8 Penyebab Laptop Sering Hang dan Cara Mengatasinya - Levatra

02 Maret 2017

8 Penyebab Laptop Sering Hang dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Laptop Sering Hang dan Cara Mudah Mengatasinya
LEVATRA.com - Memang sangat menjengkelkan pada saat kita sedang menggunakan perangkat laptop untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan kantor secara terburu-buru dan tiba-tiba laptop tersebut mengalami hang. Pengertian dari Hang secara umum yaitu sistem operasi yang tidak dapat menanggapi perintah pengguna atau no respond, tentunya ini akan mengarah pada kerusakan komputer, baik itu secara software ataupun hardware.

Jika Laptop kamu mengalami hal yang sama dan itu sering terjadi, maka hal yang harus kamu lakukan yaitu dengan men-diagnosa atau mengamati apa saja yang menyebabkan laptop menjadi hang. Dibawah ini ada sepuluh hal yang biasa menjadi penyebab laptop dan komputer menjadi hang.

10 Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya

1. Terkena Virus

Sebagaimana virus yang dapat menyerang manusia, pada perangkat elektronik seperti komputer pun dapat terserang virus yang berwujud digital. Penyebab 'penyakit' pada komputer pun ada banyak, seperti Virus, Malware dan Spyware.

Untuk mencegah komputer supaya tidak terserang virus yaitu dengan menggunakan Antivirus diperbaharui secara terus menerus. Namun jika komputer sudah terlanjur terkena virus, maka hal yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkannya supaya tidak menyebar kedalam komponen lain.

Kamu dapat membersihkan komputer dari virus dengan cara masuk kedalam Windows Safe Mode, kemudian gunakan aplikasi atau program Virus Cleaner seperti Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus dan malware, lalu update sistem operasi ke versi terbaru.


2. Kapasitas Memori RAM yang Kurang

Penyebab yang satu ini mungkin sudah dikenal umum oleh pengguna laptop atau komputer, karena peran hardware RAM sangat penting sebagai penampung memori sementara pada saat komputer membuka sebuah program.

Jika program yang dibuka itu membutuhkan kapasitas yang hampir atau melebihi kapasitas RAM, maka akan terjadi Hang karena tidak kuta menampung program yang sedang dioperasikan tersebut.

Saat ini sudah banyak program yang membutuhkan kapasitas memori RAM diatas 2GB (gigabyte), oleh karena itu bagi kamu yang menggunakan laptop atau komputer dengan RAM dibawah 2GB, saya sarankan untuk upgrade atau menambahkan memori RAM baru.


3. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan pada saat Startup

Banyaknya aplikasi yang berjalan sejak pertama booting dapat menjadi penyebab laptop sering hang. Hal itu disebabkan karena sistem komputer yang dipaksa untuk menjalankan banyak program dalam waktu bersamaan. Tentu saja sistem akan repot untuk menjalankan program, seperti halnya manusia setelah bangun tidur dan harus mengerjakan banyak tugas secara bersamaan.

Untuk menonaktifkan aplikasi atau program agar tidak berjalan pada awal booting, silahkan baca artikel Cara Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan Sejak Awal Booting.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Aplikasi yang terinstall akan membutuhkan ruang memori yang tergantung dengan kebutuhan aplikasi tersebut, lalu bagaimana jika aplikasi yang diinstal tersebut sangat banyak?

Banyaknya aplikasi yang diinstal, otomatis akan mempersempit ruang memori harddisk karena terisi oleh aplikasi yang sebagian tidak digunakan. Untuk mengatasinya, kamu cukup menghapus atau uninstall aplikasi yang menurut kamu tidak diperlukan.


5. Banyak File Sampah Menumpuk

Jika sampah di dunia hanya dapat menyebabkan banjir karena menumpuk dan menghambat saluran air, maka sama halnya dengan file sampah pada sistem komputer. File sampah memang seperti namanya, tidak memiliki fungsi sama sekali dan hanya akan menghambat kinerja komputer kita.

Walaupun file sampah tersimpan didalam harddisk, tapi kita tidak dapat menemuinya dengan mudah. Untuk membersihkan file-file sampah tersebut kita butuhkan aplikasi yang cocok untuk, seperti CCleaner.

6. Masalah Harddisk

Komponen perangkat keras yang dapat menjadi penyebab laptop sering hang selain RAM yaitu Harddisk. Masalah pada harddisk ini cukup mempengaruhi kinerja sebuah perangkat komputer, karena berperan sebagai penampung kapasitas memori yang dibutuhkan aplikasi, program, file, dll.

Masalah yang dapat disebabkan oleh harddisk antara lain:
  • Kapasitas ruang tersedia sedikit.
  • Tidak beraturannya sektor komponen harddisk yang disebabkan oleh pengguna jarang men-defragment harddisk.
  • RPM (Revolutions Per Minute) menurun.
  • Terjadi Bad sector.

Cara mengatasi hal tersebut, kamu bisa lakukan hal berikut:
  • Menambah kapasitas ruang harddisk dengan membeli baru.
  • Lakukan Defragment harddisk secara teratur.
  • hindari harddisk dari debu, guncangan, dan panas (overheating).
  • Perbaiki kerusakan akibat Bad sector.

7. Rusak atau Hilangnya File Sistem

File sistem dapat rusak dan hilang diakibatkan oleh serangan virus dan sejenisnya. Dengan rusak atau hilangnya file sistem, maka sistem operasi komputer tidak dapat berjalan seharusnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu instal ulang sistem operasi atau paling mudah yaitu dengan memperbaiki sistem operasi tersebut.


8. Karena Overheat

Pengertian Overheat itu sendiri adalah terjadinya panas pada hardware komputer. Memang sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, tidak terkecuali panas yang berlebihan pada hardware. Overhate biasa terjadi jika mengoperasikan program yang berat dengan waktu yang lama, atau bisa juga karena banyak debu pada hardware.

Overhate bisa terjadi pada komponen Harddisk, VGA dan Prosesor. Dengan terjadinya overhate, maka komputer akan mengalami penurunan kinerja menjadi lambat, dan pada akhirnya terjadi Hang. Sirkulasi udara didalam CPU juga berperan penting untuk masuk dan keluarnya saluran angin, serta hindari dari debu yang menghambat masuk atau keluarnya angin.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *