8 Tips Lengkap Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula - Levatra

20 April 2017

8 Tips Lengkap Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

8 Tips Lengkap Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula
8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula
LEVATRA.com - Merawat komputer desktop atau laptop merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin memperpanjang umur perangkat tersebut, baik itu perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software). Jika kita tidak melakukan perawatan, maka akan banyak masalah akan datang. Masalah yang sering dirasakan penggunanya seperti komputer cepat panas, penyebaran virus, tidak dapat memproses perintah, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang baru menggunakan komputer dan bingung bagaimana cara merawat komputer yang benar, jangan takut untuk melakukan beberapa hal yang dapat kalian lakukan dibawah ini.

8 Tips Merawat Komputer / Laptop

Lakukan delapan hal dibawah ini tips merawat komputer agar awet dan tetap dalam kinerja yang sesuai.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Banyaknya aplikasi yang tidak digunakan dapat menghambat kinerja komputer dan tentu saja akan memperpendek umur komponen, terutama harddisk. Aplikasi yang tidak digunakan hanya akan memenuhi kapasitas harddisk saja, yang berakibatkan lambatnya proses read / write sehingga beban kerja akan lebih berat.

Biasanya akan muncul notifikasi peringatan jika kapasitas disk kita mulai penuh, cobalah untuk memberikan ruang kosong minimal 20% untuk setiap drive.

2. Bersihkan Komponen dari Debu


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Membersihkan komponen atau perangkat keras dari debu adalah salah satu tindakan penting, hal ini dilakukan untuk mencegah panas yang berlebihan pada perangkat yang dapat berakibat buruk, mulai dari Blue Screen of Death atau layar biru, sampai rusaknya komponen.

Untuk membersihkannya dari debu, kalian cukup gunakan kuas kecil hingga menengah atau penghisap debu khusus untuk komputer. Agar lebih maksimal dalam membersihkannya, coba untuk melepaskan semua komponen, seperti motherboard, hard drive, memory, graphic card, dll. lalu bersihkan secara perlahan.

Saat komputer sedang tidak digunakan, tutup dengan kain atau bahan lainnya yang dapat menutup dan terhindar dari debu.

3. Defrag Hard Drive


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Kegunaan defrag pada hard drive adalah mengatur ulang dan menyortir file sesuai dengan jenis atau data. Dengan melakukan defrag secara berkala, maka umur hard drive pun akan lebih panjang karena sama saja dengan melakukan perawatan.

4. Bersihkan Recycle Bin


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Mungkin sebagian pengguna pemula komputer menganggap kalau ketika menghapus file, maka file tersebut akan hilang tanpa ada sisa. Jika berfikir begitu, itu adalah anggapan yang salah. Karena faktanya, file yang sudah dihapus akan tetap memakan kapasitas penyimpanan karena masih ada didalam Recycle Bin atau tempat sampahnya komputer.

Cara membersihkannya, cukup dengan klik kanan pada icon Recycle Bin di desktop, lalu pilih 'Empty Recycle Bin'.

5. Aktifkan Screensaver


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Selain untuk memperindah tampilan, screensaver juga memiliki fungsi lain yang cukup penting. Jika kalian menggunakan monitor jenis CRT, maka sangat dianjurkan untuk mengaktifkan screensaver jika lama meninggalkan komputer dalam keadaan aktif.

Kalau monitor nampilkan gambar yang sama dan menyala secara terus menerus, akan menyebabkan masalah tampilan gambar menjadi redup dan kurang jelas. Lain halnya jika monitor yang kamu gunakan adalah LCD atau LED yang sudah dilengkapi dengan penghemat energi, sehingga screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi dalam hal menghemat daya.

6. Scan dan Update Antivirus


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Virus merupakan salah satu penyebab kerusakan software komputer, oleh karena itu sangat disarankan untuk meng-scan dan update program Antivirus secara teratur. Update Antivirus kedalam versi terbaru ini bertujuan untuk menyeimbangkan virus yang terus berkembang, juga untuk mengenali virus atau worm baru.

Penyebaran virus saat ini jauh lebih cepat dan berbahaya bagi kesehatan software yang bisa saja mempengaruhi kinerja hardware dan justru dapat membahayakan hardware tersebut.

7. Tutup Program yang Tidak Digunakan


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Setiap program yang dijalankan dan diproses, tentu saja membutuhkan memori RAM sehingga banyaknya program yang dijalankan, pasti akan mengisi ruang kapasitas memori dan akan menghambat kinerja hardware terutama memori RAM.

Tutuplah program atau aplikasi yang tidak digunakan. Namun jika masih berjalan dilayar belakang, cobalah untuk menutupnya melalui Task Manager.

8. Gunakan UPS


8 Tips Ampuh Merawat Komputer / Laptop Untuk Pemula

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan perangkat yang sangat perperan penting untuk menjaga hardware dari kerusakan saat ketika terjadi pemadaman listrik. UPS adalah sebuah perangkat yang dapat menampung daya listrik sementara ketika tiba-tiba listrik padam.

Karena jika kita tidak memakai UPS, maka ketika terjadi listrik padam akan membahayakan hampir semua hardware komputer karena akan mati secara mendadak tanpa melakukan Shutdown terlebih dahulu.

Sebagaimana fungsi Powerbank untuk smartphone, yang dapat mengisi daya listrik smartphone tersebut. Sehingga tidak sedikit orang mengatakan bahwa UPS itu adalah Powerbank nya komputer.

Kesimpulan

Dengan delapan tips merawat komputer yang baik dan benar untuk pemula diatas, semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang baru menggunakan komputer atau laptop dan tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Lakukan secara teratur dan berkala agar komputer tetap bekerja secara maksimal.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats