Tips Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer - Levatra

03 Maret 2017

Tips Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Tips Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer
Tips Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer
LEVATRA.com - Duduk terlalu lama di depan komputer dapat membuat tubuh kita merasa sakit dan terasa lelah. Selain itu, jika Anda duduk diposisi yang salah atau tidak tepat berada di depan komputer, itu dapat mempengaruhi postur tubuh Anda dan akan terlihat lentur. Jika Anda bekerja terlalu lama di depan komputer, maka harus benar memperhatikan bagaimana posisi atau postur tubuh yang tepat saat bekerja di depan komputer.

Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer

Dibawah ini beberapa tips tentang duduk yang benar saat berada didepan komputer yang dapat kamu lakukan, hal ini sangat penting untuk mencegah nyeri punggung dan tubuh membungkuk.


1. Posisi Pinggul

Posisi pinggul yang benar saat sedang duduk di kursi komputer yaitu dengan mendorong pinggul Anda ke belakang sejauh mungkin, agar pinggul dapat menyentuh bagian belakang kursi. Dengan demikian, hal itu akan membuat postur tubah Anda melihat tegak.

Dan yang terpenting untuk dicatat adalah untuk tidak duduk di tepi kursi dengan punggung bersandar dikursi, posisi tersebut akan membuat punggung terlihat bungkuk.

2. Posisi Duduk

Untuk posisi duduk pastikan Anda duduk dengan punggung lurus, kemudian perhatikan tulang belakang dan tulang ekor Anda untuk mendapatkan sandaran yang baik. Anda bisa menggunakan bantal kecil di bagian punggung bawah ke tulang belakang agar merasa nyaman, ini sangat penting saat Anda bekerja terlalu lama di depan komputer.

3. Posisi Kursi

Aturlah ketinggian kursi Anda supaya mata sejajar dengan layar komputer dan jarak lutut sedikit lebih rendah dari posisi pinggul. Posisi mata yang sejajar dengan layar komputer, akan mencegah dari posisi bungkuk saat bekerja. Hindari posisi duduk yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena akan membuat leher anda kaku dan lutut terasa sakit.

4. Posisi Tangan

Berikutnya, sandarlah pergelangan tangan Anda di atas meja dan tidak terlalu memperpanjang tangan ketika menggunakan mouse. Pergelangan tangan dan mouse harus tetap diatas meja. Tidak disarankan jika hanya telapak tangan saja yang bersandar pada meja, sedangkan pergelangan tangan sampai lengan berada dalam posisi menggantung tanpa penyangga.

Posisi lengan yang menggantung dan tanpa penyangga tersebut akan membuat tulang dan saraf di tangan akan terasa sakit, terutama jika Anda harus lama bekerja dikomputer.

5. Posisi Kaki

Terakhir, pastikan kaki Anda menapak pada lantai atau tanah di kursi. Jangan biarkan kaki Anda menggantung selagi duduk di depan komputer, karena hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada struktur tulang dan sendi kaki.

Di jaman serba komputer seperti sekarang ini, peran komputer sangat diperlukan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah seperti mengerjakan tugas sekolah atau kantor. Maka sangat diperlukan posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats