Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi pada Laptop - Levatra

02 September 2017

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi pada Laptop

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi pada Laptop
Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi pada Laptop

Penggunaan jaringan dengan teknologi wireless atau tanpa kabel dan biasa disebut WiFi sudah sangat merajalela terutama di tempat-tempat umum dan di berbagai institusi seperti perusahaan, sekolah, kampus, restoran, hotel dan tempat-tempat lainnya.


Jaringan nirkabel secara luas digunakan karena kemudahannya untuk menghubungkan antar perangkat elektronik seperti ponsel, gadget, laptop dan komputer tanpa harus menggunakan kabel. Jaringan tersebut menggunakan gelombang radio sebagai saluran komunikasi yang sangat tepat untuk digunakan dalam rangka mencapai setiap pengguna yang ada di sekitar jaringan.


Namun di balik kenyamanan nirkabel ini tentu ada satu masalah, dan masalah yang biasa ditemui adalah pada sinyal yang dipancarkan terlalu lemah atau rendah jika pengguna terlalu jauh dengan posisi jaringan nirkabel sehingga tidak dapat tehubung ke internet.


Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi pada Laptop

Untuk mengatasi masalah tersebut, dibawah ini akan kita jelaskan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop atau komputer.


1. Menggunakan Software Tambahan

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu coba agar dapat memperkuat sinyal wifi. Jika ingin mencoba, silahkan kamu pergi ke Google Search dan ketikan kata kunci "software untuk memperkuat sinyal wifi".


Disana kamu akan menemukan banyak pilihan dan bisa dicoba sendiri untuk dapat mengatasi permasalahan diatas.


2. Meletakan Router pada Tempat Terbuka

Selanjutnya hal yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan meletakan Router ditempat terbuka, hal ini bertujuan supaya router tersebut lebih mudah terhubung dengan jaringan. Disarankan untuk meletakan router tersebut ditempat yang tidak terhalangi pohon atau bangunan.


3. Melalui Konfigurasi

Tips terakhir adalah dengan melalui konfigurasi pada sistem operasi Windows. Kamu bisa coba konfigurasi agar Windows dipaksa untuk menggunakan 100% bandwidth-nya, untuk tutorialnya kamu bisa ikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini.


  1. Klik Start dan pilih Run, lalu ketik "gpedit.msc" tanpa tanda kutip.
  2. Pilih Local Computer Policy.
  3. Pada Computer Configuration, pilih Administrative Templates > pilih Network > pilih QoS Packet Scheduler.
  4. Klik 2x pada Limit Bandwidth Reservable.
  5. Pilih pilihan Enable, kemudian isi bandwidth limit (%) dengan nilai 0, Klik Apply lalu OK.
  6. Restart komputer anda.

Sebelumnya kami sudah menulis artikel mengenai tips mempercepat koneksi internet, untuk sebagai acuan silahkan buka artikel 8 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet.


Kesimpulan

Setiap komputer atau laptop bisa saja memiliki adaptor nirkabel yang berbeda satu sama lain, tetapi dengan beberapa tips diatas kamu dapat mengkonfigurasi adaptor nirkabel sendiri untuk mendapatkan performa terbaik.

Artikel Terkait

1 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

terima kasih ... sangat membantu semoga bermanfaat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats