3 Alasan Kenapa Kita Harus Beralih Menggunakan Linux - Levatra

7 Maret 2018

3 Alasan Kenapa Kita Harus Beralih Menggunakan Linux

3 Alasan Kenapa Kita Harus Beralih Menggunakan Linux

Baca juga:

3 Alasan Kenapa Kita Harus Beralih Menggunakan Linux

Mungkin dari kita sudah tahu dan tidak asing lagi menggunakan sistem operasi Windows, namun belum pernah mencoba sistem operasi lain seperti Linux. Ketika kita mendengar kata "Linux", sebagian besar dari kita bisa saja tidak mengenal, bahkan hanya sekedar tahu.


Meskipun masih belum banyak yang menggunakan baik dikalangan pelajar sampai pekerja kantor, kita tidak boleh meremehkan kemampuan linux. Sistem operasi linux sendiri memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Windows. Apa saja itu?


Alasan Kenapa Kita Harus Beralih Menggunakan Linux

Kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa alasan kalian agar mencoba menggunakan linux sebagai pengganti Windows.


1. Gratis!

Alasan yang paling bisa diterima adalah Gratis. Linux sendiri merupakan sistem operasi yang bebas digunakan serta dikembangkan, alasan tersebut sering digunakan oleh orang yang beralih dari Windows ke Linux.


Meskipun bisa saja kita menggunakan Windows secara gratis dengan menggunakan crack, namun tetap saja itu ilegal, tidak sah, dan melanggar hak cipta orang lain. Dan untuk menggunakan sistem operasi Windows, kita perlu membeli sebuah lisensi resmi dari Microsoft sehingga kita dapat menggunakan sistem tersebut secara legal.


Berbeda dengan linux, kita merubah sistem pun diperbolehkan. Tidak sedikit pengguna linux merubah sistem dan memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya.


2. Keamanan Sistem Terjamin

Keamanan sebuah komputer perlu menjadi sebuah pertimbangan. Linux memiliki sebuah sistem pertahanan yang baik dan sangat jarang virus mampu untuk menyerang linux. Linux sendiri sangat sulit ditaklukan oleh virus, bahkan jika kita tidak menggunakan anti-virus sekalipun.


Bagi kalian yang bosan dengan berbagai serangan virus yang dapat menghilangkan data-data, mengacak sistem, sampai mengambil data penting kita. Sistem operasi linux sangat patut untuk dipertimbangkan untuk pencegahan dalam hal tersebut.


3. Banyaknya Dukungan Aplikasi

Saat ini, linux sudah dikembangkan oleh banyak orang, sehingga jumlah pengembang tersebut bisa memenuhi kebutuhan dukungan aplikasi untuk pengguna linux. Dalam sistem linux, kita dapat menemukan banyak aplikasi yang dapat digunakan, dan tidak ada dalam Windows.


Bahkan dalam beberapa distro linux, banyak aplikasi yang dibuat khusus untuk tujuan tertentu bagi pengguna, seperti hacking dan pemrograman.


Jadi tidak usah takut sulit menemukan aplikasi yang ingin kita gunakan, karena linux pun memiliki banyak aplikasi yang didukung. Walaupun beda nama dan pengembang, tapi hampir semua aplikasi yang ada di Windows juga ada penggantinya di linux.


Kesimpulan

Beberapa poin diatas dapat kita jadikan referensi jika kita ingin bermigrasi menggunakan Linux, karena linux sendiri tidak kalah canggih dari sistem operasi yang biasa kita gunakan sehari-hari. Linux dapat kita coba dengan menggunakan dual-boot jika kita tidak ingin menghapus sistem operasi utama, seperti Windows.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.
Buka Komentar keyboard_arrow_down

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats