Pengertian Rekber dan Manfaatnya Bagi Transaksi Online - Levatra

06 Juli 2017

Pengertian Rekber dan Manfaatnya Bagi Transaksi Online

Pengertian Rekber dan Manfaatnya Bagi Transaksi Online

Bagi netizen yang sering melakukan transaksi di internet tentu saja sudah tidak asing lagi dengan apa itu rekber. Istilah Rekber atau rekening bersama sudah banyak yang menggunakannya dan menjadi kebiasaan kebanyakan orang, bahkan sangat diperlukan ketika melakukan transaksi online agar dapat meminimalisir kejahatan dalam bertransaksi seperti penipuan atau produk tidak sesuai dengan barang yang dipesan oleh pembeli.


Namun, bagi kamu yang masih awam dalam bertansaksi online. Tidak usah khawatir tidak tahu istilah rekber, karena kita akan membahasnya secara detail.


Pengertian Rekber

Rekber adalah singkatan dari Rekening Bersama, merupakan suatu lembaga atau orang yang menjual jasa sebagai orang ketiga atau perantara dalam sebuah transaksi online. Jadi kata "rekber" itu hanyalah sebuah istilah, dan yang berperan sebagai rekber adalah pihak tengah antara penjual dan pembeli.


Sebagai contoh, Anda membeli produk dari seseorang dari Internet dan harus menggunakan transaksi secara online (tidak dalam dunia nyata). Agar produk yang Anda beli itu sesuai dan untuk menghindari penipuan, diperlukannya rekber.


Penggunaan jasa rekber harus disetujui oleh penjual dan pembeli, selanjutnya pembeli akan melakukan transfer uang untuk pembelian produk kepada pihak rekber. Kemudian uang tersebut masih ditahan oleh rekber, jika barang sudah dikirim penjual dan sampai kepada pembeli, maka pihak rekber akan melakukan transfer uang kepada penjual.


Dalam menggunakan jasa rekber, biasanya akan dikenakan potongan transaksi sebagai komisi bagi pihak rekber. Misalkan Anda membeli produk seharga Rp 1 juta dan besaran potongan komisi bagi rekber sebesar 5%, selanjutnya pembeli harus melakukan transfer sebesar Rp 1.050.000,- kepada rekber, yang selanjutnya pihak rekber akan memotong sebesar Rp 50.000 ribu untuk komisinya.


Jika masih belum mengerti, berikut gambar ilustrasi cara kerja rekber.


Pengertian Rekber dan Manfaatnya Bagi Transaksi Online
(sumber: www.bangkoor.com)

Apakah Rekber itu Penting?

Bagi yang suka berbelanja atau bertransaksi online, sangatlah diperlukan seorang rekber. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, rekber disini bertujuan untuk meminimalisir penipuan agar tidak ada pihak yang dirugikan, tapi pastikan untuk memilih rekber yang sudah berpengalaman dan tidak terkena masalah.


Kesimpulan

Rekber merupakan pihak yang berada ditengah antara pembeli dan penjual dan sangat diperlukan dalam bertansaksi online untuk menghindari diri dari penipuan, baik itu pembeli atau penjual. Pastikan untuk memilih jasa rekber yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *