Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus - Levatra

14 September 2017

Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus
Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

Dalam menggunakan sebuah perangkat lunak atau software komputer, pasti ada saja kendala yang kita hadapi. Tidak terkecuali kendala pun bisa terjadi pada saat proses edit, penambahan serta penghapusan berkas-berkas komputer. Salah satu kendala yang biasa terjadi adalah file atau berkas tidak bisa dihapus.


Tujuan melakukannya penghapusan berkas adalah agar tidak membebani penyimpanan data. Selain itu, jika ada berkas yang tidak dapat dihapus rasanya akan mengganggu secara tampilan, apalagi berkas tersebut tampil pada layar desktop.


Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

Bagi kamu yang mengalami hal serupa, silahkan ikuti lima tips dibawah ini yang dapat kamu lakukan sendiri agar dapat menyelesaikan masalah tersebut.


1. Restart / Hidupkan ulang Komputer

Tips yang cukup gampang, yaitu kamu hanya perlu melakukan restart atau hidupkan ulang komputer. Hal ini bertujuan untuk menutup semua aplikasi yang terbuka saat itu, sehingga aplikasi pada berkas yang tidak bisa dihapus tadi akan menutup dengan sendirinya.


Ketika sudah dalam keadaan hidup kembali, cobalah untuk menghapus berkasnya.


2. Tutup Program yang berjalan

Sebenarnya ini bukan tips, tetapi langkah wajib. Karena pada dasarnya berkas yang masih terbuka, tidak akan pernah bisa dihapus sebelum berkas tersebut ditutup. Jadi, intinya sebelum menghapusnya kamu perhatikan berkas tersebut apakah masih terbuka.


Aplikasi yang membuka berkas berjalan, akan selalu meminta izin kepada pengguna untuk menutupnya terlebih dahulu. Tampilan layarnya seperti berikut.


Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

3. Melalui Safe Mode

Mode aman atau Safe Mode merupakan fitur bawaan yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Kegunaan safe mode ini cukup banyak dan paling sering digunakan saat sistem operasi mengalami kendala, salah satu kendalanya adalah file tidak bisa dihapus.


Untuk masuk ke safe mode pun setiap merk laptop atau komputer bisa saja berbeda tergantung pada komponen papan induk atau motherboard yang digunakan.


Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

4. Tutup Program melalui Task Manager

Tips gampang selanjutnya adalah dengan melalui program bawaan Task Manager. Jika kita sudah melakukan tips kedua, tapi tidak ada program berjalan yang terlihat pada menu taskbar. Maka kita gunakan program task manager untuk melihat semua program yang sedang berjalan didepan maupun belakang layar.


Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti langkah dibawah ini.
  1. Buka Task Manager, dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih menu "Task Manager".
  2. Setelah task manager terbuka, pada tab Processes cari dan lihat aplikasi yang berhubungan dengan berkas yang tidak bisa dihapus tersebut. Untuk contoh berkas yang tidak bisa saya hapus itu adalah Laporan.docx dan format berkas tersebut adalah Microsoft Word, maka yang program yang harus ditutup adalah Microsoft Word.
  3. Selanjutnya klik kanan pada program tadi dan pilih menu End task, contoh program Microsoft Word seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghapus File Komputer yang Tidak Bisa Dihapus

Kesimpulan

Sebuah berkas atau folder yang tidak bisa dihapus biasanya dikarenakan oleh program yang masih terbuka, sehingga kita tidak bisa melakukan penghapusan berkas tersebut. Dengan beberapa cara diatas bisa kamu lakukan sendiri agar masalah tersebut dapat diatasi.

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats