Cara Tepat Penanganan Untuk Menyembuhkan Luka - Levatra

26 Desember 2019

Cara Tepat Penanganan Untuk Menyembuhkan Luka

Cara Tepat Penanganan Untuk Menyembuhkan Luka

Baca juga:

Cara Tepat Penanganan Untuk Menyembuhkan Luka
Salah satu cairan yang tidak direkomendasikan oleh dokter untuk membersihkan luka adalah alkohol, atau yang biasa disebut desinfektan. Tapi, kenapa yang direkomendasikan antiseptik, padahal keduanya mengandung alkohol dan punya fungsi yang sama, Dis infektan dan antiseptik memang sama-sama bisa membunuh bakteri dan mensterilkan.

Namun bedanya, antiseptik aman untuk kulit dan jaringan, sehingga tidak menghambat penyembuhan luka, dan Cara cepat menyembuhkan luka. Sementara itu, desinfektan tidak cocok untuk kulit dan lebih sering digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan alat-alat medis karena bisa menghambat penyembuhan luka. Semakin lama luka sembuh, semakin tinggi juga risiko timbul bekas luka.

Kalau Luka Sakit Pertanda Obat Bekerja, Kebanyakan orang memiliki pemahaman bahwa kalau luka perih itu berarti obatnya bekerja. Banyak pula produk pembersih luka yang menimbulkan sensasi perih atau terbakar di kulit. Tapi, apakah perih itu efektif? Jawabannya, belum tentu.

Obat luka yang direkomendasikan di dunia medis adalah produk yang lebih nyaman digunakan pasien. Jadi, meskipun sama-sama efektif, tentu saja yang lebih direkomendasikan adalah yang tidak menimbulkan rasa perih atau iritasi kulit.

Lalu, Pembersih Luka Apa yang Direkomendasikan Dokter?

Cairan antiseptik memang direkomendasikan oleh dokter, namun ada cairan lain yang dinilai lebih baik untuk digunakan, yaitu cairan PHMB (Polyhexamethylene Biguanide Hydrochloride). PHMB ini adalah cairan yang tidak menimbulkan iritasi, tidak menimbulkan sensasi perih atau terbakar, dan efektif membersihkan luka.

Selain itu, dokter menggunakan cairan ini juga karena tidak berwarna, sehingga mempermudah proses penanganan dan penyembuhan luka.

PHMB juga aman untuk jaringan kulit

Dahulu, PHMB hanya digunakan di dunia medis dan tidak dijual di pasaran. Namun, saat ini, sudah ada beberapa antiseptik yang dijual di pasaran dan mengandung cairan PHMB. Oleh sebab itu, kalau mau membeli antiseptik di apotek, tanyakan ke apoteker, produk mana yang mengandung PHMB.

Dalam proses penanganan luka, ingat ya bahwa tahapan paling penting adalah membersihkan luka. Jadi, sebaiknya dalam membersihkan luka, Geng Sehat jangan menggunakan bahan-bahan yang tidak direkomendasikan dokter. Ikuti saran dokter, baik itu terkait penanganan ataupun produk yang digunakan, agar Cara agar luka cepat kering bisa segera sembuh dengan baik.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats