protect.

12. Overwrite Viruses

Overwrite viruses adalah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file. Jadi kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya. Contoh virusnya seperti Way, Trj.Reboot dan Trivial.88.D.

Cara mengatasi Overwrite viruses yaitu dengan menghapus file yang terinfeksi.

13. Direct Action Viruses

Direct action viruses adalah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi jenis file Bat Autoxec yang terletak pada direktori hard disk. Jenis ini akan beraksi ketika sistem operasi pertama booting. Virus ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi perangkat eksternal seperti hard drive dan flash eksternal. Contoh virusnya seperti Wina.

Cara mengatasi Direct Action Virus yaitu dengan Scan menggunakan Antivirus yang rutin diperbaharui.

Memang keberadaan virus di komputer hal yang sangat menakutkan, sama halnya virus yang menyerang pada manusia. Virus pada komputer dapat menyebabkan perangkat tersebut menjadi lambat dalam merespon perintah, bahkan yang lebih parahnya lagi dapat membuat komputer menjadi rusak.

Dengan adanya artikel ini yang membahas mengenai jenis-jenis virus komputer yang berbahaya, dapat menambah pengetahuan kamu yang mempunyai komputer agar dapat berhati-hati dalam pengoperasiannya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu, agar mereka tahu dan tidak kudet.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *