Mengetahui Cara Kerja dan Fungsi Switch pada Jaringan Komputer - Levatra

25 Januari 2017

Mengetahui Cara Kerja dan Fungsi Switch pada Jaringan Komputer

Mengetahui Cara Kerja dan Fungsi Switch pada Jaringan Komputer
LEVATRA.com - Switch adalah salah satu Hardware dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer pada layer protokol jaringan. Komputer akan saling terhubung melalui kabel jaringan (UTP) yang mempunyai pusat pada switch. Switching dapat diartikan sebagai penguat sinyal pada jaringan komputer, sehingga dengan menggunakan perangkat Switch maka komputer akan dapat saling terhubung dengan komputer lain dengan jarak yang cukup jauh.

Switch juga berfungsi sebagai perangkat untuk menyaring (filter) paket yang ada disebuah jaringan LAN. Switch bekerja pada layer data link (layer 2) dan kadang-kadang bekerja di layer Network (layer 3) didasarkan pada lapisan OSI Model, sehingga dapat bekerja pada paket protokol apapun.

Switch dapat diartikan sebagai smart hub, dimana switch memiliki fungsi yang hampir sama. Tetapi switch lebih cerdas dan memiliki performa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Hub. Perangkat Switch biasanya menggunakan port RJ45 agar dapat terhubung dan harus menambahkan konektor yang sudah terhubung dengan kabel UTP.


LAN yang menggunakan switch untuk berkomunikasi di jaringan disebut Switched LAN atau dalam jaringan ethernet fisik disebut Switched Ethernet LAN.

Fungsi Switch

Switch berfungsi sebagai penguat sinyal jaringan komputer, namun juga sebagai penghubung antara komputer supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Switch memiliki beberapa port RJ45 sebagai port penghubung dengan perangkat lain.

Switch pada dasarnya memiliki fungsi sama seperti Hub, tetapi switch lebih canggih dibandingkan hub karena Switch dapat mengenali data alamat yang harus dikirim dan mampu mengatur lalu lintas data dalam jaringan dengan lebih baik daripada hub.

Switch juga merupakan titik percabangan dari proses transfer data sehingga jika Switch mengalami masalah maka seluruh proses transfer koneksi jaringan dan data akan terganggu.


Cara Kerja Switch

Switch mampunyai cara kerja yaitu dengan menerima dan menganalisis jenis paket data dari alamat pengirim sebelum diteruskan kepada tujuan.

Switch akan meneliti dan menganalisa satu per satu paket untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada paket tersebut agar mencegah terjadinya gangguan pada jaringan.

Switch akan mengalokasikan bandwidth secara penuh dan mengutamakan setiap port. Pengguna komputer akan selalu memiliki bandwidth secara penuh dan tidak peduli berapa banyak periode bandwidth yang beroperasi pada komputer yang terhubung dengan switch.

Switch beroperasi pada lapisan Data Link Dan setiap port memiliki swith collision domain Sendiri.

Kelebihan Switch

Switch merupakan perangkat yang mempunyai peran penting pada jaringan komputer, karena switch menjadi pusat lalu lintas jaringan. Apabila pada suatu saat switch mengalami gangguan maka semua aktivitas jaringan akan terganggu. Berikut ini adalah kelebihan dari switch:

  • Switch dapat memeriksa dan menganalisa paket-paket data yang diterima sebelum diteruskan kepada alamat tujuan.
  • Switch dapat menentukan alamat tujuan dan sumber paket data.
  • Switch dapat meneruskan paket data dengan cepat dan tepat.

Switch memiliki port yang cukup banyak untuk digunakan dan dihubungkan dengan perangkat lain. Switch mempunyai banyak varian jumlah port seperti memiliki 8 port, 16 port, 24 port, dll. Jadi semakin banyaknya jumlah port, maka semakin mahal pula harganya.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *