Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus - Levatra

06 September 2017

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus
Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus

Printer merupakan perangkat keluaran (output device) tambahan komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen atau foto. Seiring berkembangnya teknologi, juga semakin berkembangnya teknologi yang digunakan printer seperti printer yang dapat memuat lebih besar tinta dan juga lebih praktis.


Salah satu jenis teknologi yang disematkan dalam sebuah printer adalah tinta infus. Kita tahu banyak sekali merk yang beredar untuk tinta infus sendiri, sehingga printer dengan teknologi tinta infus pun mempunyai kelebihan dan kekurangan. Apa kelebihan dan kekurangannya tersebut?


Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus

Untuk itu kita akan bahas bersama mengenai kelebihan serta kekurangan yang dimiliki printer infus, sebagai acuan bagi kamu dalam memilih jenis printer.


Kelebihan

  • Lebih mudah untuk mengisi ulang tinta, karena lokasi wadah tinta yang berada diluar printer. Kamu tidak perlu lagi membongkar cartridge yang bisa saja menyebabkan kerusakan jika tidak hati-hati dalam membukanya.
  • Biaya lebih efektif, karena masing-masing wadah warna tinta memiliki kapasitas tinta berukuran 100ml. Lebih menghemat energi daripada harus mengisi tinta 10ml secara berulang kali.
  • Mudah melihat isi tinta, karena lokasi wadah tinta tersebut berada diluar maka kita dapat mudah melihat isi tinta yang masih tersedia.
  • Kondisi cartridge lebih awet karena jarang dilepas, untuk mengisi tintanya pun tidak perlu melepaskan cartridge.

Kekurangan

  • Selang yang menghubungkan tinta dengan printer sering macet karena bisa saja kemasukan gelembung udara. Dan jika tidak segera di atasi, maka dapat menyebabkan kerusakan.
  • Garansi yang tidak akan berlaku lagi atau hilangnya garansi printer. Hal tersebut dikarenakan rata-rata produsen printer tidak memperbolehkan konsumennya untuk memodifikasi menjadi printer infus.
  • Mudah rusaknya print head karena tidak dirancang untuk digunakan dalam waktu yang lama.
  • Cartridge infus juga mudah rusak jika tidak sering dirawat.

Kesimpulan

Jenis printer sendiri cukup banyak, mereka memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dengan beberapa poin diatas, semoga dapat menjadi pertimbangan bagi kamu yang mempunyai rencana membeli printer jenis Infus atau memodifikasinya menjadi printer infus.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats