Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna - Levatra -->

21 Mei 2020

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna

Baca juga:

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna
Selama pandemi COVID-19, masyarakat di dunia cenderung lebih menjaga diri dengan jarang keluar rumah demi memutus rantai penyebaran virus tersebut. Banyak aktivitas yang tertunda, seperti bekerja seperti biasanya, belajar di sekolah, liburan, dan lainnya.

Banyaknya aktivitas masyarakat dalam menggunakan sosial media, didukung dengan keadaan pandemi corona. Hal tersebut menjadi salah satu faktor meningkatnya cyber bullying, membuat pengguna medsos lainnya sakit kepala sampai terganggunya kesehatan mental.

Isu kesehatan mental pun semakin gencar dibahas di berbagai media sosial, tidak terkecuali Instagram. Baru-baru ini, Instagram menanggapi serius isu tersebut dengan merilis sebuah fitur baru bernama 'Guides'.

Apa itu fitur Guides?

Fitur guides dirilis dengan tujuan untuk mencegah cyber bullying yang semakin menjadi sorotan dunia kesehatan, terutama kesehatan mental. Keseriusan Instagram dalam mengantisipasi aktivitas bullying terhadap penggunanya, membuat Instagram bekerja sama dengan berbagai pihak.

Saat ini, Instagram sudah bekerja sama dengan aktris kaum milenial yaitu Ariel tatum. Fitur guides bisa kita lihat langsung di akun @arieltatum, letak ikonnya antara ikon Posts dan Tags.

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna

Selain fitur guides, ternyata ada beberapa fitur lainnya yang sama bermanfaatnya loh untuk menjaga kesehatan mental pengguna Instagram, mari kita bahas satu persatu.

Manage Comments

Fitur baru lainnya yang diluncurkan adalah Manage Comments. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengatur komentar-komentar negatif di postingan kamu sendiri, seperti menghapus, memblokir atau membatasi akun orang lain.

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna

Sehingga komentar atau akun yang membuat kita menjadi tidak nyaman bisa kita singkirkan. Fitur ini sangat berguna, karena kolom komentar merupakan bagian yang paling sensitif dalam media sosial.

Tag and Mention Controls

Fitur terakhir yang sama bergunanya, yaitu Tag and Mention Controls. Seperti namanya, fitur tersebut dapat mengendalikan siapa saja yang melakukan tag atau mention pada akun kita. Sehingga tidak bisa sembarang orang yang dapat menandai kita dalam postingan atau story-nya.

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna

Tidak sedikit kasus akun kita ditandai oleh akun-akun yang tidak kita kenal, baik itu untuk mempromosikan akunnya atau hanya sekedar panjat sosial. Akun-akun yang melakukan spam tag atau mention terhadap akun kita, akan dengan mudah kita atur.

Pin Your Favorite Comment

Selanjutnya ada fitur Pin Your Favorite Comment, dimana kamu dapat menentukan atau memilih komentar yang kamu sukai untuk disematkan pada komentar paling atas. Sehingga komentar-komentar negatif dapat teralihkan oleh komentar yang disematkan tersebut.

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Jaga Kesehatan Mental Pengguna

Komentar yang kita sematkan akan berada di posisi komentar teratas daripada komentar-komentar lainnya yang tidak kita sematkan. Jika kamu sering berkunjung ke YouTube, mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur ini.

Instagram meluncurkan keempat fitur diatas demi mencegahnya aktivitas bullying antar sesama penggunanya yang kian hari makin marak terjadi.

Bagi kamu yang belum tahu bahayanya jika kesehatan mental seseorang terganggu, silahkan baca pengertian Kesehatan Mental. Dalam artikel tersebut, sudah tertulis lengkap apa saja gejalanya, penyebab, faktor risiko, diagnosis, bagaimana pencegahannya, dan juga cara pengobatannya.

Di halodoc.com kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter yang berpengalaman, bisa janji dokter di Rumah Sakit, layanan beli obat serta rekomendasinya, dan masih banyak fitur unggulan lainnya. Selain artikel tentang kesehatan mental, kamu bisa membaca banyak artikel mengenai kesehatan lainnya.

Mari kita menjadi bagian pengguna internet yang cerdas dan bijak, karena bagaimana pun sosial media itu adalah dunia kedua bagi kita untuk terhubung dan bersilaturahmi dengan orang lain. Kini masa depanmu tergantung bagaimana jempolmu.

Maka, jadilah pengguna media sosial yang bijak yaa, guys!

Artikel Lainnya

0 Komentar

Komentar tidak langsung ditampilkan, namun dimoderasi agar dapat ditinjau dan dibalas oleh Admin.

Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats