Antara OS 32-bit dan 64-bit, Kenapa Harus Memilih 64-bit? - Levatra

07 Juni 2017

Antara OS 32-bit dan 64-bit, Kenapa Harus Memilih 64-bit?

Antara OS 32-bit dan 64-bit, Kenapa Harus Memilih 64-bit?

Sistem operasi merupakan perangkat lunak (software) yang mempunyai peran sangat penting, karena berfungsi sebagai antarmuka sistem untuk mengoperasikan sebuah perangkat elektronik seperti komputer dan laptop. Saat ini, sistem operasi komputer mempunyai dua versi bit, yaitu versi 32-bit dan 64-bit dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Antara kedua versi tersebut, apakah kamu sudah tahu untuk lebih memilih yang mana?


Bagi seorang yang masih awam, mungkin tidak tahu mana yang seharusnya dipilih. Dengan teknologi komputer saat ini, rasanya mungkin sudah tidak perlu menggunakan sistem operasi 32-bit karena versi tersebut sudah kurang cocok, lalu apalagi alasannya? Yuk kita simak informasinya berikut.


Memahami Bit dalam Komputer

Binary Digit (angka biner) adalah unit terkecil satuan informasi data dalam sebuah mesin komputer. Istilah ini pertama kali digunakan oleh John Tukey pada tahun 1946. Pada saat itu, John Tukey menulis sebuah memo kepada Bell Laboratories dan mempersingkat tulisan "Binary Digit" menjadi bit, dan sampai saat ini kata tersebut masih digunakan.


Dalam kehidupan sehari-hari logika bit juga sering digunakan, seperti lampu listrik dirumah. Lampu tersebut dapat dihidupkan dan dimatikan dengan nilai 1 dan 0, atau logika benar dan salah.


Perbedaan 32-bit dan 64-bit

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa bit adalah sebuah satuan informasi data komputer. Jumlah bit dalam prosesor dipengaruhi oleh ukuran tipe yang dapat diproses dan juga ukuran registri. Sistem operasi 64-bit mampu menyimpan 264 komputasi, ini berarti 64-bit dapat mengakses lebih dari empat miliar kali lebih banyak dari 32-bit.



Pengaruh Bit pada Sistem Operasi

Selain perangkat keras, komponen komputer juga harus memperhatikan dari segi perangkat lunak, terutama sistem operasi. Pengaruh bit pada sistem operasi akan lebih terlihat jika disandingkan dengan komponen RAM (random access memory).


Pada sistem operasi dengan versi 32-bit, kapasitas RAM yang didukung itu sangat terbatas, yaitu hanya 4GB. Itu berarti jika komputer kita mempunyai kapasitas RAM diatas 4GB (seperti 8GB), maka RAM tersebut hanya akan terbaca memiliki kapasitas 4GB.


Sedangkan pada versi 64-bit, kapasitas RAM komputer yang didukung sangat luas sampai dengan 192GB. Versi ini paling cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kapasitas RAM diatas 4GB.


Sistem Operasi 32-bit atau 64-bit yang Harus Saya Gunakan?

Saya lebih menyarankan pengguna untuk lebih memilih sistem operasi 64-bit, jika dibandingkan dengan 32-bit. Banyak alasannya, salah satunya adalah 64-bit memiliki arsitektur yang lebih terbaru dengan dukungan yang lebih banyak dan juga optimasi untuk perangkat terkini.


Sekali lagi, 64-bit lebih direkomendasi bagi pengguna komputer dengan kapasitas RAM diatas 4GB, baik itu 8GB, 16GB, 32GB, dll. Karena kapasitas RAM tersebut dapat digunakan secara maksimal. Namun, jika kamu pengguna komputer dengan kapasitas RAM terutama dibawah 2GB, lebih baik untuk menggunakan 32-bit.


Bagaimana Cara Mengetahui Versi Bit Sistem Operasi?

Bagi kamu yang masih awam dan tidak tahu bagai mana cara mengecek atau mengetahui sistem operasi yang digunakan komputer. Berikut dua cara yang paling banyak digunakan.


Cara 1 :
  1. Klik menu START.
  2. Klik kanan pada Computer, dan pilih Properties.
  3. Selanjutnya akan terlihat versi sistem operasi pada System type.

Cara 2 :
  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik kanan pada Computer, dan pilih Properties.
  3. Selanjutnya akan terlihat versi sistem operasi pada System type.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang OS 64-bit

Pertanyaan dibawah ini saya dapatkan dari pengguna komputer, grup facebook, dan juga beberapa referensi lainnya.


1. Apakah aplikasi 32-bit bisa berjalan di sistem operasi 64-bit?
  • Bisa, walaupun ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dijalankan.

2. Dengan sistem operasi 64-bit, Apa kita harus menggunakan RAM 4GB?
  • Tidak wajib. Tapi lebih direkomendasikan untuk menggunakan RAM diatas 4GB agar dapat memaksimalkan kinerja komputer.

3. Spesifikasi Minimum untuk menjalankan sistem operasi 64-bit?
  • Intel Pentium Dual Core 1.8GHz, RAM 2GB dan 80GB HDD. Karena spesifikasi tersebut adalah minimum, jadi belum dapat berjalan dengan maksimal.

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan kinerja hardware dan software, maka disarankan untuk menggunakan kapasitas RAM diatas 4GB dengan sistem operasi 64-bit. Dengan beberapa informasi diatas, semoga dapat menjadi bahan referensi kamu untuk memilih mana versi bit yang cocok untuk digunakan dan sesuai dengan kebutuhan.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *