Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis-Jenisnya - Levatra

07 Februari 2017

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis-Jenisnya
LEVATRA.com - Awalnya komputer hanya digunakan secara mandiri oleh pengguna, sehingga akan sulit untuk berinteraksi dengan pengguna komputer lainnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan dunia komputer mengalami kemajuan serta meningkatnya kecanggihan dari perangkat komputer itu sendiri, sehingga pengguna dapat lebih mudah untuk terhubung dengan pengguna lain melalui jaringan komputer.

Kali ini kita sudah dimanjakan dengan kemewahan jaringan komputer seperti fasilitas internet yang biasanya kita nikmati. Namun dibalik semua itu, apa kamu tahu pengertian sebenarnya dari jaringan komputer, manfaat dan jenis-jenisnya?

Nah, pada artikel ini penulis akan menulis mengenai pertanyaan di atas.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem dimana ada dua atau lebih perangkat yang terhubung satu sama lain, untuk berbagi sumber daya seperti perangkat keras, data dan informasi. Jadi dengan jaringan komputer, pengguna dapat saling bertukar informasi dengan pengguna lain.

Misalnya melalui email atau chatting fasilitas lainnya, selain itu pengguna juga dapat berbagi sumber daya perangkat keras seperti printer, kamera atau perangkat keras lainnya.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer juga memiliki banyak manfaat yang sangat membantu dalam kehidupan kita, seperti yang sering kita lihat, yaitu:

  • Memudahkan pengguna untuk terhubung dengan pengguna lain. Seperti dijelaskan di atas, pengguna dapat bertukar informasi atau terhubung dengan pengguna lain. Saat ini sudah banyak fasilitas jaringan yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan pengguna lain, seperti E-Mail, Chatting Online, dan Video Chat. Selain itu pengguna juga dapat mengirim berbagai format file ke pengguna lain seperti teks, suara dan bahkan video.
  • Membantu kita mengirim data ke pengguna lain untuk lebih cepat dan lebih efisien.
  • Memungkinkan kita untuk mengakses informasi yang tersedia di internet, seperti mencari tugas sekolah, mencari berita terbaru atau bahkan mencari informasi tentang seseorang.
  • Memungkinkan kita untuk menggunakan hardware tunggal untuk banyak pengguna. Hal ini banyak digunakan di lembaga-lembaga dan perusahaan, sebagai contoh printer dapat digunakan oleh setiap pengguna komputer yang terhubung ke jaringan.



Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa jenis bila dilihat dari berbagai aspek.

Berdasarkan Jangkauan

  • LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang memiliki wilayah jangkauan cukup sempit, meliputi area gedung, sekolah, kantor dan lain-lain.
  • MAN (Metropolitan Area Network) memiliki jangkauan luas meliputi daerah perkotaan dan memiliki jarak sekitar 50 KM. MAN dapat terdiri dari beberapa LAN yang saling berhubungan.
  • WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang memiliki cakupan area yang luas meliputi antara negara dan bahkan antar benua.
  • Internet (Interconnection Networking) adalah jaringan yang yang memiliki akses tak terbatas, serta cakupan regional di seluruh dunia.

Berdasarkan Penggunaan

  • Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana semua perangkat yang terkandung di dalamnya memiliki fungsi yang sama sebagai klien pada server yang sama, sehingga setiap komputer bisa menjadi penyedia sumber daya dan memanfaatkan sumber daya.
  • Client Server berbeda dengan Peer to Peer, jaringan yang memiliki satu server dan memiliki banyak klien yang terhubung ke server, menjadikan server sebagai pusat jaringan. Fungsi komputer Server menyediakan sumber daya yang dibutuhkan sementara Klien adalah pihak untuk mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut.


Berdasarkan Media Transmisi

  • Kabel (menggunakan kabel) adalah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan kabel sebagai media transmisi.
  • Wireless (nirkabel / tanpa kabel) adalah jaringan komputer yang menggunakan media nirkabel, jaringan nirkabel menggunakan sinyal gelombang untuk media transmisinya.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats