7 Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone Android yang Lemot

Post Slider

10 April 2017

7 Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone Android yang Lemot

7 Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone Android yang Lemot
LEVATRA.com - Android adalah sebuah sistem operasi pada perangkat smartphone yang memiliki jumlah pengguna paling banyak dan kini diadopsi oleh banyak perusahaan smartphone di seluruh dunia. Sistem operasi Android memiliki banyak fitur unggulan, menyediakan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Aplikasi dan permainan lengkap yang bisa di unduh melalui Android market resminya, yaitu Google Play Store.

Banyak kecanggihan yang dihadirkan oleh Android, salah satunya yaitu memungkinkannya pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu. Namun, terkadang dengan banyaknya fitur tersebut, pasti akan memakan kinerja smartphone yang berujung kurang maksimalnya smartphone untuk berjalan sesuai dengan kemampuan.

7 Cara Meningkatkan Kinerja Android

Dibawah ini ada beberapa tips dan langkah untuk meningkatkan kembali kinerja smartphone Android yang lemot dan bisa kamu praktikan sendiri.

1. Hapus Widget yang Tidak Perlu

Widget pada layar smartphone memiliki fungsi dan kegunaan yang dapat mempermudah penggunanya, seperti widget jam, kalender, musik, dan lainnya. Namun, tidak semua widget yang tidak penting untuk digunakan walaupun bermanfaat.

Cobalah untuk memilih widget yang penting untuk digunakan dan hindari dari penggunaan widget yang tidak terlalu penting seperti widget play store, maps, sosial media, dan lain sebagainya.

2. Pakai Launcher yang Sesuai

Memasang sebuah Launcher yang keren dengan berbagai efek tiga dimensi, transisi dan sebagainya ternyata dapat menghambat kinerja smartphone Android. Se-ringan ringannya sebuah Launcher pasti akan memakan memori RAM yang tidak sedikit, untuk itu lebih disarankan menggunakan Launcher bawaan dari Android tersebut.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Jika smartphone yang kita pakai mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, mungkin tips ini tidak terlalu beguna. Tapi, bagi kamu yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang pas-pasan, bahkan untuk menyimpan foto mantanpun tidak bisa.

Mungkin sebagian dari kita suka memasang banyak aplikasi dalam satu smartphone, walaupun aplikasi itu tidak mempunyai kegunaan yang cukup penting dan hanya menghambat kinerja smartphone.

Cobalah untuk menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak penting dan jarang sekali digunakan, karena tidak sedikit aplikasi yang tidak kita gunakan tapi berjalan dibelakang layar. Dan itu akan memakan memori, baik itu memori penyimpanan ataupun memori RAM.

4. Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Berguna

Saat kita membeli sebuah smartphone baru, pasti akan menemukan banyak aplikasi bawaan yang memiliki fungsi atau kegunaan berbeda-beda, tapi ada juga yang memiliki fungsi yang sama dan tidak telalu penting untuk digunakan. Aplikasi yang memiliki fungsi yang sama itu biasanya Android market.

Sama dengan tips pada poin ketiga diatas, aplikasi yang tidak penting untuk digunakan hanya akan memenuhi kapasitas ruang memori. Selain aplikasi bawaan, game yang jarang digunakan juga dapat menghambat memori.

5. Update Perangkat Lunak Android

Bagi kamu yang masih awam dalam menggunakan sistem Android, mungkin hal ini masih terlihat asing. Tapi, inilah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin meningkatkan kinerja sebuah Android. Perangkat lunak (software) merupakan hal yang sangat berperan penting dalam sebuah sistem perangkat lunak.

Update / perbaharui lah perangkat lunak Android ke dalam versi terbaru, hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan perangkat Android kita dengan perkembangan teknologi. Karena jika kita masih menggunakan versi lama, sedangkan teknologi saat ini sudah berkembang lebih jauh, maka perangkat yang kita gunakan tidak bisa menyeimbangkannya dan berujung pada menurunnya kinerja.

6. Hindari Penggunakan Live Wallpaper

Live wallpaper yang tampak mirip nyata memang memiliki nilai dalam keindahan sebuah smartphone. Namun, hal tersebut tentu akan memakan memori RAM dan terkadang tidak sedikit ruang yang dipakai. Selain memakan memori RAM, Live wallpaper pun dapat menguras kapasitas baterai dan akan membuat smartphone cepat panas karena memiliki cara kerja yang sama seperti kita bermain game.

Wallpaper bergerak atau hidup juga dapat mempengaruhi kinerja perangkat lunak Android, Anda mungkin tidak menyadari jika menggunakan wallpaper karena selain dapat menguras baterai lebih boros serta kinerja Android ternyata terjebak. Karena wallpaper hidup adalah sama seperti kita bermain game sepanjang hari pada smartphone.

7. Lakukan Hard Reset Secara Berkala

Hard Reset adalah sebuah alat bawaan pada setiap smartphone yang berfungsi untuk menghapus semua data pada smartphone dan mengembalikannya sistem sama seperti saat pertama kita beli. Dengan melakukannya Hard Reset, maka smartphone kita akan mengulangi semua pengaturan dan otomatis kinerja smartphone tersebut akan normal kembali.

Kesimpulan

Hemat dalam penggunakan kapasitas penyimpanan dan memori RAM adalah kunci untuk meningkatkan kinerja sebuah sistem smartphone Android. Menghemat sangat disarankan bagi pengguna yang memiliki smartphone dengan kinerja pas-pasan, namun tidak menuntut kemungkinan kata "lemot" pun bisa terjadi pada smartphone dengan kinerja tinggi.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak, sebagaimana menjadi Pengunjung yang Baik.
Terima Kasih untuk Tidak menggunakan kata yang mengandung SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats