7 Kelebihan Wordpress Untuk Mengembangkan Website - Levatra -->

9 Oktober 2017

7 Kelebihan Wordpress Untuk Mengembangkan Website

7 Kelebihan Wordpress Untuk Mengembangkan Website

Baca juga:

7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Saat ini perkembangan teknologi situs web telah berkembang dengan sangat cepat. Berbagai pemrograman dari berbagai bahasa pemrograman diciptakan agar memudahkan para programmer dalam membuat situs web. Bagi programmer mungkin menambah solusi dalam pemilihan, selain itu bisa menambah bingung karena begitu banyak pilihan.


Apa itu WordPress?

Kemahiran, ketepatan, dan pengetahuan yang luas diperlukan untuk memilih alat yang cocok untuk digunakan dalam kasus membuat website dinamis.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Salah satu alat yang banyak digunakan oleh pengembang website dinamis di dunia adalah CMS (Content Management Software) WordPress. Siapa yang tidak tahu WordPress? WordPress pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003 oleh Matt Mullenweg, untuk keperluan software blogging. Bahasa pemrograman utama yang digunakan untuk mengembangkan WordPress adalah PHP, sehingga cukup banyak pilihan web server yang tersedia di pasar.


Saat ini ada WordPress menjadi salah satu CMS yang paling populer dengan jumlah pengembang yang sangat banyak, karena bersifat open source. Berbagai fitur serta arsitektur yang fleksibel dan diperluas, membuat WordPress CMS yang sangat baik.


7 Kelebihan WordPress Untuk Mengembangkan Website

Kadang-kadang akan muncul pemikiran bahwa CMS yang digunakan tampak kurang profesional, terlalu mudah, tidak keren, dan dianggap kurang berkembang. Hal tersebut bisa saja terjadi, tergantung CMS apa yang kamu pilih.


Tapi tidak untuk WordPress yang merupakan CMS dengan dominasi kuat di dunia. Bukan ketika kamu menyadari pentingnya CMS dalam pembuatan website. Berikut ini adalah beberapa kelebihan ketika kamu mengembangkan situs menggunakan CMS WordPress.


1. Kemudahan dalam Mengatur

Karena menggunakan bahasa pemrograman PHP, pengembang dapat dengan mudah menerapkannya pada web hosting bahwa pilihan ini sangat banyak dengan berbagai paket sesuai kebutuhan. Proses instalasi sangat mudah, karena menyediakan halaman instalasi WordPress yang membuat pengembang tidak perlu mengedit file program kode sama sekali.


Selain itu, sebagian besar web hosting juga menyediakan fitur satu klik install untuk berbagai CMS termasuk WordPress, sehingga akan sangat mudah bagi pengguna awam sekalipun.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Mengubah Tema yang bisa dilakukan dengan mengklik upload dari administrator. Plugin tambahan dapat dilakukan dengan cara yang sama. Jika kebutuhan untuk bermigrasi, apa yang harus dilakukan tidak terlalu rumit.


2. Mudah dalam Pemeliharaan

Apakah kamu ingin meningkatkan atau melanjutkan kode program lain dengan ribuan baris yang tidak ada cara untuk menghubungi pengembang aslinya? Jika ya, kamu pasti merasa mengerikan. Masing-masing memiliki gaya penulisan kode program yang berbeda sesuai dengan pembuatnya.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Sementara CMS seperti WordPress tentu saja merupakan kombinasi gaya arsitektur, tapi dengan dokumentasi yang bekerja bersama-sama. Dengan demikian kode program untuk pemeliharaan situs kamu lebih mudah, ketika kamu tidak bisa mengintervensi langsung maka kamu masih bisa menggunakan jasa sesama pengembang WordPress.


3. CMS yang Kompetitif

WordPress telah terbukti menjadi solusi bagi isu-isu pengembangan web, khususnya yang berkaitan dengan manajemen konten. Kamu dapat membandingkan popularitas WordPress ke CMS lain seperti Joomla atau Drupal, semua saling berkompetisi.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Selain itu, karena banyak orang yang menggunakan, namun tidak semua orang adalah seorang ahli, Kamu akan memiliki kesempatan untuk menawarkan jasa. Berbagai situs freelancer pekerjaan banyak yang menawarkan proyek WordPress, mulai dari instalasi untuk memproduksi plugin yang kompleks. Pada intinya, ruang kamu untuk bekerja adalah besar dan ada banyak dukungan keuangan di sana.


4. Kemudahan dalam Manajemen Konten

Salah satu fitur utama dari WordPress jelas ada di Content Management System-nya. WordPress telah menyediakan mekanisme dasar manajemen konten dan juga dari administrator yang baik.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Programmer tidak lagi perlu khawatir tentang bagaimana proses CRUD ke database, manajemen pengguna, dan sebagainya. Dari halaman admin, manajer konten situs dapat lebih mudah mengelola konten konten-dinamis tanpa harus repot-repot programmer.


5. Dukungan Pengembang

Jika kamu mengembangkan sebuah program yang digunakan oleh kamu sendiri dan hanya kamu yang bisa mengerti, maka hal itu akan sangat membosankan. Tidak ada rekan untuk diundang berbagi ide dan diskusi, sehingga pekerjaan akan lebih berat. Jika kamu menemukan masalah, tentu harus bisa mengatasinya sendiri.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Komunitas pengembang dan pengguna WordPress yang sangat besar dengan berbagai sumber pembelajaran, maka kamu bisa bergabung dengan sebuah forum pengembang untuk menjawab semua pertanyaan kamu. Selain itu, kamu dapat berkontribusi dalam berbagai komunitas sekaligus meningkatkan reputasi. Di Indonesia juga ada loh komunitas WordPress ID.


6. Keamanan

Memang benar bahwa WordPress adalah source code, yang berarti bahwa setiap orang dapat melihat kode program. Ketika orang-orang biasa melihat, sekilas itu adalah ancaman, yang berarti akan ada banyak kemungkinan kerentanan diketahui orang lain. Namun di sisi lain justru kekuatan, karena kesenjangan akan diperbaiki oleh banyak pengembang dari seluruh dunia.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Bisa dikatakan bahwa kode program WordPress jauh lebih baik dan lebih aman daripada kode website yang kamu buat sendiri dari awal. Karena yang membuat adalah ratusan atau bahkan ribuan programmer jauh lebih berpengalaman yang datang dari seluruh dunia.


Tes pengguna juga berbagai awam dan hacker di seluruh dunia. Bahkan programmer terbaik di dunia tidak akan mampu membuat kembar WordPress sangat aman ketika sendirian.


7. Fleksibilitas dalam Pengembangan

Meski CMS telah jadi dan siap digunakan, WordPress menyediakan pilihan kustomisasi yang sangat luas. Untuk mengubah tampilan, pengembang dapat menggunakan berbagai tema yang dapat diperoleh secara bebas, atau membuat sendiri.


Tema WordPress memiliki kemampuan untuk menambahkan fitur utama dari WordPress, karena arsitukturnya yang memungkinkan pembuat tema menjadi lebih bebas untuk bekerja.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Misalnya, penambahan pos yang di kustomisasi memungkinkan pengembang untuk memiliki berbagai jenis konten dari sebuah postingan. Struktur database dapat juga dimanfaatkan sedemikian rupa dengan optimasi yang tinggi, sehingga memungkinkan WordPress untuk digunakan sebagai CMS yang kuat, bukan hanya platform blogging.


Selain itu tersedia juga plugin yang dapat menambah fungsional situs, baik secara langsung maupun tidak langsung. Plugin dapat diinstal secara terpisah dari tema, dan dapat diaktifkan atau dimatikan dengan mudah oleh halaman administrator.


7 Kelebihan CMS WordPress Untuk Mengembangkan Website

Kamu hanya perlu menentukan dan melakukan instalasi plugin yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam menentukan sebuah plugin yang cocok digunakan agar sesuai dengan kebutuhan sebuah website, kamu harus mengenal jenis plugin wajib untuk wordpress.


Dengan mengenal jenis plugin, kamu dapat dengan mudah menentukan plugin sesuai kebutuhan tanpa perlu menguasai coding. Fungsi plugin sendiri yaitu memberikan fungsionalitas lebih dari Wordpress.


Kesimpulan

Ada banyak alasan lain yang membuat kamu harus mengembangkan situs dengan WordPress. Untuk mengembangkan berbagai situs seperti membuat tema WordPress, kamu dapat menemukan referensi tentang pembuatan Theme WordPress.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Apa tanggapanmu tentang artikel diatas?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats