Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led - Levatra

24 Mei 2019

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led
Lampu Led banyak ditemui di kehidupan sehari-hari dan di berbagai tempat. Banyak orang sudah beralih dari lampu konvensional ke lampu ini. Lampu Light Emitting Diode) merupakan lampu yang mampu memancarkan cahaya monokromatik berbagai warna. Lampunya tidak panas dan cahayanya lebih terang dari lampu pada umumnya.

Jika Anda mau mempelajari tentang lampu LED, maka akan banyak hal yang dapat Anda ketahui dan dapat menjadi pertimbangan ketika Anda memilih lampu untuk rumah atau kantor Anda. Berikut info lengkapnya.

Apa itu Lampu LED?

LED atau Light Emitting Diode merupakan komponen elektronika terbuat dari bahan semikonduktor. Bahan semikonduktor yang dipakai dalam pembuatan LED akan mempengaruhi jenis warna yang dihasilkan oleh lampu tersebut. Selain memancarkan cahaya berwarna, LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tak tampak oleh mata. Sinar inframerah merupakan sinar yang sama seperti yang dikeluarkan oleh remote control di rumah-rumah Anda.

Cara Kerja Lampu LED

LED merupakan keluarga semikonduktor dioda. LED bekerja dengan memiliki dua kutub yaitu kutub positif (anoda) dan kutub negatif (katoda). LED akan bekerja menghasilkan cahaya jika di dalamnya dialirkan arus yang maju dari anoda ke katoda.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED


Kelebihan

1. Ukuran yang bervariatif

Salah satu kelebihan LED adalah dapat diproduksi dalam ukuran yang kecil-kecil sehingga mampu diterapkan pada hampir semua jenis elektronika yang diproduksi saat ini. Bentuknya mirip dengan bohlam yang dapat dipakai pada berbagai alat elektronik.

2. Lampu Tidak Panas saat Menyala

LED berbeda dengan lampu bohlam atau lampu pijar. Salah satu perbedaannya adalah proses menghasilkan cahaya. Jika pada lampu pijar terjadi pembakaran filamen, maka pada LED tidak terjadi pembakaran filamen, sehingga lampu tidak panas saat menghasilkan cahaya.

3. Warna Lampu yang Beragam

Saat ini, lampu LED sudah banyak sekali jenisnya diantaranya warna putih, warna kuning, jingga, biru, hijau, inframerah, dan warna yang lainnya. Warna-warni ini dipengaruhi oleh jenis semikonduktor yang dipakai oleh lampu LED. Bahan semikonduktor yang dipakai antara lain Gallium Arsenide, Silicon Carbide, Gallium Indilum Nitride, dan lain-lain.

4. Kelebihan Lain

Selain tiga kelebihan sebelumnya, lampu LED juga memiliki beberapa kelebihan lain diantaranya lebih hemat listrik, tidak mengandung bahan berbahaya merkuri, awet tahan lama, dan mudah diaplikasikan pada teknologi-teknologi yang ada maupun yang akan datang.

Kekurangan Lampu LED

1. Harga yang Mahal

Harga lampu LED memang cenderung lebih mahal dibandingkan lampu jenis lain. Hal ini karena secara kualitas dan bahan baku, lampu LED memang lebih baik dari lampu pijar. Akan tetapi, harga yang mahal tak akan membuat Anda menyesal telah menggunakan lampu LED karena LED akan tahan lama dan hemat energi listrik.

2. Tidak Menimbulkan Panas

Hal ini bisa menjadi suatu kelebihan dan kelemahan sekaligus. Lampu LED yang secara sifat tidak menimbulkan panas saat bercahaya, dapat menguntungkan dan dapat pula merugikan. Semua tergantung bagaimana pemakaian dan pemilihan Anda dalam penggunaan lampu.

Jika Anda ingin menghangatkan telur-telur yang baru dikeluarkan oleh induk telur, maka lampu LED tidak cocok untuk menghangatkan telur karena panas yang dihasilkan jiga sedikit. Akan tetapi, jika Anda memang hanya butuh cahaya dan tidak ingin ada panas dalam penyahayaan tersebut, maka Anda cocok menggunakam lampu jenis LED.

Dengan informasi karakteristik lampu LED, semoga anda mendapat insight karakter lampu yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selanjutnya adalah mencari penjual lampu led. Supplier lampu led dapat anda temukan di Indotrading.com. Sebagai direktori bisnis, Indotrading memiliki ratusan supplier lampu led. Sangat tepat jika anda mencari supplier yang dapat memasok dalam jumlah besar.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats