Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstal Sistem Operasi - Levatra

20 Januari 2017

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstal Sistem Operasi

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstal Sistem Operasi
LEVATRA.com - Sistem operasi mempunyai peran yang sangat penting pada perangkat elektronik, karena mereka penghubung antara pengguna dengan perangkat lunak agar berjalan sesuai dengan fungsinya. Namun jika sistem operasi tersebut mengalami kegagalan atau "rusak", maka jalan terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memasang atau menginstal kembali sistem operasi agar perangkat dapat dipergunakan kembali oleh penggunanya.

Sebelum melakukan proses instal ulang, alangkah lebih baiknya perhatikan dulu peralatan hardware dan software yang perlu dipersiapkan. Lalu apa yang biasa kamu lakukan setelah selesai menginstal sistem operasi pada Windows?

Sebagian besar orang yang masih awam menginstal sistem operasi pasti akan mengalami kebingungan setelah menginstalnya, seperti bingung software atau program apa yang akan diinstal terlebih dahulu. Apa kamu termasuk? jika iya, pada artikel ini penulis akan berikan tips mengenai hal tersebut :

1. Instal Driver

Driver adalah software sebagai pendukung perangkat lunak dengan kinerja hardware yang ada di komputer. Biasanya perangkat tertentu tidak terdeteksi oleh windows, jadi kita harus secara manual menginstal driver untuk perangkat pada komputer agar dapat berjalan dan kompatibel dengan Windows.

Untuk melihat perangkat apa saja yang membutuhkan driver, kamu dapat pergi ke menu Device Manager di Control Panel. Kemudian akan muncul daftar perangkat yang sudah terpasang di komputer, jika ada perangkat dengan icon "tanda tanya (?)" Berarti kita harus melakukan instalasi driver pada perangkat tersebut.

Ketika kita membeli laptop atau komputer baru, kita pasti akan disediakan CD driver yang selanjutnya kamu tinggal menginstal driver untuk itu. Tapi jika kita tidak memiliki CD driver, kamu dapar men-download driver melalui website resmi dari perangkat tersebut.


2. Instal Antivirus

Pemasangan harus dilakukan sebelum banyak perangkat lainnya yang dipasang pada komputer. Antivirus memberikan perlindungan untuk komputer dari serangan virus, trojan, malware dan gangguan lain yang dapat mengganggu kinerja sistem operasi

Pemilihan antivirus juga harus memenuhi beberapa hal:.

  • Tingkat keamanan dan kemampuan antivirus.
  • Kemudahan layanan yang termasuk dalam update antivirus.
  • Sesuaikan kemampuan antivirus dari komputer Anda.

3. Instal Aplikasi

Lanjutkan dengan instalasi aplikasi yang dianggap penting, berguna dan perlu. Jadi jika kita bisa meminimalkan aplikasi yang tidak diperlukan, pekerjaan komputer akan lebih ringan dan prosesnya akan lebih cepat karena sedikitnya aplikasi yang terinstal.

Hindari menginstal aplikasi dengan fungsi yang sama, seperti menginstal aplikasi Mozilla firefox dan Google chrome karena kedua aplikasi tersebut memiliki kegunaan yang sama, yaitu untuk browsing.

Berikut aplikasi yang perlu diinstal :
  • Microsoft Office (Word, Excel, Power Point, dll).
  • WinRAR, Winzip atau 7zip.
  • PDF Reader.
  • Web Browser (Chrome, Mozilla, dll).
  • Dan yang diperlukan lainnya, seperti aplikasi pemutar musik atau video.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *