Cara Kompres dan Mengurangi Ukuran File PDF Secara Gratis - Levatra

11 April 2017

Cara Kompres dan Mengurangi Ukuran File PDF Secara Gratis

Cara Kompres dan Mengurangi Ukuran File PDF Secara Gratis
Cara Kompres dan Mengurangi Ukuran File PDF Secara Gratis
LEVATRA.com - File PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas atau dokumen yang dibuat oleh Adobe Systems dan saat ini sudah menjadi salah satu format berkas yang banyak digunakan karena ringkas dan mudah untuk dibuatnya, namun memiliki ukuran file yang cukup besar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran file pdf dengan mudah, baik itu secara offline yang menggunakan software ataupun secara online.

Jika kita bekerja menggunakan berkas secara online, pasti harus mengunggah berkas pdf dengan ukuran cukup besar dan hanya memiliki kecepatan internet pas-pasan pasti akan menghambat pekerjaan. Untuk itu sangat diperlukan tindakan kompres pada file pdf tersebut untuk mengurangi ukuran aslinya.

Cara Mengurangi Ukuran File PDF

Dibawah ini ada beberapa tips dan tutorial kompresi file pdf yang bisa kamu lakukan sendiri, baik itu secara offline ataupun online dan yang pastinya gratis.

# Kompres PDF Secara Offline

Kompresi file pdf secara offline memang sangat dianjurkan untuk kamu yang tidak selalu terhubung dengan Internet, namun harus menggunakan aplikasi tambahan seperti FileMinizer Suite yang bisa kamu unduh.

Cara Menggunakan FileMinizer Suite
  1. Pastikan aplikasi FILEminimizer Suite sudah di instal.
  2. Cari dan klik kanan pada file pdf yang akan dikompresi, lalu pilih FILEminimizer Suite 7.x (tergantung versi). Aplikasi FILEminimizer Suite akan terbuka secara otomatis.

  3. Cara Kompres dan Mengurangi Ukuran File PDF Secara Gratis

  4. Jika filenya ingin langsung dikompresi maka klik Optimize File. Namun bisa kalian sesuaikan dengan keinginan terlebih dahulu sebelum dikompresi.

  5. Cara Kompres dan Mengurangi Ukuran File PDF Secara Gratis

  6. Kemudian, jika file berhasil dikompres maka akan terlihat ukuran file sebelum dan sesudah dikompres.

# Kompres PDF Secara Online

Untuk kompresi pdf secara online, bisa kamu lakukan melalui website yang menyediakan fasilitas kompresi. Cara ini disarankan bagi kamu yang memiliki akses Internet dan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan terlebih dahulu, kamu hanya perlu mengunjungi website kompresi pdf tersebut.

Daftar Situs Web Kompresi PDF :

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dari cara kompresi atau mengurangi ukuran file pdf dengan mudah dan gratis, baik itu secara offline atau tanpa koneksi yang menggunakan aplikasi tambahan dan secara online yang tidak menggunakan aplikasi tambahan tapi menggunakan situs web yang memiliki fasilitas kompresi.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats