Tips Mencegah Mata Agar Tidak Rusak Akibat Fokus pada Komputer - Levatra -->

22 Agustus 2016

Tips Mencegah Mata Agar Tidak Rusak Akibat Fokus pada Komputer

Tips Mencegah Mata Agar Tidak Rusak Akibat Fokus pada Komputer

Baca juga:

Tips Mencegah Mata Agar Tidak Rusak Akibat Fokus pada Komputer
LEVATRA.com - Sakit mata merupakan keluhan paling umum saat bekerja terlalu lama di depan komputer. Keluhan ini jika dibiarkan bisa berkembang menjadi kerusakan yang menyebabkan penglihatan kabur. Ada pepatah yang mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati", untuk itu pada artikel kali ini saya tidak akan cara mengobati melainkan cara untuk mencegah hal itu terjadi.

"Mata manusia dirancang untuk melihat objek tiga dimensi. Di layar, mata dipaksa untuk menatap obyek 2-dimensi," kata Andrea Thau, OD dokter mata dari American Optometric Association, seperti dikutip dari MSNBC, Senin (21/03/2011).



Menurut Thau pemaksaan kerja menyebabkan otak lebih keras untuk menafsirkan gambar yang ditangkap oleh mata. Kelelahan otak akan menyebabkan pemrosesan sinyal cahaya dari mata akan terganggu, maka dianggap sebagai mata keluhan kabur. Selain itu, mata manusia normal hanya bisa melihat dengan nyaman ketika fokusnya adalah pada jarak minimal 20 kaki (6 meter). Sementara di depan komputer, mata kembali dipaksa untuk memfokuskan pandangan pada jarak kurang dari 2 kali (sekitar 60 cm).

Pemaksaan-pemaksaan memicu beberapa keluhan yang disebut sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). Gejala termasuk mata kering, sakit kepala, dan jika dibiarkan terus akan mengakibatkan pandangan tampak kabur atau tidak fokus.

Menurut Thau, mengatasi sindrom tidak harus dilakukan dengan menghapus komputer dari kehidupan sehari-hari karena bagaimanapun manusia butuh teknologi untuk mendukung produktivitas. Apa yang perlu diubah hanya cara menggunakannya.



Tips Mencegah Mata Rusak Akibat Komputer

Terapkan Aturan 20/20/20

Bagi orang-orang yang pekerjaannya dituntut untuk duduk berjam-jam di depan komputer, dianjurkan untuk menerapkan aturan 20/20/20. Ini berarti bahwa setiap 20 menit, waktu untuk mengubah tampilan pada layar selama 20 detik ke titik lain dalam 20 kaki (6 meter).

Sering-seringlah Berkedip

Jangan lupa untuk berkedip karena rata-rata orang hanya berkedip 6 kali / menit saat sedang asyik di depan komputer. Agar tidak kering mata dan menyengat, kelopak mata harus selalu berkedip sekitar 16 denyut / menit.



Penempatan Posisi Layar

Jika memungkinkan posisikan monitor sehingga layak tidak lebih tinggi dari mata, paralel minimal. Jika terlalu tinggi maka kelopak mata cenderung bekerja lebih keras untuk berkedip dan membasahi bola mata, sehingga ujung-ujungnya jadi ingatlah untuk berkedip. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi berbagai macam vitamin untuk mata tetap terjaga kesehatannya.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Apa tanggapanmu tentang artikel diatas?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats