Perbandingan Hard Disk (HDD) dan Solid State Drive (SSD) - Levatra

09 Juli 2017

Perbandingan Hard Disk (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Perbandingan Hard Disk (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Perkembangan teknologi komputer mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah perkembangan untuk hard drive. Saat ini kita dapat memakai hard drive berkapasitas besar dengan ukuran fisik lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi lalu. Selain itu, tahukah kamu bahwa saat ini hard drive memiliki teknologi canggih dengan memori non volatile sebagai memori, yaitu Solid State Drive.


Solid State Drive (SSD) sendiri sebenarnya bukanlah teknologi baru, bahkan sudah ada lama sekitar tahun 1970 yang digunakan oleh superkomputer milih IBM. Dengan harga yang sangat tinggi pada waktu itu, sehingga SSD tidak diproduksi secara massal.


Kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD

Berikut keunggulan Solid state drive jika dibandingkan dengan hard disk drive.

  • Waktu booting / start-up yang lebih cepat, karena kecepatan akses data yang lebih tinggi.
  • Tidak berisik, karena teknologi yang tidak menggunakan komponen yang bergerak.
  • Hemat daya listik, walaupun SSD berbasis DRAM yang memerlukan daya cukup tinggi tapi masih jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan HDD.
  • Tahan terhadap guncangan, getaran dan temperatur tinggi.
  • Dengan kapasitas yang sama, SSD lebih ramping dan memiliki bobot lebih ringan.
  • Sangat direkomendasikan untuk editor video, pemrograman 3D dan lainnya.

Perbandingan Harga

Dengan beberapa perbandingan diatas yang lebih mengunggulkan SSD dibanding HDD, maka untuk harga pun akan akan menyesuaikan dengan kemampuan produk, seperti halnya kata-kata "Ada uang, ada barang".


Harga untuk SSD merk Kingston Hyper X Fury dengan kapasitas 120GB mencapai 1,2 juta rupiah. Harga tersebut jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harddisk, dengan harga tersebut kita dapat membeli harddisk dengan kapasitas 2TB (terabyte). Cukup mahal bukan? namun itu tidak menjadi masalah karena mengingat kemampuannya.


Kesimpulan

Dengan teknologi yang lebih canggih, SSD mampu mengungguli HDD dalam hal kinerja dan sering digunakan sebagai drive sistem operasi karena memiliki kapasitas penyimpanan kecil dengan harga yang sama tapi memiliki kinerja jauh diatas HDD.


Untuk itu kita dapat menyimpulkan bahwa SSD memiliki keunggulan dalam performa yang tinggi dan suhu dingin, tapi harus dibarengi dengan spesifikasi yang mendukung. Kekurangan dari harddisk sendiri adalah terletak pada kinerja yang dibawah SSD namun memiliki harga yang relatif murah.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *