23 Februari 2016

Review ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL Smartphone 4G LTE

Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS
Saat ini di Indonesia semakin ramai dengan berbagai Produk Teknologi tidak terkecuali Teknologi Ponsel Pintar atau yang biasa disebut Smartphone, dengan kehadiran jaringan internet baru dengan kecepatan tinggi (4G LTE) dan jaringannya yang mulai meluas membuat beberapa produsen smartphone dan tablet memakai jaringan tersebut untuk menambah daya tarik kepada konsumen. Jaringan 4G ini sangat berpengaruh kepada perkembangan industri dan bisnis di Indonesia, oleh karena itu sejak munculnya 4G LTE dipercayai akan membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

Dalam dunia Smartphone, Jaringan 4G ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi yang sudah memakainya karena untuk menerapkan jaringan tersebut dibutuhan perangkat yang sudah mendukung atau menggunakan teknologi radio dengan frekuensi 4G LTE. Dengan kondisi tersebut, ponsel-ponsel yang berbasis teknologi LTE akan banyak diburu oleh masyarakan di tahun yang akan datang.

Dengan kondisi seperti itu, membuat salah satu prosuden peralatan teknologi digital terkemuka asal Taiwan yaitu ASUS, mulai memproduksi dan memasarkan produk perangkat selulernya dengan teknologi jaringan 4G. Sejak pertama kali mereka mulai memasarkan seri ZenFone 2 dan kemudian dilanjutkan dengan generasi berikutnya yaitu ZenFone 2 Laser (ZE500KL).

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas mengenai smartphone tersebut yang telah di tanami dengan teknologi jaringan 4G di dalamnya.

Kenapa harus memilih ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL ?

Dengan banyaknya produsen yang memproduksi berbagai jenis smartphone, layaknya kita harus mengetahui dengan detail keunggulan dari produk tersebut seperti fitur, fungsi atau kegunaannya serta harga yang terjangkau. Jika Kita mulai membandingkan beberapa smartphone dari tiga detail keunggulan diatas, maka keunggulan itu semua terdapat pada smartphone ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL. Berikut beberapa fitur unggulannya.

1. Teknologi Jaringan 4G yang Komplit
ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G LTE bertipe cat 4 (LTE cat 4) dengan tipe tersebut membuat jaringan 4G cukup kencang, yang secara teori mampu menghantarkan kecepatan Upload 50Mbps dan Download 150Mbps per detik.

Perangkat ini sudah mendukung penuh untuk memastikan berjalannya jaringan 4G LTE pada transmisi frekuensi 1800Mhz, itu berarti Zenfone 2 Laser ZE500KL dapat menggunakan secara penuh jaringan tersebut dengan akses internet berkecepatan tinggi. Smartphone pada jaringan 3G WCDMA menggunakan gelombang frekuensi 850MHz (5), 900 MHz (8), 1900 MHz (2), 2100 MHz (1). Pada frekuensi tersebut mampu menghantar kecepatan upload menggunakan teknologi HSPA+ hingga 42 Mbps. Selain itu Zenfone 2 Laser ZE500KL juga dilengkapi dengan dual SIM Card yang kedua kartunya dapat mengakses pada jaringan 4G LTE.

2. Kapasitas Memori Internal dan Eksternal lebih Luas
Salah satu idealnya smartphone saat ini adalah mempunyai kapasitas atau ruang memori penyimpanan yang besar untuk menyimpan berbagai konten seperti aplikasi, file, musik, foto gebetan, lagu galau, gambar meme dan lainnya. Jika berbicara mengenai solusi smartphone dengan kapasitas memori yang besar, maka Zenfone 2 Laser ZE500KL ini lah jawaban dari masalah tersebut.

Zenfone 2 Laser ZE500KL telah mendukung kapasitas memori internal yang cukup luas yaitu 16GB. Kapasitas memori internal memang sangat penting yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuat smartphone, idealnya smartphone harus memiliki memori internet sebesar 8GB sehingga kalian dapat menggunakan ruang penyimpanan sekitar 4GB untuk aplikasi dan lainnya sedangkan sisanya dipakai untuk sistem operasi dan juga aplikasi bawaan lainnya.

Disamping memori internal yang besar, juga tersedia slot memori eksternal (microSD) hingga 128GB. Selain itu, pengguna masih mendapatkan penyimpanan file tambahan dengan berbasis cloud hingga 5GB menggunakan ASUS WebStorage dan ini cocok untuk kalian yang ingin menyimpan foto mantan.

3. Kamera 13 Megapixel dengan Fitur Auto Focus Tercepat
Pada perangkat sebelumnya yaitu ZE500KG (ZenFone 2 Laser versi 3G) yang hanya memiliki kamera belakang 8MP, namun kini telah mendapat peningkatan yang terasa pada kamera ZenFone 2 Laser ZE500KL yang memiliki kamera 13MP berteknologi Pixal Master dengan kemampuan menangkap fokus yang sangat cepat yakni 0,03 detik sehingga cocok bagi yang ingin foto bergaya levitasi yang sedang ngetren pada saat ini.

Hasil Foto Kamera Depan :
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

Hasil Foto Kamera Belakang :
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

Lensa pada Zenfone 2 Laser ZE500KL mempunyai nilai aperture hingga f/2.0. Berikut keunggulan lensa tersebut.
  • Pengguna dapat menangkap gambar lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal walaupun dalam keadaan minim cahaya.
  • Dapat menghasilkan foto dengan latar belakang yang kabur (deep of field) yang baik, bahkan lebih baik daripada kamera professional rata-rata lensa yang menghasilkan DoF hanya memiliki nilai f/1.8.
  • Lag yang dihasilkan sangat minim bahkan hampir tidak ada (zero shutter lag) sehingga dapat mengabadikan momen penting dengan fokus yang tetap bagus.
  • Adanya tambahan Blue Glass Filter yang ditanamkan sehingga dapat menangkap dan menghasilkan foto dengan akurasi warna yang nyata. Karena Blue Glass berfungsi sebagai mereduksi lebih dari 90% cahaya infra merah, mencegah red-eye, memperkuat pencahayaan, dan juga meminimalkan blur mengambil gambar.
  • Kamera dengan teknologi Pixel Master untuk mendapatkan gambar alami dengan citra yang detil, warna yang alami, dan tangkapan cahaya lebih peka meski suasana dalam keadaan gelap. Sistem pada Pixel Master ini menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi.

4. Dengan Fitur-fitur Kamera Unggulan
Selain beberapa keunggulan pada lensanya yang sudah saya jelaskan diatas, berikut ada beberapa fitur unggulan dari kamera.
  • Tersedia 18 mode fotografi bawaan langsung dari kamera tanpa ada aplikasi tambahan seperti mode Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama,  Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS
  • Time Rewind adalah mode unik yang merekam agedan dari tangkapan kamera beberapa detik saat sebelum dan sesudah tombol direkam itu untuk mengantisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret.
  • Depth of Filed adalah fitur yang digunakan untuk menciptakan efek buram pada latar belakang foto untuk lebih menonjolkan fokus pada objek utama.
  • Mode Low Light untuk meningkatkan sensitivitas cahaya sampai 400%.
  • Setelan tambahan untuk pengguna yang membutuhkan fleksibilitas yang lebih baik. Pada pengaturan tersebut terdapat perubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah, dan lebih banyak lagi.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

5. Performa yang Memukau dengan Prosesor Snapdragon 410
Agar memberikan kemampuan komputasi mobile yang lebih mantap, ZenFone 2 Laser Z3500KL ini mengandalkan kepada prosesor Snapdragon 410 (seri MSM 8916) dari Qualcomm yang merupakan SoC 4-inti (quad-core) yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR3 2GB. Chip tersebut didesain khusus untuk menunjang aktivitas mobile mulai dari komunikasi, multitasking, hingga pengolahan Video HD dengan baik dan menjaga efisiensi daya.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS
Untuk mengetahui kemampuan handset dengan SoC Snapdragon 410, berikut tampilan uji dengan beberapa aplikasi benchmark dan juga perbandingan dengan produk yang menggunakan spesifikasi serupa. Dan hasilnya, ASUS ZenFone 2 Laser lebih unggul dan lebih terlihat menarik dengan harga jualnya yang lebih terjangkau.

Perbandingan Kinerja
S*****g G****y A5 ASUS Zenfone 2 Laser
Android Version 4.4.4 5.0.2
RAM 2GB 2GB
CPU Qualcomm Snapdragon 410 (quad-core) 1,2GHz Qualcomm Snapdragon 410 (quad-core) 1,2GHz
GPU Adreno 306 Adreno 306
Screen 5" @ 720x1280 5" @ 720x1280
Antutu 21.330 23.236
MobileXPRT (performance) 131 133
MobileXPRT (user) 93 100
3Dmark (720) 5286 5316
3Dmark (1080) 2665 2657
WebXPRT 196,0 236,0

6. Peraih iF Design Award 2015
Dilihat dari penampilan fisik, ZenFone 2 Laser ini generasi sebelumnya yaitu ZenFone 2 yang telah berhasil meraih penghargaan iF Design Award 2015 berkat desainnya yang inovatif, ergonomis dan mendukung penggunaannya. Desain ini tetap membawa karakteristik Zen yang dianalogikan sebagai keseimbangan kekuatan dan keindahan, juga mampu memberi pengalaman unik bagi penggunanya yang akan memperoleh kombinasi dari teknologi, kemampuan dan gaya hidup.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

Untuk desain ZenFone 2 ZE500KL masih mirip dengan ZenFone sebelumnya yaitu terletak pada penempatan tombol power, speaker, panel soft button dan juga kamera. Namun perbedaan yang paling terlihat yaitu pada jendela laser berwarna hitam sebelah kamera belakang.

ZenFone 2 Laser menggunakan ergonomic Arc design dimana sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia sehingga lebih nyaman saat digunakan.

7. Layar Cemerlang dengan tambahan Gorilla Glass 4
Salah satu daya tarik yang paling menonjol pada smartphone yaitu terletak pada layarnya. Untuk itu ada ZenFone 2 Laser ini menggunakan panel layar IPS sehingga tampilannya akan tetap fokus dilihat hingga sudut 178 derajat. ZenFone 2 Laser memiliki resolusi layar 720x1280 pixel dengan kerapatan 294ppi dan kecerahan hingga 400nits dan mampu menampilkan gambar dengan tajam dan cerah.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

Pada Visual ini didukung oleh teknologi ASUS TruVivid yang mengubah sistem 4 lapisan layar konvensional menjadi hanya 2 lapisan layar. Pada lapisan kaca pelindung atau cover glass dan panel sentuh akan menghilangkan ruang udara antar lapisan sehingga tampilan antara panel akan lebih dekat dan meningkatkan respon sentuhan. Layar ASUS ZenFone 2 juga mendukung fitur Glove Mode. Jika fitur ini diaktifkan, layar tersebut akan menjadi sangat sensitif bahkan pada saat pengguna menggunakan sarung tangan.

8. Dengan Desain Visual yang Baru
Selain pada layar, hal yang paling menarik perhatian dari smartphone yaitu Desain Visual-nya, dengan desain visual yang ramah terhadap mata pengguna juga mudah untuk dipahami tentu saja penggunanya akan merasa nyaman. Visual yang baru pada ZenFone 2 Laser ini adalah Home Screen, dengan desain ikon aplikasi, layout folder, weather dan time widget yang berbeda, Serta kalian bisa memilik color mask dari 15 warna yang sudah disediakan. Kalian dapat dengan mudah mengganti warna latar belakang dari wallpaper yang digunakan atau ingin menyesuaikan dengan warna casing.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

Kemudian visual baru lainnya yaitu pada Lock Screen dan aplikasi native dari Zenfone 2, selain itu pada smartphone ini juga semakin mempermudah penggunanya seperti memodifikasi user interface-nya dari tampilan standar Android.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS

9. Lebih banyak User Interface/UI Tambahan
User interface (antarmuka pengguna) merupakan sesuatu yang memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan, pada user interface ZenFone 2 Laser banyak perubahan dan penambahan yang bertujuan agar penggunanya lebih nyaman dan mengerti dengan semua fitur yang disajikan. Berikut beberapa User interface dari ZenFone 2 Laser.
  • ZenUI - Memudahkan penggunanya untuk mengatur aplikasi yang ada, kalian dapat dengan mudah mengunci aplikasi tertentu agar tidak sembarang orang dapat memindahkannya ke SD Card. 
  • What's Next - Fitur what's next adalah sebuah fitur yang akan mengingatkan suatu hal penting yang akan datang. Fitur ini tidak hanya muncul pada aplikasinya tetapi juga muncul pada home screen dan lock screen.
  • Do It Later >- Do It Later adalah catatan yang berisikan tentang tindakan yang akan dilakukan layaknya seperti Kalender, namun Do It Later ini lebih kepada sesuatu yang belum dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan.
  • Saling Terhubung Secara Nirkabel - Fitur lainnya yaitu memudahkan kalian untuk mengkoneksikan dengan perangkat lain seperti PC, Laptop dan smartphone dengan Remote Link, PC Link, Share Link dan Party Link.
Keunggulan Zenfone 2 Laser ZE500KL, Smartphone 4G Terbaik dari ASUS
  • Omlet Chat - Omlet chat adalah open social messaging platform. Disini kalian dapat terhubung dengan pengguna lainnya mulai dari percakapan serta menyimpan foto dan video ke media penyimpanan cloud seperti dropbox dan box.
  • Open Cloud - Memudahkan kalian untuk terhubung ke cloud seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive (SkyDrive), WebStorage dan Home Cloud.
  • Daya Tahan Baterai - ASUS Zenfone 2 Laser menyediakan 2 slot kartu micro SIM. Kedua kartu ini dapat diaktifkan secara bersamaan, ini tentu menjadi kabar baik bagi kalian yang mempunyai dua nomor. Zenfone 2 Laser mengusung baterai Lithium-polymer 2400mAh yang sesuai dengan kapasitas handset layar 5 inci. Mungkin kapasitas baterai ini tidak cukup besar untuk konfigurasi dua kartu SIM, apalagi jika data di keduanya aktif. Saran kami, jika ingin mendapat umur baterai yang lebih panjang, cobalah melakukan konfigurasi menggunakan fitur ASUS Power Saver untuk menghemat baterai.

Spesifikasi Zenfone 2 Laser ZE500KL
Sistem Operasi Android 5 (Lollipop)
CPU Qualcomm Snapdragon 410 (64-bit quad-core 1,2GHz)
GPU Adreno 306
Memori 2GB RAM
Storage 16GB eMMC Flash
5GB free lifetime ASUS WebStorage
Slot Memori Micro-SD card (hingga 128GB)
Teknologi Konektivitas WLAN 802.11 b/g/n
Bluetooth V4.0 + A2DP
Dual Micro SIM card (Dual Standby)
Network Standard 4G LTE UL: 150 Mbps / DL: 50 Mbps
3G DC-HSPA+ UL: 5,76 Mbps / DL: 42 Mbps
Navigation GPS & GLONASS
Display 5 inci, HD 720x1280 IPS, TFT dengan Capacitive touch panel + Gorilla Glass 4
User Interface /UI ASUS ZenUI with over 1000+software enhancements
(What's Next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Baterai Lithium-Polimer 2400 mAh
Dimensi 143,7 x 71,5 x (10,5~3,5) mm
Berat 140 g
Kamera Font 5 Mega-Pixel & Rear 13 Mega-Pixel
Laser Auto Focus, F2.0 Aperture, PixelMaster
5-element lens
Video Playback MPEG4 up-to 1080p
Video Recording MPEG4 up-to 1080p @30fps
Slot Audio 3,5mm
Audio MP3/3GP/AAC/AAC+/DivX/Xvid/H.263/H.264
Browser Google Browser/Youtube Browser/WAP
Messaging SMS/MMS/IM/Email
E-Mail Google Mail/Exchange/POP3/IMAP4/SMTP
Sensor Accelerometer/Light/Microphone/Proximity Sensor
Harga Rp 2.099.000

Tentang Penulis

Artikel Terkait

8 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

wah lengkap banget jadi pengen beli :(

wiihh mantap juga ini asus nya gan , nanti saya beli lha :D

Yah... jadi pengen punya tuh Hp :g .

Ayo gan siap nabung, fiturnya cocok untuk anak kuliahan :D

Iya memang mantap, ditambah seri ini dapet iF Design Award 2015 :D

Semoga bermanfaat ^_^

Kameranya jernih dan tajam, cocok buat cewek yang biasanya selfie :D

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *