Mengetahui Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi

Post Slider

23 Maret 2017

Mengetahui Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi

Mengetahui Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi
LEVATRA.com - Mungkin dari kita belum mengetahui apa itu perbedaan antara 32-bit dan 64-bit dalam sebuah sistem operasi. Sebagian besar pengguna perangkat elektronik seperti komputer dan laptop menggunakan sistem operasi Windows, selain tampilannya sederhana tapi juga sangat bersahabat dengan pengguna baru perangkat tersebut. Nah, disini kita akan membahas mengenai perbedaan antara 32-bit dan 64-bit pada Sistem Operasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi Windows mempunyai dua versi bit yang berbeda dan itu mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing, karena dibuat dan didesain untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda antara satu pengguna dan pengguna lainnya.

Pertanyaannya adalah apa perbedaan dari dua versi bit tersebut?

Banyak yang menyebut bahwa sistem operasi 32-bit yang lebih unggul, ada juga yang menyebut sebaliknya. Tapi mereka pun tidak mengerti dengan baik apa perbedaan antara kedua versi tersebut. Untuk itu kita akan bahas bersama di dalam artikel ini.

Apa Perbedaan Antara 32-bit dengan 64-bit?

Dibawah ini ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok dan dapat jadikan referensi bagi kamu yang sedang bingung dalam menentukan sistem operasi dengan versi bit berapa yang akan dipasang untuk perangkat komputer.

1. Kapasitas RAM yang Dapat Digunakan

Hal yang paling terlihat perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit adalah kapasitas RAM yang dapat digunakan. Berikut perbedaannya :

  • 32-bit tidak dapat menampung kapasitas RAM diatas 4GB
Alasan 32-bit tidak direkomendasikan bagi perangkat dengan kapasitas RAM diatas 4GB, karena sistem operasi 32-bit itu di desain bagi perangkat dengan spesifikasi low-end dan hanya mampu menampung kapasitas maksimal sekitar 3,2GB.

Jika kamu paksakan untuk memasang kapasitas RAM diatas 4GB pada sistem operasi 32-bit, maka sistem operasi itu hanya dapat membaca maksimal 3,2GB bukan 4GB atau diatasnya.

  • 64-bit dapat menampung kapasitas RAM diatas 4GB
Berbanding terbalik dengan 32-bit, pada sistem operasi Windows 64-bit ini dapat menampung bahkan lebih direkomendasikan bagi pengguna perangkat dengan kapasitas RAM diatas 4GB. 64-bit di desain bagi pengguna dengan kebutuhan yang berat seperti bermain game atau rendering video.


2. Kinerja yang Berbeda

Seperti yang kita semua tau, bahwa sistem operasi Windows 64-bit adalah versi bit terbaru dan secara otomatis dalam sistemnya pun lebih canggih jika dibandingkan dengan 32-bit. Hal tersebut sangat jelas membuat perbedaan kinerja antara Windows 64-bit yang lebih baik daripada 32-bit bila dibandingkan dengan hardware yang sama.

3. Kemampuan Mengolah dan Membaca Data

Selain kinerja sistem yang berbeda, perbedaan antara 32-bit dan 64-bit lainnya yaitu terletak pada kemampuan untuk pengolahan dan membaca data. Hampir sama dengan nomor dua diatas, hal ini dipengaruhi karena 64-bit dengan teknologi yang lebih baru dan menyesuaikan dengan penggunanya.

Kemampuan yang dimiliki 64-bit untuk memproses data lebih besar dibanding 32-bit. Maka membuat perintah mengeksekusi lebih cepat, namun balik lagi kepada dukungan hardware yang canggih pula. Jika kamu memiliki hardware yang memadai, maka lebih baik untuk menggunakan 64-bit.

4. Kompatibilitas Software

Kelebihan lainnya yang mungkin sangat terlihat adalah tingkat kompatibilitas software. Jika kamu belum mengetahui letak perbedaan kedua versi tersebut, silahkan simak informasi berikut :

  • 32-bit hanya dapat menjalankan arsitektur software 32-bit.
Dengan teknologi yang lebih lama dibandingkan dengan 64-bit, maka kemampuannya untuk menjalankan software atau perangkat lunak dengan arsitekturnya pun hanya versi 32-bit saja.

  • 64-bit dapat menjalankan arsitektur software 64-bit dan 32-bit.
Kembali lagi pada teknologi 64-bit yang lebih baru, maka dapat menjalankan software dengan arsitektur baik itu 64-bit maupun 32-bit.

Kesimpulan

Dari uraian dari informasi diatas, sekarang kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara 32-bit dan 64-bit yaitu terletak pada kebutuhan pengguna. Jika kamu pengguna komputer dengan spesifikasi mumpuni dan kebutuhannya pun tidak hanya sekedar mengerjakan tugas, tapi bermain game dan rendering video, maka lebih direkomendasikan untuk menggunakan sistem operasi 64-bit.

Tapi, jika komputer kamu memiliki hardware yang biasa-biasa saja, maka gunakan versi 32-bit karena sudah dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak, sebagaimana menjadi Pengunjung yang Baik.
Terima Kasih untuk Tidak menggunakan kata yang mengandung SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats