5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk - Levatra

8 Maret 2018

5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

Baca juga:

5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

Perkembangan teknologi tidak bisa kita hindari, penggunaan teknologi tentu saja dapat membantu dan mempermudah dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Tidak terkecuali teknologi komputer, yang saat ini sudah membantu manusia dalam banyak hal.


Penyimpanan data dalam komputer semakin lama maka semakin besar pula kebutuhan dalam menyimpan berkas. Jika awal menggunakan komputer dengan kapasitas penyimpanan 20GB saja sudah cukup, tapi dengan berjalannya waktu dirasa 100GB saja sudah tidak cukup.


Data yang paling banyak kita simpan biasanya foto, musik, film, aplikasi dan games. Dengan kapasitas disk yang terbatas, maka kita perlu mengatur data agar cukup dengan meminimalisir penggunaan disk agar cukup. Lalu bagaimanakah caranya?


5 Cara Menghemat Kapasitas Harddisk

Beberapa langkah dibawah ini bertujuan untuk menghemat penggunaan harddisk agar tidak terlalu penuh pada sistem operasi Windows dengan memanfaatkan fitur yang ada.


1. Menggunakan Compress Drive

Windows 7 hadir dengan fitur yang dapat mengkompresi drive, hal ini bertujuan untuk memberikan ruang kosong tambahan bagi penggunanya dengan cara memadatkan berkas-berkas. Langkah pertama ini bisa kalian lakukan jika benar-benar sudah kehabisan ruang kosong dalam disk.


Untuk menggunakan Compress drive, dengan cara buka Windows Explorer > klik kanan di salah satu partisi (kecuali partisi sistem) > pilih Properties.


Selanjutnya di tab General, centang Compress this drive to save disk space > pilih Apply changes to drive D:\, subfolders and files > klik OK.


5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

Kita memilih untuk melakukan kompresi pada subfolder dan files dengan tujuan mengkompresi seluruh data yang ada dalam partisi tersebut. Jangan kita lakukan kompresi untuk partisi sistem, karena bisa saja terjadi crash.


2. Menggunakan Compress Folder

Jika pada cara pertama diatas adalah mengkompresi seluruh isi dari partisi tertentu, maka pada cara kedua ini kita hanya melakukan kompresi pada folder tertentu saja. Cara ini biasa dilakukan ketika kita tidak ingin mengkompresi seluruh folder dan isinya.


Contohnya jika kita ingin mengkompresi satu atau beberapa folder saja, seperti hanya folder film dan musik. Kita dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada folder tersebut > pilih Properties, maka jendela baru akan terbuka.


Selanjutnya klik Advanced > lalu centang Compress contents to save disk space > klik OK.


5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

3. Membersihkan file sampah

Kita tahu bahwa file sampah memanglah sangat tidak berguna dan hanya akan memenuhi memori kosong saja terutama pada partisi. Untuk menghapusnya, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner.


Atau dengan menggunakan fitur bawaan Windows, dengan cara klik kanan pada partisi tertentu dan pilih Properties > pada tab General, klik Disk Cleanup > centang semua di files to delete > klik OK.


5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

4. Kompres Folder atau File yang Jarang Digunakan

Didalam sebuah komputer, pasti ada saja data yang sangat jarang sekali digunakan. Untuk itu, alangkah lebih baiknya kita arsip saja dengan cara mengkompresi file tersebut dengan tujuan untuk memperkecil ukuran tanpa harus menghapusnya.


Untuk mengkompresi, kita membutuhkan aplikasi seperti Winrar. Jika sudah punya, klik kanan pada file atau folder yang akan kita arsip > lalu pilih Add to archive.


5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

Kemudian akan muncul jendela baru. Pada compression method, pilih Best dengan tujuan untuk mengkompresi agar ukuran menjadi sekecil mungkin > jika sudah, klik OK.


5 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

5. Gunakan Cloud Storage

Jika kita mempunyai koneksi internet lebih, maka lebih disarankan untuk menggunakan cloud storage atau penyimpanan awan. Hal ini bertujuan agar disk yang kita punya tidak akan terbebani oleh file tersebut.


Saat ini sudah banyak website penyedia layanan penyimpanan awan, seperti yang sudah saya bagikan sebelumnya 5 layanan cloud storage terbaik dan pastinya gratis. Penyimpanan awan juga bisa menjadi alternatif sebagai disk yang aman dalam menyimpan data.


Penutup

Beberapa tips diatas dapat kalian coba sendiri untuk menghemat dan meminimalisir penggunaan disk yang sangat terbatas. Dan jika kalian merasa takut karena data bisa saja hilang, maka lebih disarankan untuk menyiapkan cadangan data.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.
Buka Komentar keyboard_arrow_down

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats