8 Tips Menjaga Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Post Slider

21 Maret 2017

8 Tips Menjaga Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus
LEVATRA.com - Pada dasarnya setiap smartphone memiliki daya tahan atau pertahanan terhadap ancaman yang datang dari luar, seperti serangan virus. Di era yang tidak asing lagi dengan Internet seperti sekarang ini, maka tidak menuntut kemungkinan ponsel yang kita pakai dapat terserang virus dengan mudah tanpa kita sadari. Keamanan data pribadi harus dilindungi secara maksimal, karena hal tersebut sangat rentan diserang oleh Virus atau Malware.

Dengan penggunaan Internet dalam kehidupan sehari-hari, maka besar kemungkinan perangkat smartphone kita gampang terkena virus jika kita tidak tahu bagaimana untuk mencegahnya. Sebenarnya sangat sederhana jika hanya menjaga keamanan smartphone Android.

Tips Mencegah Android dari Serangan Virus

Berikut beberapa tips menjaga keamanan smartphone Android dari serangan Virus atau Malware berbahaya yang dapat kamu coba.

1. Instal Aplikasi dari Sumber Terpercaya


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Bagi kamu yang biasa men-download aplikasi atau game Android di Google Play Store, maka tidak perlu khawatir terkena virus karena tim dari Play Store akan memeriksa aplikasi yang masuk sebelum akhirnya muncul.

Tapi bagi yang sering mengunduh diluar Play Store, khususnya website yang tidak dapat dipercaya keamanannya. Maka perlu hati-hati karena mungkin saja beberapa dari aplikasi yang disediakannya itu mengandung Virus.

Untuk mencegah hal apa saja yang dapat terjadi, maka lebih direkomendasikan untuk mengunduh aplikasi atau game di Google Play Store atau Android Market lainnya yang dapat dipertanggung jawabkan keamanannya.


2. Hindari Aplikasi Bajakan


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Selain menghindari media unduh aplikasi yang tidak terpercaya keamanannya, kita pun harus menghindari Aplikasi bajakan walaupun itu gratis yang disediakan pada website tidak resmi atau Android market yang tidak terkenal.

Dengan menghindari aplikasi bajakan, maka kita juga menghindari smartphone dari bahaya serangan virus yang bisa saja terdapat dalam aplikasi bajakan tersebut atau justru aplikasi itu bukan aplikasi yang kita inginkan, tapi isinya penuh dengan virus yang siap menyerang smartphone.

3. Update Aplikasi


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Update aplikasi sangat diperlukan, selain untuk memperbaharui aplikasi kedalam versi terbaru, tujuan lainnya yaitu untuk memperbaharui keamanan yang telah disediakan oleh pengembang aplikasi tersebut. Sehingga kecil kemungkinan virus masuk kedalam aplikasi, karena sudah kita perbaharui kedalam versi terbaru.

4. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Jika kita sering berselancar di Internet, juga sering bertemu dengan iklan yang menyuruh kita untuk memasang aplikasi pada iklan tersebut dan tiba-tiba aplikasi tersebut terpasang secara otomatis. Atau bisa saja kita tidak melakukan aktivitas apapun, tapi ada aplikasi yang tidak dikenali secara otomatis terpasang.

Jangan buka aplikasi yang mencurigakan tersebut dan segeralah hapus atau Uninstall, hal itu dilakukan untuk mencegah virus yang bisa saja menyebar dengan cepat.

5. Hindari Aplikasi yang membutuhkan akses data pribadi


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Saat kita hendak menginstal aplikasi, pasti akan ada notifikasi untuk konfirmasi akses apa saja yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika aplikasi yang diinstal tersebut meminta akses data pribadi atau sistem, maka batalkan.

Hal tersebut tidak berlaku jika kita akan menginstal aplikasi yang memang membutuhkan akses data sistem seperti aplikasi Root atau File manager, karena aplikasi tersebut memang membutuhkan akses khusus. Tapi perlu hati-hati dengan aplikasi yang tidak kita kenal.


6. Perbaharui Sistem Secara Teratur


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Biasanya pengembang smartphone Android selalu memperbaharui versi Android-nya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja smartphone agar dapat berjalan dengan semestinya. Lalu apa hubungannya Pembaharuan Sistem dengan Virus?

Mungkin itu pertanyaan yang ada dibenak kamu, sebenarnya sangat berhubungan. Dalam pembaharuan sistem, maka sistem tersebut membutuhkan update dengan versi terbaru agar dapat menyesuaikan dengan keadaan terbaru. Jadi intinya, Virus selalu berkembang dan Sistem dalam smartphone pun harus berkembang untuk memberantas virus tersebut.

7. Pasang Antivirus


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Tidak hanya Komputer atau Laptop yang mempunyai Antivirus, smartphone Android pun punya. Seperti yang kita ketahui, fungsi dari Antivirus yaitu untuk mencegah dan menghapus Virus yang terdeteksi dalam sistem smartphone.

Kami lebih merekomendasikan untuk lebih menggunakan Antivirus yang berbayar, seperti kalimat "ada uang, ada barang". Karena Antivirus yang berbayar memiliki fitur maksimal dalam mencegah virus. Selain itu, sering-seringlah untuk update aplikasi Antivirus tersebut dan juga lakukan secara berkala scanning seperti sebulan sekali.

8. Lakukan Reset Data


8 Tips Mencegah Smartphone Android Agar Tidak Terkena Virus

Perlu diperhatikan bahwa saat kita hendak melakukan Reset Data, maka data-data termasuk aplikasi atau game yang terpasang pada Memori internal akan hilang karena terhapus. Dan Reset data perlu dilakukan jika memang smartphone Android kita sudah lama tidak melakukan hal tersebut atau sistem tidak berjalan dengan semestinya.

Penutup

Delapan tips mencegah smartphone Android agar tidak terkena virus dapat kamu dipraktekkan secara sederhana dan cepat. Sangat penting untuk selalu melindungi semua aplikasi dan data di smartphone, jadi jangan lupa untuk melakukan hal-hal penting di atas untuk mengamankan smartphone.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak, sebagaimana menjadi Pengunjung yang Baik.
Terima Kasih untuk Tidak menggunakan kata yang mengandung SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats