08 Juni 2016

Cara Mengatasi Handphone yang Terkena Air Agar Tidak Rusak

Langkah-langkah Mengatasi Handphone Yang Terkena Air Agar Tidak Rusak
Langkah-langkah Mengatasi Handphone Yang Terkena Air Agar Tidak Rusak - Handphone merupakan perangkat elektronik yang sangat sensitif dengan air, maka berhati-hatilah dalam menggunakan handphone jika disekeliling kita terdapat air. Namun jika handphone kita sudah terlebih dahulu terkena air baik itu tercebur tau hal lainnya, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengeluarkan atau mengeringkan air tersebut.

Mengeluarkan atau mengeringkan air yang telah masuk kedalam handphone banyak caranya untuk dilakukan seperti mengeringkan atau mengelap dengan menggunakan bahan yang dapat menyerap air, semua cara tersebut akan saya coba pakai sehingga menjadi langkah-langkah untuk mengatasi handphone yang terkena air.

Langkah Mengatasi Handphone yang Terkena Air


1. Matikan Perangkat

Jika handphone sobat terkena air dan masih dalam keadaan menyala, sebelum ke tindakan lanjutan hendaknya matikan perangkat handphone tersebut agar tidak terjadi Hubungan pendek arus atau korsleting sehingga dapat menyelamatkan handphone dari mati total.

2. Lepaskan Baterai, Kartu SIM dan Kartu Memori

Selanjutnya Lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori. Hal ini perlu dilakukan karena efeknya hampir sama dengan poin nomor 1 yaitu agar tidak terjadi hubungan pendek pada baterai. Serta untuk menyelamatkan agar kartu SIM dan Kartu Memori tidak rusak.

3. Keringkan dengan Menggunakan Bahan yang Dapat Menyerap Air

Keringkan Handphone dengan menggunakan bahan yang dapat menyerap air seperti kain, kapuk/kapas, kanebo, dll. Sehingga dapat mengeluarkan dan menghambat air sehingga tidak dapat menyebar ke perangkat bagian lain.

4. Keringkan di Bawah Sinar Lampu

Setelah Mengeringkan perangkat menggunakan bahan penyerap air, selanjutnya adalah dengan mengeringkan handphone dibawah sinar lampu selama 1 hari agar sisa air yang tidak diserap oleh bahan tadi bisa mengering sendiri oleh sinar lampu.

5. Taruh Perangkat ke Dalam Tumpukan Beras

Jika merasa bahwa handphone tersebut sudah terbebas dari air, alangkah baiknya langkah terakhir yaitu dengan menaruh perangkat handphone tersebut ke dalam tumpukan beras. Karena beras mengandung zat yang mampu menyerap air dengan mudah walaupun tidak maksimal.

6. Nyalakan Perangkat

Kalau semua langkah diatas sudah dilakukan, maka sobat coba untuk mengaktifkan kembali perangkat tersebut untuk memastikan cara diatas bekerja dengan baik.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *