6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama - Levatra -->

14 Agustus 2017

6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama

6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama

Baca juga:

6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama

Penggunaan Laptop dan perangkat portable seperti gadget di era Informasi seperti sekarang ini rasanya sudah tidak asing lagi, bahkan penggunaannya sangat luas didalam berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai dewasa sudah bisa mengoperasikannya.


Perangkat laptop menjadi pilihan terbaik ketika diharuskan memilih barang elektronik yang mudah dibawa dan memiliki fitur yang lengkap. Namun dibalik tingkat penggunaan tersebut, tentu kita perlu merawatnya dengan benar agar dapat tahan lama dan awet saat digunakan.


6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama

Beberapa tips dibawah ini dapat kamu coba sendiri dengan bertujuan supaya laptop dan gadget kita lebih layak tahan lama untuk digunakan.


1. Membersihkan Keyboard

Keyboard merupakan unit masukan (input device) pada sebuah perangkat elektronik, termasuk laptop. Semakin sering kita membuka laptop maka semakin banyak pula debu berkesempatan untuk masuk kedalam celah keyboard.


Untuk itu rajin-rajin lah untuk membersihkan keyboard dari debu secara teratur, kamu bisa menggunakan sikat kecil ataupun alat penyedot debu.



2. Membersihkan Layar

Bagi kamu yang suka bermain laptop dengan posisi sumber cahaya seperti lampu atau matahari berada didepan kita, mungkin debu yang menempel pada layar tidak terlalu terlihat.


Cobalah untuk melihat layar dengan posisi membelakangi sumber cahaya tersebut, maka debu yang menempel akan terlihat jelas. Cara pembersihannya cukup mudah, kamu hanya perlu bersihkan layar dengan kain bersih dan lembut yang diberi cairan anti bakteri khusus untuk layar gadget.


3. Gunakan Kipas Pendingin

Pada umumnya, sebuah laptop memiliki sirkulasi udara untuk pembuangan udara panas yang terdapat dibagian bawah laptop. Kegunaan dari sirkulasi udara itu sendiri adalah untuk membuang udara-udara panas yang diakibatkan dari hardware seperti prosesor.


Bagi kamu yang memiliki laptop dengan sirkulasi udara dibagian bawah laptop, maka lebih baik untuk menggunakan kipas pendingin seperti gambar dibawah ini.


6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama

Namun jika laptop yang kamu gunakan memiliki sirkulasi udara yang berada disamping, maka disarankan untuk menggunakan alat penyedot udara seperti Vacuum Cooler dibawah ini.


6 Tips Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama

4. Hindari Layar dari Bercakan Air

Bercak air bisa datang dari mana saja, baik itu hujan, keringat dan lain lain. Bercakan air tersebut dapat menyisakan bentuk cacat noda pada layar yang tentu akan mengganggu jika terlihat sangat tampak.


Sebelum membersihkan bercakan tersebut, lebih baik untuk mematikan perangkat terlebih dahulu. Kemudian bersihkan dengan kain lembut hingga benar-benar kering, selanjutnya bisa dihidupkan kembali.



5. Hindari Cahaya Layar Terlalu Terang

Kita tahu bahwa cahaya layar yang terlalu terang akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Selain itu, tingginya tingkat cahaya layar tersebut juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan gadget.


Dengan banyaknya cahaya yang dikeluarkan, maka secara otomatis akan memakan banyak daya baterai yang digunakan. Sehingga akan memperpendek umur hardware lain.


6. Perhatikan Aplikasi Perangkat Lunak (Software)

Selain memperhatikan hardware, kita juga perlu memperhatikan software. Banyaknya aplikasi yang terpasang juga akan menghambat kinerja sebuah laptop. Selain itu kita juga perlu melakukan defragment hard disk, membersihkan registry dan menghapus file sampah / yang tidak digunakan lagi.



Akhir Kata

Dengan beberapa tips dasar diatas dapat kamu coba sendiri dirumah untuk merawat laptop dan gadget agar dapat lebih tahan lama serta awet untuk digunakan di kemudian hari.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Apa tanggapanmu tentang artikel diatas?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats