Mengetahui Penyebab dan Mengatasi Blue Screen pada Windows - Levatra -->

23 Januari 2017

Mengetahui Penyebab dan Mengatasi Blue Screen pada Windows

Mengetahui Penyebab dan Mengatasi Blue Screen pada Windows

Baca juga:

Mengetahui Penyebab dan Mengatasi Blue Screen pada Windows
LEVATRA.com - Bagi pengguna sistem operasi Windows mungkin pernah atau sering mengalami blue screen, baik itu di komputer desktop atau laptop. Blue screen atau juga disebut BSOD (Blue Screen of Death) dapat terjadi karena software atau hardware pada komputer mengalami crash atau konflik sehingga ada kesalahan fatal pada sistem Windows yang mengarah pada blue screen dengan menampilkan beberapa pesan kesalahan.

Dengan pesan Blue screen pada komputer akan sangat mengganggu dan jika sering terjadi, tentu akan membuat pengguna merasa kesal, terutama jika pada saat itu Anda sedang bekerja dan blue screen terjadi kemudian Anda mungkin kehilangan data Anda. Jika blue screen terjadi maka tidak ada pilihan lain selain me-restart atau mematikan komputer secara langsung.

Di bawah ini, penulis akan menjelaskan bagaimana blue screen dapat terjadi dan beberapa solusi untuk mengatasi blue screen yang bisa Anda ikuti dengan cara yang cukup mudah.

Penyebab Blue Screen

Blue screen terjadi ketika sistem windows mengalami kesalahan sistem komputer. Beberapa hal yang menyebabkan Blue Screen of Death terjadi karena konflik dan crash pada driver atau file yang mengalami kerusakan pada sistem windows.

Pemasangan hardware yang tidak sesuai pada komputer juga dapat menyebabkan blue screen, serta instalasi software yang tidak mendukung sistem windows juga dapat menyebabkan crash pada sistem sehingga blue screen dapat terjadi.

Mengetahui Penyebab dan Mengatasi Blue Screen pada Windows
contoh tampilan blue screen pada windows 10

Konflik berikutnya seperti terjadinya kesalahan pada RAM, Hard disk yang memiliki bad sector, konektor kabel tidak terpasang dengan benar atau kerusakan port komputer.


Cara Mengatasi Blue Screen

1. Lakukan System Restore

Jika kamu mengalami masalah blue screen untuk pertama kalinya, maka kamu dapat memperbaikinya dengan cara mengembalikan sistem ke keadaan sebelumnya atau di mana saat masalah blue screen belum terjadi.


2. Periksa Hardware Komputer

Selanjutnya kamu dapat mencoba memeriksa atau membersihkan hardware komputer, perhatikan pemasangan memori RAM yang telah terpasang, serta hard disk dan instalasi hardware lainnya, pastikan tidak ada perangkat yang tidak terpasang dengan benar dan longgar.


3. Update Driver

Driver yang Anda instal di komputer mungkin sudah usang atau lama atau terjadi karena file yang mengalami corrupt (rusak) maka driver yang mengalami konfik dan tidak mendukung lagi oleh sistem windows.

Untuk mengatasinya Anda harus memperbarui driver atau mencoba untuk meng-uninstall driver dan kemudian menginstal lagi, dengan cara ini Anda akan dapat memperbaiki file driver yang mengalami corrupt atau rusak.

4. Bersihkan dari Virus dan Malware

Virus atau varian dari malware lain bisa menyerang sistem windows pada komputer, terutama jika komputer Anda tidak menggunakan sistem keamanan yang baik, seperti instalasi anti-virus atau anti-malware pada komputer sehingga jika serangkaian kode berbahaya berhasil menyusup sistem Anda, bukan tidak mungkin juga virus akan merusak sistem file atau registry windows Anda.

Untuk memperbaiki ini Anda harus menggunakan antivirus atau anti malaware, melakukan scanning pada semua file untuk membersihkan dan memperbaiki sistem dari gangguan virus atau malware.

5. Instal Ulang Windows

Berikutnya jika cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah blue screen, berikutnya Anda harus melakukan perbaikan Windows, untuk memperbaiki file windows yang masalah seperti file registry dan file dukungan windows yang telah rusak atau corrupt.

Untuk memperbaikinya, Anda harus melakukan perbaikan sistem operasi dengan menggunakan CD / DVD atau flashdisk berisi file instalasi sistem operasi Windows yang ingin Anda gunakan.


Restart pengaturan bios untuk boot lead pertama pada CD / DVD atau flashdisk dari instalasi windows Anda, selanjutnya pilih perbaikan untuk memperbaiki sistem operasi windows Anda. Sehingga file atau jendela sistem registry yang sebelumnya bermasalah akan diperbaiki.

Pada artikel ini menjelaskan bagaimana bluescreen dapat terjadi dan cara mengatasinya, dengan ditulisnya artikel ini saya berharap bluescreen Anda dapat normal kembali, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Apa tanggapanmu tentang artikel diatas?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats