01 Juli 2016

4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7

4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7
4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7 - Instal Ulang adalah hal terakhir yang harus dilakukan ketika tingkatan kerusakan sistem Windows pada PC kita sudah mencapai titik parah. Namun sebelum melakukan instal ulang, alangkah lebih baik perhatikan terlebih dahulu apa saja hal yang harus diperhatikan agar berjalan dengan baik.

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum instal ulang yaitu backup data agar data-data penting kita tidak hilang pada saat melakukan reinstall windows. Selain itu masih ada 3 hal lainnya yang akan saya bahas pada artikel berikut.

Backup Data

Seperti yang sudah saya tulis diatas, bahwa backup data itu penting karena untuk menghindari kehilangan data penting pada saat instalasi berlangsung. Kita tidak harus mem-backup semua data, cukup beberapa folder pada drive C saja karena biasanya drive tersebut yang dijadikan sebagai tempat untuk instalasi sistem windows.

4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7

Folder pada Drive C yang akan kita backup yaitu pada folder User. Untuk cara backup nya kita hanya meng-copy paste folder User tersebut dengan cara pergi ke Local Disk (C:) > Users > Nama User, disitu kita akan menemukan folder seperti Download, My Documents, My Music, My Picture, My Videos dan lainnya. Nah setelah itu, copy semua folder tersebut dan taruh ke dalam folder khusus yang bisa kalian namakan apa saja dalam Drive D, E atau lainnya selain Drive C.



Alat Instalasi

Setelah kita berhasil mem-backup semua data penting, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan alat instalasi seperti CD Instal Windows atau Flashdisk, karena tanpa alat instalasi kita tidak dapat menginstal windows tersebut.

4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7

Jika ingin menginstal menggunakan CD, kamu harus siapkan CD Instalasi yang bisa kalian beli. Juga bisa menggunakan Flashdisk namun harus memiliki file ISO Windows tersebut yang bisa kalian download dan aplikasi untuk membuat bootable ke dalam flashdisk.



CD Driver

CD Driver biasanya kita dapatkan ketika membeli sebuah laptop atau PC, driver tersebut instal ketika kita sudah menginstal ulang windows. Kalau kalian tidak menemukan CD Driver, bisa kamu download driver di situs perangkatnya masing-masing sesuai dengan merk perangkat, versi windows dan tipe sistem (32bit / 64bit).

4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7

Fungsi dari Driver disini adalah sebagai program atau tools untuk menghubungkan antara perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware) agar keduanya bisa saling terhubung dan berjalan dengan baik tanpa ada kendala ataupun masalah.

Siapkan Aplikasi

Terakhir, siapkan aplikasi. Sebelum melakukan proses instal ulang windows 7 yaitu perhatikan aplikasi apa yang sudah kalian gunakan, ini bertujuan agar kita tidak bingung ketika selesai instal ulang namun ingin menginstal aplikasi apa yang berguna sebelumnya.

4 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Instal Ulang Windows 7

Untuk melihat aplikasi apa saja yang telah kita instal yaitu dengan cara klik START > kemudian pilih Control Panel > pada kategori Program, kalian pilih Uninstall a Program. Disana kamu dapat melihat semua program dan aplikasi yang sudah terinstal di dalam PC kamu.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 komentar

Komentar Sobat yang masuk akan di Moderasi (tinjau) dan Kami proses untuk di Balas.
Terima Kasih untuk tidak Menggunakan SPAM dalam Komentar :)

HiStats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *