Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak - Levatra

06 Oktober 2017

Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Perdebatan mengenai dampak video game di kalangan orang tua seakan tidak ada batasnya, banyak orang menganggap bahwa video game memiliki dampak negatif bagi anak-anak. Sebagai orangtua, harusnya tahu bahwa tidak semua game mengajarkan kekerasan atau senonoh. Banyak dari mereka yang bernilai edukatif, sehingga kita dapat mengambil kelebihan dari permainan untuk anak.


Permainan edukatif dapat membantu anak untuk belajar banyak hal, seperti bahasa asing, strategi atau perencanaan, serta menghitung. Sehingga orang tua tidak terus melarang anak untuk bermain game, karena hanya akan membuat anak diam-diam bermain tanpa sepengetahuan orangtuanya.


Tugas Anda hanyalah membantu mereka untuk mengatur waktu bermain dan sekolah supaya seimbang juga sesuai dengan usia mereka. Berikut adalah permainan manfaat untuk anak-anak Anda.


Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Dibawah ini ada beberapa manfaat dari video game yang dapat kita ambil sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak.


1. Mengajarkan Sains Akademik

Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Manfaat permainan untuk anak-anak selanjutnya adalah sebagai sarana belajar yang juga perlu Anda ketahui. Banyak game yang mengajarkan anak-anak untuk belajar matematika, sains, bahasa Inggris dan disiplin ilmu lain dengan konsep yang menarik, atraktif, dan juga interaktif. Karena anak-anak saat ini banyak yang lebih memilih untuk belajar melalui permainan daripada mempelajari metode normal.


2. Meningkatkan Keterampilan Strategi

Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Manfaat permainan untuk anak-anak untuk mengajarkan mereka selalu berpikir cerdas untuk mengalahkan lawan. Anak akan diminta untuk kreatif dalam membuat strategi. Dalam hal ini jenis game strategi pun dampak yang sangat baik pada kecerdasan otak sehingga pikiran menjadi lebih tajam sehingga mudah untuk memecahkan masalah.


3. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Sebuah peneletian oleh para ahli internasional dan ilmuwan lokal, bermain game diyakini dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Dampak dari anak akan menjadi lebih efisien dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan koordinasi keterampilan mata dan tangan.


4. Mengajarkan Ketekunan

Inilah 4 Manfaat Positif Bermain Game untuk Otak Anak

Bermain game dapat mengajarkan ketekunan anak Anda, ketika anak-anak kehilangan permainan mereka pasti akan mencoba untuk menemukan cara untuk menang. Ini akan menjadi modal penting dalam kehidupan nyata. Sifat positif pada saat kegagalan akan tertanam dalam kepribadian mereka.


Kesimpulan

Meskipun manfaat game yang cukup banyak untuk anak-anak, bimbingan dan pengawasan dari Anda sebagai orang tua mutlak diperlukan sebelum memilih permainan yang cocok usia anak. Namun, keterbatasan waktu bermain juga mengingatkan, kadang-kadang anak-anak fokus untuk bermain game melupakan hal-hal seperti lupa makan, lupa mandi, bahkan lupa untuk belajar.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *