Inilah Bahaya Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown - Levatra

05 Juni 2017

Inilah Bahaya Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Inilah Bahaya Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown
Inilah Bahaya Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Komputer akan berjalan dengan semestinya jika dirawat dan digunakan dengan benar, namun tidak sedikit yang merawatnya dengan benar. Pengguna komputer yang sedang terburu-buru biasanya mematikan komputernya dengan menekan tombol power tanpa melalui Shutdown, karena akan memakan banyak waktu. Namun, itulah kesalahan fatal yang harus dihindari pengguna jika tidak ingin mengalami kerusakan pada komputernya.


Bagi kamu yang belum tau dampak dari mematikan komputer tanpa shutdown dengan melalui tombol power langsung, dan tidak ingin komputernya mengalami masalah. Silahkan simak beberapa bahaya dibawah ini yang bisa saja terjadi.


Inilah Bahaya Akibat Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

1. Registry Menjadi Berantakan

Masalah yang akan muncul pertama kali adalah terletak pada sistem operasi terutama pada Registry. Ketika kita menjalankan sebuah aplikasi dan kemudian komputer kita matikan secara tiba tiba dengan menekan tombol power, maka Registry tersebut akan berantakan dan tidak bekerja sesuai dengan fungsinya.


Fungsi registry pada aplikasi sendiri cukup penting untuk jalannya sebuah aplikasi. Jika kita mematikan komputer melalui shutdown, registry akan menutup secara perlahan dan bergantian agar tidak terjadi kesalahan.


2. Hard Disk menjadi Bad Sector

Kerusakan yang paling umum dialami oleh pengguna yaitu terjadinya Bad Sector pada Hard Disk. Cara kerja harddisk sendiri yaitu piringan yang berada didalam harddisk akan berputar ketika komputer menggunakan harddisk tersebut. Jadi ketika komputer mati paksa, maka harddisk akan berhenti berputar dan akan berhenti memproses apa yang sedang dilakukannya.


Jika sudah terjadi seperti itu, sektor pada harddisk akan mengalami kerusakan yang menyebabkan harddisk tersebut akan lambat dalam memproses data.


3. RAM akan Bermasalah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa fungsi RAM pada sebuah komputer memiliki peran yang sangat penting. RAM memiliki tugas untuk membagi tugas atas perintah yang diberikan pengguna untuk komputer.


Jika kita mematikan komputer menggunakan shutdown, RAM akan menutup aplikasi baik itu yang bekerja didepan layar ataupun dibelakang layar. Dan akan terjadi kesalahan fatal jika tidak melakukan hal semestinya.


4. Kerusakan pada Prosesor

Prosesor adalah komponen yang memiliki peran paling penting, karena berfungsi sebagai otak yang memproses semua aktivitas dan perintah dalam sistem komputer. Ketika otak komputer tersebut sedang berfikir atau bekerja dengan maksimal, apakah kamu yakin untuk menghentikan proses tersebut dengan mematikan komputer secara paksa ?


5. Power Supply Rusak

Power Supply dalam sebuah komputer, berfungsi sebagai komponen untuk memberikan serta membagi daya listrik ke seluruh komponen lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan komponen tersebut.


Ketika komputer dimatikan paksa, maka power supply akan menghentikan asupan daya listrik secara menyeluruh dan otomatis semua komponen yang diasupi daya listrik tersebut akan berhenti berfungsi.


Kesimpulan

Itulah beberapa bahaya yang dapat di akibatkan karena mematikan komputer secara paksa tanpa melalui shutdown. Memang efeknya tidak akan langsung terlihat, tetapi jika hal tersebut sering dilakukan maka akan lebih cepat komponen tersebut mengalami kerusakan.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats