10 Tips Belajar dan Memahami Komputer Dasar Untuk Pemula

Post Slider

31 Maret 2017

10 Tips Belajar dan Memahami Komputer Dasar Untuk Pemula

10 Tips Belajar dan Memahami Komputer Dasar Untuk Pemula
LEVATRA.com - Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat mempermudah pekerjaan manusia karena mempunyai logika yang pintar dan selalu berkembang. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini hampir seluruh pekerjaan sudah menggunakan komputer, mulai dari mengerjakan tugas sekolah dan kantor. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk memulai belajar komputer sejak dini, karena teknologi semakin berkembang.

Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka kita harus menyeimbangkan diri untuk ikut berkembang memahami teknologi tersebut. Untuk belajar dan memahami komputer, kami berhasil merangkum beberapa tips yang bisa kamu coba dan praktikan dibawah ini.

1. Santai dan Jangan Terlalu Panik

Belajar komputer dasar akan mengabiskan waktu hanya untuk mengetik dan terus belajar, sehingga akan menemui titik bosan. Untuk itu, santai saja dan jangan terlalu panik, cobalah hal lain seperti bermain game, mendengarkan musik atau menonton film. Kuncinya adalah semakin kamu rajin belajar komputer, maka akan semakin cepat pula menguasainya.

Baca juga : Tips Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer.

2. Tidak Malu Bertanya

Jika kamu sudah tertinggal dalam hal menguasai teknologi komputer, mungkin ada rasa malu ketika hendak bertanya mengenai masalah apa yang sedang kita hadapi. Cobalah untuk menghindari rasa malu itu, seperti peribahasa "malu bertanya, sesat dijalan". Jika kita malu dan tidak bertanya, lalu kapan kita akan bisa?.


3. Jangan Takut Mencoba

Tidak sedikit orang yang takut untuk mencoba hal yang belum atau jarang mereka lakukan dan berfikir "takut rusak". Bagi kamu yang mempunyai pikiran seperti itu, maka akan jauh lebih sulit untuk memahami cara mengoperasikan komputer dengan baik. Jangan takut untuk mencoba, karena kesalahan adalah guru terbaik jika kita belajar dari kesalahan tersebut.

4. Jadilah Diri Sendiri

Jangan membandingkan kemampuan diri sendiri dengan orang lain yang lebih cerdas, semua orang memiliki pengalaman yang sama saat belajar menggunakan komputer, walaupun memiliki tujuan yang berbeda seperti ingin menguasai pemrograman atau desain. Mungkin saja jika kamu terus belajar, bisa melebihi kemampuan dari orang lain yang lebih cerdas tersebut.

Cobalah untuk memahami tujuan kita belajar komputer, misalkan tujuannya untuk menguasai dunia desain. Maka mulai mencoba untuk menggambar hal-hal dasar seperti sketsa. Atau ingin menjadi seorang programmer web, maka pelajari hal-hal yang berbau Internet.

5. Gunakan Komputer Sendiri

Jauh lebih mudah dan menyenangkan, jika dalam proses pembelajaran menggunakan komputer milik sendiri. Namun bagi kamu yang tidak memiliki perangkat komputer sendiri, maka tidak usah menghindar karena masih bisa belajar menggunakan komputer teman, saudara atau warnet yang bisa kita temui.

Menggunakan komputer sendiri memiliki banyak keuntungan, seperti.
  • Lebih konsentrasi, karena tidak dikejar waktu.
  • Dapat menentukan jadwal proses belajar.
  • Tidak memiliki perasaan yang membuat khawatir, seperti takut rusak.
  • dan lain sebagainya.

6. Mengetahui Dasar Komputer

Kita semua sepakat bahwa komputer sangat berguna bagi kehidupan kita. Banyak bidang-bidang pekerjaan yang menggunakan komputer seperti bidang medis sampai pemerintahan sekalipun. Dalam mempelajari ilmu apapun pasti ada dasar atau pondasinya, tidak terkecuali belajar komputer untuk pemula.

Dalam elemen dasar komputer, ada tiga komponen yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan, yaitu.

a. Hardware (perangkat keras).

Hardware adalah perangkat fisik yang bisa kita sentuh, seperti.
  • Monitor.
  • CPU (central processing unit).
  • Mouse.
  • Keyboard.
  • Printer.
  • dan lain-lain.

b. Software (perangkat lunak).

Software adalah perangkat yang tidak bisa disentuh secara fisik, seperti.
  • Sistem operasi, seperti Windows, Linux, dll.
  • Aplikasi, seperti Microsoft office, Antivirus, Winamp, dll.
  • Program. seperti Command Prompt, dll.
  • dan lain-lain.

c. Brainware (pengguna).

Brainware adalah sebutan bagi pengguna yang menggunakan komputer.


7. Mempelajari Shortcut Dasar

Shortcut adalah jalan pintas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi atau perintah. Banyak macam-macam shortcut, salah satunya yaitu Shortcut Keyboard. Tujuan dari Shortcut Keyboard adalah untuk mempercepat membuat perintah dengan menggunakan tombol keyboard, sehingga tidak memerlukan banyak klik mouse. Berikut beberapa contoh dasar dari Shortcut Keyboard.

  • Tombol CTRL + C (untuk menyalin item).
  • Tombol CTRL + X (untuk memotong atau memindahkan item).
  • Tombol CTRL + V (untuk meletakan item yang sudah di salin atau potong).
  • Tombol DELETE (untuk menghapus item, tapi masih ada di Recycle Bin).
  • Tombol SHIFT + DELETE (untuk menghapus item secara permanen).
  • Tombol CTRL + A (untuk memblok atau pilih semua).
  • dan lain-lain.

Baca juga : 23 Shortcut Dasar Keyboard Windows yang Wajib Kamu Ketahui.

8. Mulai Membuat Dokumen

Jika kita sudah mengetahui beberapa tips diatas, maka cobalah untuk membuat dokumen baru menggunakan software Microsoft Office Word. Perhatikan tombol-tombol pada keyboard agar lebih bersahabat dan terbiasa. Pelajari pula beberapa icon pada Microsoft Office Word yang memiliki fungsi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Tips Cepat Belajar Mengetik 10 Jari dengan Mudah.

9. Kegigihan dan Kesabaran

Ketekunan dari diri kita sendiri memiliki peran cukup besar dalam memahami dan mempelajari cara memaksimalkan kinerja saat menggunakan komputer. Ketekunan bisa membuat kita terbiasa di beberapa bidang. Selain ketekunan, kesabaran juga diperlukan dalam awal proses belajar komputer. Tingkat frustrasi bisa muncul ketika kita mengalami kesulitan dalam menemukan dan menggunakan sesuatu pada sistem komputer.

Semua orang akan merasa sulit dan frustasi pada tahap awal belajar bagaimana menggunakan komputer, karena semua orang ingin menguasai komputer dengan cepat.

10. Terus Berlatih dan Berusaha

Semakin kamu berlatih, maka keterampilan komputer akan terasah, gunakan waktu luang untuk beradaptasi dengan komputer, menggunakan fasilitas internet untuk membantu dalam proses belajar komputer karena banyak tips dan trik. Pada saat yang sama ilmu-ilmu baru yang kamu mungkin tidak tahu di internet.

Jangan malu untuk mengulang hal-hal kecil yang Anda sudah tahu tentang komputer, langkah yang cerdas untuk memperkuat memori tentang hal itu. Terus mengulangi sampai benar-benar yakin telah menguasainya dengan baik, lupa adalah hal naluriah tapi kesediaan kamu untuk mencoba yang luar biasa.

Tentang Penulis

Artikel Terkait

0 Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak, sebagaimana menjadi Pengunjung yang Baik.
Terima Kasih untuk Tidak menggunakan kata yang mengandung SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats