Maksimalkan Penjualan dengan Manajemen Toko Online yang Baik - Levatra -->

9 September 2020

Maksimalkan Penjualan dengan Manajemen Toko Online yang Baik

Maksimalkan Penjualan dengan Manajemen Toko Online yang Baik

Baca juga:

Maksimalkan Penjualan dengan Manajemen Toko Online yang Baik
Beberapa tahun terakhir, bisnis online berkembang sangat pesat. Banyak pebisnis yang awalnya menjual dengan cara offline beralih ke online. Hal ini dikarenakan adanya beberapa keunggulan dari bisnis online. Diantaranya adalah waktu yang lebih fleksibel dan jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu pangsa pasar bsinis online yang cenderung terus meningkat dari hari ke hari. Apalagi di saat pancemi Covid-19, bisnis online makin diminati.

Akan tetapi, menjamurnya pelaku bisnis online menghadirkan persaingan bisnis yang sangat ketat, sehingga para pebisnis harus mampu meningkatkan pelayanan pada para pelanggan agar bisa meningkatkan penjualan produk. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan manajemen toko online yang baik dan akurat.

Sistem manajemen toko online yang baik dan akurat tidak bisa hadir begitu saja, namun harus diupayakan dan direncanakan dengan matang. Mulai dari ketersediaan stok barang atau manajemen persediaan, manajemen produk, manajemen peasanan, Promosi, Manajemen pelanggan, Manajemen keuangan hingga analisa bisnis. Semua hal tersebut harus bisa dikelola dengan baik agar bisnis lancar, efektif dan bisa terus berkembang. Untuk lebih jelasnya, simak tips mengelola toko online di bawah ini.

Tips Mengelola Manajemen Toko Online

1. Siapkan SDM handal

Salah satu aset yang paling berharga bagi seorang pengusaha adalah sumber daya manusia. Ketika memulai usaha, pastikan merekrut orang yang tepat dan memiliki minat dan passion di pekerjaan atau dunia bisnis yang digeluti. Misal, tempatkan orang dengan tipe yang suka melayani dan ramah di bagian customer service atau orang yang telaten, teliti, dan suka dengan angka pada bagian keuangan.

Dengan memilih talenta yang sesuai akan sangat mendukung perkembangan bisnis karena kinerja karyawan akan sangat baik, apalagi didukung dengan kompensasi dan bonus untuk pencapaianpencapaian tertentu. Jika usaha masih dalam skala kecil, dan belum membutuhkan tambahan tenaga dari luar dan baru dikelola secara personal, pastikan Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan tingkatkan tersu skill yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha. Dengan demikian,manajemen toko online semakin hari semakin baik dan bisa berdampak pada peningkatan penjualan.

2. Pilih Aplikasi Toko Online yang tepat

Di era yang serba digital, alangkah baiknya pelaku bisnis turut serta memanfaatkan perkembangan teknologi yang saat ini banyak digunakan, diantaranya adalah dengan memilih aplikasi toko online yang tepat dan handal misalnya aplikasi sinkronisasi marketplace mengingat saat ini ada banyak marketplace yang digunakan oleh pebisnis online. Jika harus mengelolanya satu per satu, maka akan dibutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra atau bahkan tambahan admin untuk mengelolanya. Dengan menggunakan aplikasi sinkronisasi, maka akan lebih efisien dan efektif.

Selain aplikasi tersebut, bisa juga gunakan aplikasi toko online atau aplikasi manajemen marketplace yang bisa mengintegrasikan antara ketersediaan produk, data pelanggan hingga data keuangan. Data-data tersebut kelak akan sangat berguna jika dikelola dengan baik dan bisa dimanfaatkan untuk analisa bisnis. Misalnya untuk memngetahui produk terlaris, pelanggan baru, hingga varian produk yang jarang dilirik oleh konsumen.

Untuk lebih detail memilih aplikasi yang paling cocok dengan tipe dan jenis bisnis Anda, bisa cari info terlebih dahulu mengenail platform atau aplikasi Crinoid. Anda bisa memilihnya untuk memaksimalkan toko online Anda.

3. Berikan layanan yang baik pada pelanggan

Berkembangnya sebuah usaha salah satunya karena adanya konsumen, buyer, customer atau pelanggan. Oleh karenanya memberikan pelayanan yang baik dan mengesankan pada konsumen sangat penting.

Ada beragam jenis dan tipe konsumen, namun hampir semua konsumen ingin dilayani dan dispesialkan. Berikan pengalaman tersebut pada konsumen sehingga kemungkinkan mereka untuk repeat order dan menjadi pelanggan yang loyal akan semakin besar dan penjualan pun akan menigkat. Bahkan biasanya, pelanggan yang loyal akan menjadi media iklan dan promosi gratis karena mereka akan dengan senang merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Apalagi jika pelanggan tersebut cukup berpengaruh baik di dunia nyata mupun maya, maka kesempatan iklan itu semakin besar dengan testimoni atau review dari mereka.

4. Jalin kerjasama yang baik dengan pihak lain

Dalam hal apapun, hubungan baik sangat diperlukan, terutama dalam bisnis. Penting sekali untuk membangun hubungan baik dengan pihak-pihak lain untuk mendukung bisnis, misal dengan ekspedisi, supplier, atau bahkan dengan tetangga sebelah kantor atau gudang penyimpanan. Dengan menjaga hubungan yang baik, maka kredibilitas bisnis Anda semakin baik dan bisnis bisa semakin lancar.

Demikian penjelasan singkat memaksimalkan penjualan dengan manajemen toko online yang baik. Jika Anda pelaku bisnis online dan membutuhkan produk dalam jumlah banyak untuk kepentingan bisnis, bisa berbelanja langsung di bhinneka.com. Ada juga aplikasi Crinoid yang bisa menjadi pendukung manajemen bisnis online Anda. Tingkatkan manajemen toko online dengan Crinoid!

Artikel Lainnya

1 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.

terimakasih untuk tips nya
https://bit.ly/3bTwlDn

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats