5 Tips Ampuh Perpanjang Usia Baterai Smartphone Agar Awet - Levatra

29 Mei 2017

5 Tips Ampuh Perpanjang Usia Baterai Smartphone Agar Awet

5 Tips Ampuh Perpanjang Usia Baterai Smartphone Agar Awet

Setiap merk smartphone akan memiliki kapasitas daya baterai yang berbeda, hal tersebut diperhitungkan berdasarkan beberapa faktor dan salah satunya adalah berdasarkan fungsinya. Kini, smartphone hadir dengan kapasitas daya baterai yang lebih besar dan selalu bertambah, demi kenyamanan pengunanya. Berkurangnya daya baterai bisa dipengaruhi oleh internet, panggilan telepon, mendengarkan musik, bermain game, dan lain-lain.


Seiring dengan lamanya pemakaian ponsel oleh pengguna, masa pakai baterai pun akan mengalami penurunan kualitas dan daya. Apalagi ponsel tersebut sering digunakan untuk memainkan aplikasi atau game berat, dibarengi dengan pengisian daya. Hal tersebut tentu saja mengurangi kualitas baterai dan tidak akan tahan lama lagi.


Tips Perpanjang Usia Baterai Smartphone

Jika kamu mempunyai hobi bermain game di smartphone, tapi takut jika baterai akan mengalami penurunan kualitas sampai terjadinya kerusakan. Beberapa tips dibawah ini bisa kamu coba untuk mencegah terjadinya hal tersebut.


1. Menurunkan Kecerahan Layar

Seperti halnya tingkat kecerahan lampu dirumah kita akan mempengaruhi daya watt yang terpakai. Sama juga dengan tingkat kecerahan layar smartphone, semakin tinggi maka semakin menguras daya baterai.


Cobalah untuk menurunkan tingkat kecerahan layar, atau gunakan tingkat kecerahan layar secara otomatis jika smartphone yang kamu pakai punya fitur tersebut. Selain untuk perpanjang usia baterai, kecerahan cahaya layar yang tinggi juga akan membuat mata cepat lelah.


Cara menurunkan kecerahan layar :
  1. Buka Pengaturan ponsel.
  2. Lalu pilih menu Tampilan.
  3. Pada Tingkat kecerahan, geser pointer ke tingkat gelap dan bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Menurunkan Waktu Tidur Ponsel

Selain menurunkan tingkat kecerahan layar, tips yang satu ini juga masih berhubungan dengan layar, yaitu menurunkan waktu tidur ponsel. Seperti yang kita ketahui, bahwa fitur Tidur otomatis pada ponsel sudah lama hadir dan sangat membantu bagi kamu yang suka lupa untuk menonaktifkan layar.


Fitur Tidur otomatis ini berfungsi untuk menghemat daya baterai jika sedang tidak digunakan. Cara kerjanya yaitu layar ponsel akan mati secara otomatis dalam waktu tertentu sejak tidak ada aktifitas lagi.


Cara menurunkan waktu tidur :
  1. Buka Pengaturan ponsel.
  2. Lalu pilih menu Tampilan.
  3. Pada menu Tidur, silahkan pilih waktu tidur otomatis sesuai dengan kebutuhan, lebih direkomendasikan kurang dari 1 menit.


3. Nonaktifkan WiFi

Jika kamu sering menggunakan wifi untuk koneksikan ponsel ke internet, maka gunakanlah sebutuhnya saja. Jika wifi sedang tidak digunakan, maka nonaktifkan fitur wifi tersebut. Hal tersebut dikarenakan fitur wifi akan terus mencari sinyal, walaupun sedang tidak kita gunakan.


Cara menonaktifkan WiFi :
  1. Buka Pengaturan ponsel.
  2. Pada Wi-Fi di Jaringan & nirkabel, tekan tombol Aktif sampai berubah menjadi Mati.

4. Nonaktifkan Bluetooth

Fungsi dari fitur bluetooth adalah untuk melakukan transmisi data atau pengiriman data. Kini, fungsi bluetooth bukan hanya untuk mengirim file atau data, bisa juga untuk menghubungkan ponsel ke perangkat lain seperti music player.


Walaupun tidak terlalu banyak menggunakan daya baterai, namun tetap saja akan mengurangi kualitas baterai jika terus aktif dan tidak digunakan.


Cara menonaktifkan bluetooth :
  1. Buka Pengaturan ponsel.
  2. Pada Wi-Fi di Jaringan & nirkabel, tekan tombol Aktif sampai berubah menjadi Mati.


5. Nonaktifkan GPS

Jika kita sering berkendara dan tidak tahu arah jalan, kita dapat memanfaatkan GPS yang terdapat pada aplikasi peta online sebagai petunjuk arah. Namun, jika sedang tidak digunakan maka sangat disarankan untuk menonaktifkan fitur tersebut, karena selain menguras daya baterai juga akan mengurasi umur baterai.


Cara menonaktifkan GPS :
  1. Buka Pengaturan ponsel.
  2. Pada menu Lokasi, tekan tombol Aktif sampai berubah menjadi Mati.

Kesimpulan

Untuk memperpanjang usia baterai smartphone sebenarnya sangat mudah, kita hanya perlu lakukan hal yang sama untuk menghemat baterai. Dengan beberapa tips diatas, bisa kamu coba untuk mencegah masalah tersebut yang dapat menyebabkan borosnya baterai. Jika kamu mempunyai tips lain, silahkan bagikan melalui kolom komentar dibawah.

0 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, sebagaimana menjadi pengunjung yang baik.

Histats

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *