Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total - Levatra

02 Mei 2017

Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total
LEVATRA.com - Jika dalam keseharian kita bekerja selalu menggunakan komputer, mungkin sudah tidak asing bahkan sering menjumpai kasus Mati Total. Akibat dari masalah ini adalah komputer sama sekali tidak bisa menyala walaupun sudah beberapa kali mencoba menghidupkannya. Ciri-ciri komputer yang terkena masalah ini yaitu tidak adanya lampu indikator yang menyala pada CPU dan kipas pada Power Supply tidak berjalan semestinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus segera memperbaikinya dengan langkah awal yaitu mengetahui letak posisi masalah yang biasa terjadi.

Langkah-langkah Mengatasi Komputer Mati Total

Memperbaiki masalah komputer yang mati total bisa dengan mengikuti beberapa langkah-langkah tips dibawah ini sebagai referensi solusinya.

1. Mati Listrik?


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memastikan bahwa arus listrik rumah tidak sedang bermasalah atau tidak adanya pemadaman. Misalnya, jika kamu terus menyalakan komputer namun listrik rumah sedang diberlakukannya pemadaman, maka hal tersebut akan sia-sia.

2. Periksa Soket Listrik dan Steker


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Selanjutnya cobalah untuk memeriksa soket listrik / tempat colokan listrik, apakah ada kendala atau masalah pada bagian tersebut. Untuk memastikan bahwa Soket tersebut dialiri oleh listrik, silahkan uji dengan menggunakan tespen (Test Pen). Jika tidak ada masalah, periksa juga Steker pada kabel yang menyambung pada Power Suppy.


3. Periksa Kabel Power CPU


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Selain memeriksa soket dan steker, jangan lupa untuk memeriksa kabel power yang disambungkan langsung dengan Power Supply. Kerusakan kabel tersebut sering menjadi penyebab komputer mati total. Untuk memastikan kabelnya baik atau tidak, yaitu dengan cara menggantinya dengan kabel power komputer lain.

Jika dengan menggunakan kabel power komputer lain dan komputer tersebut berhasil menyala, maka kerusakannya terletak pada kabel power pertama. Jika masih mati total, maka penyebabnya bukan pada kabel power tersebut.

4. Periksa Power Supply


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Langkah selanjutnya yaitu dengan memeriksa komponen Power Supply. Seperti yang kita ketahui bahwa power supply sendiri memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting, yaitu memasok daya listrik ke seluruh komponen CPU. Jadi, jika power supply pada sebuah komputer itu mengalami kerusakan, maka komputer tersebut tidak mendapat pasokan listrik yang menyebabkan komputer tersebut tidak dapat menyala.

Kalau kalian sudah tidak asing lagi dengan sirkuit elektronik, maka cobalah untuk memeriksa rangkaian komponen listrik di dalam power supply. Lihat dan perhatikan apakah ada komponen yang terbakar atau terlihat kembung secara fisik.


5. Periksa Seluruh Koneksi Kabel Power Supply


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Ada banyak kabel koneksi yang berasal dari Power Supply dan memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada komponen yang akan dipasoki daya listrik. Pada langkah ini, pengguna disarankan untuk memeriksa keseluruhan koneksi kabel yang terhubung dengan power supply, karena takutnya ada komponen CPU yang tidak terpasoki daya listrik.

Pastikan kabel yang seharusnya terpasang itu harus terpasang semua dan tidak ada yang longgar untuk memastikan kabel tersebut kuat, agar terpasoki daya listrik secara optimal.

6. Periksa Prosesor


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Jika semua langkah-langkah diatas masih belum dapat menyelesaikan masalah yang terjadi. Sekarang kalian coba periksa inti otak dari komputer yaitu Prosesor. Kegunaan prosesor pada komputer adalah untuk memproses seluruh jalannya sistem komputer.

Jadi, ketika prosesor tersebut mengalami kerusakan, maka sistem komputer itu tidak akan berjalan dengan normal bahkan sampai menyebabkan mati total. Perhatikanlah plat tembaga berwarna kuning dan jangan disentuh, apakah ada yang bengkok, terbakar atau rusak.


7. Periksa Mainboard / Motherboard


Langkah-Langkah Cara Mengatasi Komputer yang Mati Total

Selanjutnya periksa motherboard atau papan induk. Fungsi dari motherboard ini adalah sebagai papan utama yang menampung hampir seluruh komponen CPU pada komputer agar dapat terhubung satu sama lain. Pada langkah ini, cobalah untuk memeriksa seluruh komponen pada motherboard, apakah ada kerusakan yang terlihat secara fisik mulai dari tata letak motherboard pada casing.

Kesimpulan

Untuk memperbaiki komputer yang mengalami masalah mati total adalah dengan memeriksa seluruh komponen yang berhubungan dengan komputer, mulai dari listrik, power supply sampai ke komponen dalam CPU. Sangat dianjurkan untuk membeli komponen baru jika salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan, karena jika diperbaiki maka harganya pun tidak akan berbeda jauh dengan membeli baru.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *