Bahaya yang Terjadi Jika Kekurangan Air Putih - Levatra

1 April 2020

Bahaya yang Terjadi Jika Kekurangan Air Putih

Bahaya yang Terjadi Jika Kekurangan Air Putih

Baca juga:

Bahaya yang Terjadi Jika Kekurangan Air Putih
Banyak orang yang belum tahu apa saja bahaya yang terjadi jika tubuh kekurangan cairan. Karena keterbatasan pengetahuan tersebut, masih saja banyak orang yang mengabaikan minum air putih secara teratur. Padahal sebenarnya minum air putih secara teratur sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Salah satu akibat kurang minum air putih secara teratur yang bisa Anda alami adalah dehidrasi. Meskipun terdengar sepele, namun dehidrasi bisa menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih serius. Guna mencegah dehidrasi, mulai sekarang kalian bisa langsung meminum air Aqua.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa Anda rasakan jika kekurangan air putih :

1. Gangguan Pengaturan Suhu

Salah satu fungsi air di dalam tubuh manusia adalah untuk mengatur suhu agar tetap stabil sehingga enzim di dalam sel menjalankan perannya dengan baik. Air juga berperan untuk menyerap dan membuang panas hasil metabolisme, selanjutnya kelenjar keringat mengeluarkan cairan ketika suhu panas sehingga mengurangi suhu tubuh.

Kekurangan air putih atau dehidrasi menurunkan kemampuan tubuh untuk mendinginkan diri yang menyebabkan terjadinya overheating atau panas berlebih jika terkena terik matahari.

2. Ketidakseimbangan Cairan Serta Elektrolit

Dengan berjalannya waktu, kurang minum air putih dapat memengaruhi keseimbangan cairan dan elektrolit. Pasalnya, air merupakan tempat dimana elektrolit dapat larut dan menyebar. Sedangkan elektrolit sendiri memiliki peran penting dalam fungsi jaringan.

Karena hal tersebut, menjaga keseimbangan elektrolit dapat membantu sel tubuh bekerja sesuai fungsinya. Kekurangan cairan dan dehidrasi menyebabkan elektrolit tidak seimbang dan menyebabkan gejala seperti detak jantung tidak teratur dan kejang otot.

3. Lebih Mudah Terkena Penyakit

Air ternyata termasuk ke dalam salah satu komponen kekebalan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan maka kinerja sel darah putih dan metabolisme tubuh untuk melawan penyakit akan terganggu. Hal tersebut menyebabkan Anda lebih mudah terkena penyakit.

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan air sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Namun takaran tersebut bisa berubah sesuai dengan aktivitas, suhu badan, jumlah keringat yang keluar, dan sebagainya. Selain itu, kebutuhan air juga bisa menurun pada cuaca dingin dan tidak banyak keringat yang keluar. Selalu sediakan Sehat Aqua di rumah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats