Post Slider

08 Januari 2017

Cara Mudah Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 10

Cara Mudah Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 10
LEVATRA.com - Seiring berjalannya waktu yang ditambah dengan terus meningkatnya pengguna Windows 10, Microsoft mencoba untuk selalu profesional sebagai perusahaan besar dengan menambahkan update-update terbaru untuk memperbaiki bug, menambah keamanan dan kenyamanan pengguna.

Hal yang wajar jika sebuah perusahaan terus memperbaharui pengalaman pengguna software-nya agar tetap maksimal dalam melakukan pengoperasian, karena sudah lama layanan ini diberikan pada pengguna seperti pengguna windows dalam versi-versi sebelumnya.

Memang tidak ada masalah bagi mereka yang mempunyai kuota internet lebih, tapi ini adalah mimpi buruk yang harus dilakukan bagi sebagian mereka yang hanya mempunyai kuota yang terbatas. Oleh karna itu artikel ini lebih ditunjukan bagi kamu yang sedang mengalami krisis kuota internet.

Cara 1 - Menggunakan Defer Upgrade

Defer Upgrade yaitu sebuah fitur yang dapat mencegah sistem untuk tidak mendownload dan menginstall update dari Windows 10 secara otomatis dalam jangka waktu maksimal 8 bulan. Cara ini lebih di khusus kan untuk kamu yang menggunakan Windows 10 Professional.

Berikut caranya:
  1. Klik START dan pilih Settings.
  2. Selanjutnya pilih menu Update & Security.
  3. Pada Windows Update, pilih Advanced options.
  4. Kemudian centang Defer upgrades.

Cara Mudah Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 10


Cara 2 - Mematikan / Menonaktifkan Layanan Windows Update

Cara ini sebenarnya tidak kami rekomendasikan karena layanan Windows Update dan Patch Update Security akan mati total. Namun cara ini cocok bagi kamu yang mempunyai kuota tipis, tapi jika sudah mempunyai kuota lebih maka langsung saja hidupkan / aktifkan layanan windows update ini kembali agar sistem operasi tetap berjalan normal.

*) Resiko mematikan layanan Windows Update adalah tidak dapat menggunakan Windows Store dan tidak bisa mendownload Modern Apps.

Berikut caranya:
  1. Klik START dan lakukan pencarian terhadap program View Local Services.
  2. Lakukan gulir ke bawah, klik kanan pada Windows Update dan pilih Properties.
  3. Kemudian klik tombol Stop pada Services status.
  4. Lalu pilih Disable pada Startup type.

Cara Mudah Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 10

Cara 3 - Menggunakan Group Policy

Menggunakan Group Policy dan memodifikasinya harus mendapatkan akses, tapi jika kamu pengguna Windows 10 Professional maka tidak usah khawatir. Cara ini termasuk cara yang memaksa sistem untuk menghentikan proses dari program Windows Update.

Berikut caranya:
  1. Buka Run dengan cara tekan tombol Win + R pada Keyboard > ketikan gpedit.msc dan tekan Enter.
  2. Buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.
  3. Kemudian kamu akan menemukan Configure Automatic Updates dan klik kanan > pilih Edit.
  4. Selanjutnya pada jendela baru, Pilih opsi Enable > pilih 2 - Notify for download and notify for install pada Configure automatic updating.
  5. Klik OK.

Cara Mudah Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 10

Dengan tiga cara diatas, kamu dapat menghemat kuota karena sudah menonaktifkan Windows Update yang terus menyedot kuota internet jika ada update terbaru.

Tapi jika kamu mempunyai kuota internet lebih, kami lebih merekomendasikan kamu untuk terus update Windows agar seluruh layanan dan fitur akan berjalan dengan normal dan tidak ada kendala. Bagikan trik ini kepada teman pengguna Windows 10 lainnya agar dapat menghemat kuota.

Jangan lupa berbagi kepada kami melalui kolom komentar dibawah jika kamu punya cara lainnya untuk menonaktifkan Windows Update.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak, sebagaimana menjadi Pengunjung yang Baik.
Terima Kasih untuk Tidak menggunakan kata yang mengandung SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats