Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu - Levatra

02 Juni 2017

Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu

Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu

Penggunaan media sosial, salah satunya yaitu Facebook menjadi pilihan bagi setiap orang yang ingin berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia, di dukung oleh pesatnya perkembangan internet. Dengan adanya media sosial kita dapat dengan mudah mencari informasi, menambah teman dan persahabatan, menemukan seseorang yang sudah lama tidak terhubung bahkan keluarga sekalipun, dan lain sebagainya.


Dengan maraknya kejahatan di media sosial dengan salah satu modusnya yaitu menyamar menjadi seseorang, agar kita lebih percaya. Untuk itu kita harus lebih cerdas dalam membedakan akun facebook asli dan palsu.


Cara Mudah Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu

Untuk mengetahui akun facebook asli atau tidak sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu melihat aktifitas yang dilakukan oleh akun tersebut, jika belum tahu bagaimana caranya silahkan simak beberapa tips dibawah.


1. Agresif dalam mencari teman baru

Bagi kamu yang penasaran dengan akun facebook tersebut asli atau bukan, cobalah untuk melihat jumlah pertemanan dari akun tersebut. Jika sebelumnya kamu melihat jumlah teman akun tersebut sedikit dan tiba-tiba beberapa saat kemudian menjadi banyak, kemungkinan besar akun tersebut adalah palsu.


Alasannya sangat sederhana, yaitu mereka mencoba untuk mencari banyak teman agar terlihat seperti akun profesional atau sudah lama dibuat. Jadi, lebih hati-hati ketika kamu memiliki permintaan pertemanan dari akun yang memiliki jumlah temannya sedikit, kecuali akun tersebut memang kamu kenali sebelumnya.


2. Akun tidak menggunakan foto asli

Pada dasarnya akun facebook yang palsu jarang sekali menampilkan foto asli, itu bertujuan untuk tetap menjaga privasi agar tidak mudah untuk diketahui. Kebanyakan dari mereka menggunakan foto selebriti terkenal, atau foto orang lain yang tidak terkenal namun menarik perhatian.


Untuk mengetahui keaslian foto tersebut, kalian buka google images dan kemudian upload foto tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui siapa pemilik yang sebenarnya dari foto itu.


3. Tidak menyimpan banyak foto

Pada umumnya, pemilik akun palsu tidak akan menyimpan banyak foto. Jika memang ada, biasanya menggunakan foto orang lain dan bukan milik pribadinya. Bisa saja foto tersebut diambil dari akun orang lain atau di situs web pencarian gambar seperti google images.


4. Bisa sangat Aktif atau Pasif

Akun palsu biasanya akan sangat aktif ketika pemilik mencoba untuk mengaktifkannya, banyak aktivitas yang akan dilakukan seperti sering meng-update status dalam beberapa menit. Jika pemiliknya tidak login, maka akun tersebut akan kembali pasif dan akan sangat lama aktivitas akan terjadi lagi.


5. Sangat jarang meng-update status

Sama halnya seperti tips nomor 2, pada tips ketiga ini akun palsu biasanya sangat jarang meng-update status. Akun asli biasanya memiliki banyak aktivitas di akun tersebut, karena mungkin akun tersebut adalah satu-satunya. Aktivitas yang sering dilakukan akun asli biasanya seperti bermain game, membuat status, mengunggah foto, dan sebagainya.


Maka berbeda dengan akun palsu, mereka sangat jarang melakukan aktivitas kecuali mengirimkan permintaan pertemanan kepada orang lain.


Kesimpulan

Seiring perkembangan internet, maka akan banyak orang yang menggunakan media sosial dan tidak sedikit yang menyalahgunakannya hanya untuk kepentingan pribadi. Untuk itu sangat dianjutkan menjaga privasi, karena privasi adalah segalanya. Selain itu jangan asal berteman dengan orang yang kamu curigai.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *