5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop - Levatra

29 Maret 2017

5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop

5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop
5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop
LEVATRA.com - Ingin merasakan memainkan aplikasi dan game Android, tapi tidak punya perangkat android dan hanya punya komputer? Kini bisa, hanya bermodalkan koneksi internet dan komputer, kamu dapat memainkan aplikasi dan game Android langsung dari komputer, dengan menggunakan sebuah Emulator Android untuk PC. Namun menjadi pilihan yang sulit jika kita harus memilih emulator, tapi tidak sesuai dengan spesifikasi komputer.

Jangan khawatir kamu tidak bisa menggunakan emulator Android terbaik, hanya sebuah masalah pada kurangnya spesifikasi pada komputer terhadap rekomendasi dari emulator tersebut. Karena pada artikel ini kita akan mencoba membahas mengenai emulator android paling ringan.

5 Emulator Android Untuk PC atau Laptop

Dibawah ini ada lima emulator yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menggunakan sistem Android di dalam PC atau laptop dan mungkin bisa membantu untuk menentukan emulator yang sesuai dengan kebutuhan.


1. Bluestacks


5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop

Bluestack merupakan aplikasi emulator Android untuk PC yang sangat populer. Dengan tampilan yang sederhana namun memiliki banyak fitur, termasuk akses ke Google Play Store. Walaupun fitur lengkap, ternyata masih banyak bug yang ditemukan di emulator ini, seperti tidak semua aplikasi yang dapat diinstal melalui Play Store di Bluestack.

Selain itu, emulator ini juga dapat memakai banyak RAM dan Prosesor ketika menggunakan aplikasi ini, jadi lebih direkomendasikan untuk menggunakan emulator dengan versi Android lebih rendah seperti versi Gingerbread atau Ice Cream Sandwich.

2. YouWave


5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop

Emulator android YouWave hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Emulator ini dapat kamu beli dengan harga $4.99, namun jika ingin mencobanya terlebih dahulu, maka akan diberikan 10 hari trial gratis bagi mereka yang ingin mencoba fitur unggulan pada emulator ini.

Aplikasi emulator ini berjalan diatas Virtual Box, sehingga kamu dapat melakukan beberapa hal melalui remote pada Virtual Box aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat Android. Seperti halnya Bluestack, emulator ini juga memungkinkan pengguna untuk dapat men-download aplikasi atau game di Google Play.

3. GenyMotion


5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop

Seperti YouWave, emulator android ini juga berjalan diatas sistem Virtual Box. GenyMotion ini merupakan pengembangan dari VM Android yang sebelumnya telah dirilis. Emulator ini bisa dicoba dalam beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux dan MacOS.

Banyak fitur unggulan yang disediakan seperti GPS Emulator, Deteksi gerak, sikap dan terkadang menggunakan baris perintah. Selain unggul dalam beberapa hal diatas, emulator ini pun mempunyai kelemahan seperti ketika kita men-download dan mengalami kegagalan, maka kamu harus men-download nya ulang dari awal dan tidak ada ketersediaan update secara offline.

4. Android Native Emulator

Emulator ini adalah masuk kedalam bagian dari paket Android Development Tools, itu berarti ketika kamu men-download ADT tersebut, maka emulator ini akan berada satu paket di dalamnya. Pada umumnya, emulator ini disebut dengan ADB yang terkandung dalam folder platform tools. Emulator ini tersedia untuk Windows, Linux dan Mac OSX.

Fitur Android Native Emulator :
  • Emulator gratis dengan fitur yang cukup lengkap untuk pengembangan Android.
  • Kinerja yang stabil, namun penggunaan daya, memori dan prosessor cukup besar.
  • Tidak memiliki akses untuk men-download di Google Play Store, sehingga pengguna harus melakukan trik agar dapat menginstal aplikasi pada emulator ini.

5. Windroye


5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC atau Laptop

Aplikasi emulator android ringan terakhir ada Windroye. Emulator android yang satu ini sering saya pakai, karena memiliki fitur yang lebih dari cukup. Salah satu fitur unggulannya sama seperti GenyMotion, yaitu GPS Emulator yang dapat membaca lokasi kita saat itu. Selain itu, emulator ini sangat ringan dan menginstal aplikasi pun tidak rumit.

Kesimpulan

Dengan lima emulator android untuk PC diatas, sekarang pilihan kembali kepada kamu ingin menggunakan emulator yang mana, karena masing-masing emulator itu sendiri pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan, namun jika kamu memiliki pilihan emulator lainnya, bisa sharing melalui kolom komentar dibawah.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats