Memahami Apa Itu Bandwidth, Cara Kerja dan Fungsinya - Levatra

18 Januari 2018

Memahami Apa Itu Bandwidth, Cara Kerja dan Fungsinya

Memahami Apa Itu Bandwidth, Cara Kerja dan Fungsinya

Baca juga:

Memahami Apa Itu Bandwidth, Cara Kerja dan Fungsinya

Apa itu Bandwidth? Mungkin itu pertanyaan yang sering muncul dibenak kalian yang sama sekali tidak tahu pengertian, cara kerja dan fungsinya secara lengkap. Namun, bagi yang sering berselancar di Internet atau kerja yang berhubungan dengan hal itu, mungkin tidak asing lagi dengan kata bandwidth.


Bagi kamu yang belum paham fungsi yang luas dari bandwidth, silahkan simak sedikit penjelasannya berikut.


Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah konsumsi yang digunakan ketika adanya transfer data dalam bentuk bit/second atau bit per detik (bps), antara server dengan client dalam waktu tertentu. Atau definisi lainnya yaitu bandwidth adalah rentang frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam transmisi medium.


Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kapasitas maksimum bandwidth pada jalur komunikasi digunakan untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Jadi, fungsi bandwidth adalah untuk menghitung data yang dikirim.


Bandwidth dalam jaringan komputer sering digunakan sebagai kata sinonim untuk Data Transfer Rate atau jumlah data yang dikirimkan dari satu titik ke titik lain dalam waktu tertentu (biasanya dalam detik).


Jika kita menggunakan koneksi LAN 100 mbps (local area network), yang berarti dapat melakukan transaksi data maksimal 100 megabit per detik (mbps). Atau modem yang bekerja dalam 57.600 bps memiliki bandwidth 2 kali lebih besar dari modem yang bekerja dalam 28.800 bps.


Jika komputer memiliki jaringan dengan bandwidth yang besar atau tinggi, maka komputer tersebut memungkinkan untuk mengirim foto, video atau streaming video.


Berikut ilustrasi singkat dari bandwidth:


Memahami Apa Itu Bandwidth, Cara Kerja dan Fungsinya
(sumber: http://qilat.id)

Pengertian Bandwidth Digital dan Analog

Dalam jaringan komputer, bandwidth dibagi menjadi dua jenis; digital dan analog, berikut penjelasannya.


  • Bandwidth digital, volume atau kuantitas data (dalam bps atau bit per detik) pada jaringan yang dapat dikirim melalui saluran komunikasi tanpa distorsi.
  • Bandwidth analog, memiliki perbedaan frekuensi antara frekuensi terendah dan tertinggi dalam rentang frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz), dan dapat menentukan jumlah informasi data yang dapat di transmisikan.

Kesimpulan

Dengan penjelasan mengenai bandwidth diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bandwidth adalah istilah dari jumlah data yang akan dikirimkan satu perangkat jaringan ke jaringan lainnya. Atau dapat memiliki arti, kemampuan maksimum transfer data yang dapat dilakukan oleh sebuah perangkat jaringan komputer.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats