Review ASUS Zenfone Go ZC500TG: Smartphone Fitur Setara High-end - Levatra -->

4 Maret 2016

Review ASUS Zenfone Go ZC500TG: Smartphone Fitur Setara High-end

Review ASUS Zenfone Go ZC500TG: Smartphone Fitur Setara High-end

Baca juga:

ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end
Setelah sebelumnya saya telah membahas dua produk unggulan ASUS dari seri Zenfone 2 yaitu ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL dengan banyak fitur unggulannya seperti sudah mendukung penuh Jaringan 4G LTE, kamera jernih dan tajam sehingga cocok bagi kalian yang suka mengabadikan momen atau hanya sekedar selfie dengan kamera depan, serta harganya yang terjangkau dan ASUS Zenfone 2 ZE550ML dengan prosesornya yang setara Notebook sehingga sangat cocok untuk kalian yang hobi bermain game besar, juga memiliki fitur 4G juga dapat diboyong dengan tidak mengocek kantong terlalu dalam.

Tidak hanya kedua smartphone diatas yang menjadi kebanggaan dari ASUS, banyak produk smartphone ASUS yang sudah menjamur dimasyarakat tidak terkecuali dari seri Zenfone 5 seperti ASUS Zenfone Go ZC500TG yang memiliki banyak fitur unggulan juga tidak kalah dengan produk kompetitor.

ASUS Zenfone Go ZC500TG hadir sebagai generasi penerus produk smartphone yang melanjutkan kesuksesan Zenfone 5 sebelumnya yang dikenal dengan smartphone kencang namun memiliki harga terjangkau. ASUS Zenfone Go ZC500TG pun datang dengan harga yang masih tetap terjangkau, lalu seperti apa performa yang ditawarkan Zenfone 5 inci ini? Kita akan membahasnya sebagai berikut.

Kenapa Harus Memilih ASUS Zenfone Go ZC500TG dibanding Produk Lainnya?
Seperti yang sudah jelaskan diatas bahwa ASUS Zenfone Go ZC500TG ini hadir melanjutkan generasi sebelumnya yang sudah dikenal oleh masyarakat sebagai smartphone yang memiliki performa kencang serta harga terjangkau, berbeda dengan produk smartphone lainnya yang tidak menyeimbangkan antara performa, desain, dan harga.

ASUS Zenfone Go ZC500TG Memiliki keunggulan yang berbeda dengan smartphone pada umumnya, berikut beberapa keunggulan yang dimilikinya.

Desain Elegan

Sebelum kita membahas mengenai kedalaman dari smartphone ini, yang pertama kita bahas adalah mengenai Desain yang tentunya berbeda dengan smartphone pada umumnya. ASUS Zenfone Go ZC500TG mempunyai desain yang masih sama dengan generasi Zenfone 5 sebelumnya yang mewah dengan desain concentric circle dan menjadi ciri khas Zenfone di setiap elemen detailnya. Misalnya pada bagian bawah smartphone yang diukir secara sempurna.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Kalau dilihat berdasarkan ukuran fisik, ASUS Zenfone Go ZC500TG terasa sangat pas ketika digenggam dengan tangan karena memiliki bobot yang ringan dengan screen to body ratio diatas 70% menjadikan smartphone ini memiliki bentuk yang mungil walaupun mempunyai layar cukup besar yaitu berukuran 5 inci. Dan jika lebih diperhatikan lebih detail, smartphone ini juga memiliki ketebalan body yang menyusut dibandingkan dengan Zenfone generasi sebelumnya yang lebih tebal.

Berikut detail dari beberapa bagian tampak luar smartphone
  • Bagian Atas
Terdapat lubang port audio 3.5mm. Pada bagian atas tepatnya bagian belakang atas akan terlihat sebuah kamera dengan resolusi 8 megapixel yang dilengkapi dengan LED Flash. Selain dapat mengambil gambar ditempat gelap, LED Flash juga dapat berfungsi sebagai lampu senter jika diperlukan.

  • Bagian Bawah
Di bagian bawah yang terdapat port micro USB pengisi daya dan data transfer bahkan telah didukung oleh teknologi USB OTG jika kita ingin mengakses file dari USB disk atau aksesoris lainnya.

  • Bagian Samping
Pada bagian samping kanan terdapat 3 tombol untuk power dan mengatur volume yang memiliki ukiran concentric circle juga yang mengkilap dengan detail yang sangat mewah. Sedangkan pada bagian samping kiri tidak ada tombol sehingga mendapatkan desain yang clean.

  • Bagian Depan
Pada bagian depan smmartphone memiliki 3 tombol dan dibawah tombol tersebut terdapat ukiran plat metal concentric circle yang sangat mewah dan menjadi identitas dari ASUS Zenfone.

  • Bagian Belakang
Desain belakang smartphone ini cukup simple dengan rubber finish yang terasa lembut dan mewah. Selain lembut, rubber finish yang seperti karet ini juga memberikan cengkraman yang kuat pada tangan agar tidak licin sehingga tidak mudah jatuh ketika digenggam. Dan terdapat lubang sirkulasi speaker yang dibuat rapi menggunakan laser cutting.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Itu beberapa perangkat dari bagian tertentu. Selain itu, pada bagian dalam belakang smartphone ini terdapat baterai yang bisa dilepas dan 2 slot sim card yang dapat diakses tanpa harus melepas baterai, ini bertujuan agar tidak mengurangi usia pakai smartphone ketika terlalu banyak melepas baterai.

Secara desain keseluruhan, ASUS kembali membuktikan bahwa desain smartphone dengan harga terjangkau bukan berarti harus buruk rupa. ASUS Zenfone Go ZC500TG berhasil membuktikan bahwa mereka bisa tampil elegan dan mewah meskipun dapat dibandrol dengan harga yang amat terjangkau.

Layar Memukau

Setelah kita membahas Desain luar, pembahasan selanjutnya adalah pada Layar. Smartphone dengan harga terjangkau pada umumnya memiliki layar yang ala kadarnya untuk mengurangi biaya produksi smartphone tersebut, sehingga akan tampak buram dan kontras yang tidak bersahabat dengan mata saat digunakan untuk menonton film atau gambar yang mencolok.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Berikut fitur-fitur dari Layar
  • Mempunyai layar 4.5 inci dengan TFT LED Backlit.
  • Resolusi layar 1280x720 pixels cukup rapat untuk ukuran layar 5 inci.
  • Kontras dan akurasi warna lebih baik dibandingkan smartphone dikelasnya.
  • Menggunakan teknologi MiraVision yang mengatur kualitas gambar secara real-time dan teknologi ini biasanya ditemukan pada smartphone high-end.
  • Layar Dapat disentuh dengan 5 buah jari sekaligus.
  • Mempunyai kecepatan responsitifitas 60 ms atau lebih cepat dibanding dengan smartphone high-end sekalipun.

Beberapa fitur diatas membuktikan bahwa ASUS Zenfone Go ZC500TG memiliki layar yang bersahabat dengan mata walaupun masih dengan harga terjangkau, berbeda dengan smartphone lain dikelasnya.

Selain fitur diatas, juga terdapat ZenMotion touch gesture yang berfungsi sebagai pembuka smartphone ketika dalam keadaan terkunci hanya dengan menggambar huruf pada layar. Misal, untuk membuka browser cukup menggambar huruf "W" pada layar dalam keadaan mati, atau menggambar huruf "S" untuk membuka email, dan sebagainya.

Kinerja Optimal dengan Prosesor Quad Core

Membuka aplikasi dan berganti ke aplikasi lain serta melakukan swiping menu akan terasa mulus dan mudah tanpa menemukan gejala lag seperti smartphone lain dikelasnya dan tidak harus menunggu lama ketika smartphone melakukan load data aplikasi yang hendak kita buka.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Berikut Spesifikasi Kinerja ASUS Zenfone Go ZC500TG
  • Prosesor : Quad-Core 1.3GHz
  • GPU : Mali 400
  • RAM : 2GB
  • Operasi Sistem : Android Lollipop 5.1
  • Memori Internal : 8GB / 16GB
  • Memori MicroSD : Hingga 64GB

Dengan spesifikasi demikian, ASUS Zenfone Go ZC500TG mampu menjalankan game Real Racing 3, Asphalt 8 dan beberapa editing gambar secara lancar tanpa lag ataupun panas berlebih.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

ASUS Zenfone Go ZC500TG memiliki skor pada aplikasi benchmark Antutu yang cukup mengesankan yaitu di angga 20.937 atau hampir menyentuk angka 21.000. Skor ini sangat baik jika dibandingkan dengan smartphone dikelasnya yang hanya memiliki skor dibawah angka 20 ribu.

Kamera Dengan Berbagai Macam Fitur

ASUS Zenfone Go ZC500TG memiliki kamera utama 8 megapixel dengan autofocus dan kamera depan 2 megapixel dimana keduanya telah menggunakan teknologi PixelMaster. Kamera belakangnya mampu menghasilkan gambar yang jernih dan kemampuan low light yang sangat baik.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Berkat teknologi PixelMaster Camera, Zenfone Go memiliki banyak mode dalam pengambilan gambar dengan kamera utama ataupun kamera depan.

Berikut fitur-fitur dari Kamera
  • Menghasilkan foto yang optimal disegala kondisi baik dengan adanya Fokus, ISO, Shutter dan bukaan Diafragma.
  • Setting White Balance, ISO dan Exposure value agar terlihat seperti fotografer professional.
  • Anti-shake yang bekerja otomatis jika diaktifkan, ini berfungsi untuk menstabilkan kamera ketika tangan bergetar saat mengambil foto.
  • Fitur White Balance, Exposure Value dan Video Stabilization untuk mengambil video dan tidak terlalu banyak guncangan.
  • Dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1920x1080 pixels.
  • Mempunyai mode HRD Seperti layaknya smartphone high-end dengan mengambil 3 gambar sekaligus dan menyatukannya agar objek dan latar belakang foto masih terliat jelas.
  • Night mode, ini berfungsi ketika mengambil gambar dimalam hari lebih terang dibanding mode auto.
  • Depth-of-Field, untuk memberikan efek bokeh pada latar belakang gambar.
  • Time Rewind, untuk mengambil gambar dengan jangka waktu 1 detik sebelum atau 1 detik setelah shutter ditekan. Ini berguna ketika kita ingin mengambil gambar orang berlari ataupun ketika orang melompat agar terlihat melayang diudara.
  • Smart Remove, untuk mengambil otomatis 5 buah gambar dan menghapus objek bergerak. Ini berguna ketika ingin mengambil foto ditempat keramaian dimana banyak orang yang lewat dibelakang kita.
  • All Smiles, dapat mengambil foto terbaik ketika sedang foto bersama agar semua orang yang berada didalam foto dalam keadaan tersenyum.
  • Slow Motion dan Time Lapse, dapat mengambil video menjadi keren dengan efek-efek kecepatan.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

ASUS Zenfone Go ZC500TG juga mempunyai 12 efek kamera seperti LOMO, Vintage, Sepia, Pencil, Grayscale, Edge Effect, Pixelize dan lain-lain tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Hasil foto menggunakan Mode Panorama
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Selain itu, ASUS PixelMaster juga dapat mengambil gambar bergerak atau yang biasa kita kenal dengan gambar berformat GIF. Mode Miniatur, membantu ketika kita ingin menciptakan gambar fokus dan menjadikan objek lain diluar menjadi blur. Ini cocok untuk menciptakan efek saat mengambil foto dari action figure.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end


Dual SIM Dual 3G

Zenfone Go ZC500TG sudah dibekali dengan dual slot SIM card yang aktif secara bersamaan tanpa harus membawa 2 ponsel jika memiliki dua buah nomor telepon. Kedua kartu SIM yang aktif mendukung koneksi internet 3G dengan kecepatan download hingga 42 Mbps.

SIM card dapat dilepas tanpa harus melepaskan baterai, seperti smartphone pada umumnya yang harus melepaskan baterai jika ingin melepas SIM card.


ASUS ZenUI Yang Intuitif

Zenfone Go ZC500TG menggunakan operasi sistem Android Lollipop 5.1 yang menjadi salah satu OS terbaik yang dimiliki Android. Zenfone Go ZC500TG hadir dengan ROM ASUS ZenUI 2.0 Terbaru, desain ini banyak mendapatkan pujian di seluruh dunia karena desainnya yang cantik juga memiliki kustomisasi tingkat lanjut sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Sehingga perangkat yang memiliki ZenUI terjual lebih dari 18 juta unit dan aplikasi bawaan ZenUI sudah terunduh lebih dari 150 juta kali melalui Google Playstore.

Kita dapat memilih berbagai tema yang disesuaikan dengan tampilan, warna, screensaver, icon dan lain-lain. ZenUI 2.0 dilengkapi dengan app drawer cerdas yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.


Keamanan

ASUS ZenUI mendapatkan perlindungan keamanan dari perusahaan anti virus ternama yaitu Trend Micro Security untuk menjaga data agar tetap aman di smartphone pengguna. Selain itu, juga dilengkapi dengan SnapView yang dapat membuat 2 akun user yang bisa menjaga data-data pribadi.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

ASUS ZenUI memiliki Kids Mode yang bisa membuat tampilan khusus untuk anak-anak. Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi pada saat Kids Mode, Kids mode juga dapat mengatur waktu mundur sampai kapan Kids Mode akan berakhir dan smartphone akan terkunci kembali.

Selain Kids Mode, ASUS ZenUI juga dibekali dengan Easy Mode. Mode ini akan meringkas tampilan agar lebih besar dan lebih mudah terbaca serta dilihat layaknya sebuah ponsel namun tetap memiliki performa luar biasa.


Share Link, Party Link, PC Link dan Remote Link

Dengan adanya aplikasi bawaan Share Link, Party Link, PC Link dan Remote Link. Pengguna dapat menghubungkan perangkat Zenfone Go ZC500TG dengan perangkat lainnya.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Berikut fungsi masing-masing dari aplikasi tersebut
  • Remote Link, berfungsi untuk mengontrol Komputer PC melalui smartphone seperti mengontrol multimedia atau presentasi dan bisa berfungsi sebagaimana touchpad dan keyboard pada laptop melalui sambungan micro USB atau WiFi.
  • PC Link, sebaliknya dari Remote Link. Kita dapat mengkloning layar smartphone kita dikomputer dan memainkan smartphone melalui Komputer.
  • Share Link, untuk berbagi file melalui WiFi dengan kecepatan tinggi dengan device lain layaknya bluetooth namun lebih cepat.
  • Party Link, untuk berbagi file atau folder dan memberikan akses kepada siapa saja yang terkoneksi dengan WiFi smartphone kita.

Whats Next dan Do It Later

Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir mirip. Keduanya sangat membantu ketika penggunanya sibuk sehingga melewatkan kejadian penting yang sudah terlewat di smartphone.

Contohnya jika ada missed call, e-mail atau SMS yang belum dibaca, atau kontak yang masuk dalam kelompok VIP atau favorit menghubungi Anda di saat Anda sedang mengabaikan smartphone. Aplikasi ini bisa memberikan daftar kejadian penting yang Anda lewatkan agar Anda bisa segera tindak lanjuti.
ASUS Zenfone Go ZC500TG: Harga Terjangkau dengan Fitur Setara High-end

Sebaliknya Do It Later merupakan aplikasi yang akan membantu Anda di saat Anda sedang sibuk namun harus melakukan hal tersebut di lain waktu, simpan saja di Do It Later. Misal, saat Anda ingin membaca sebuah situs namun mendadak Anda sibuk, kita bisa menyimpannya ke Do It Later. Atau saat Anda akan menulis blog namun belum selesai, ia juga bisa menyimpannya.

Manfaatnya, saat Anda sedang punya waktu luang, tinggal buka saja Do It Later. Setelah itu Anda akan melihat list aktivitas yang sempat terputus saat Anda sedang asik mengerjakannya karena ada pekerjaan lain yang lebih mendesak.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone Go ZC500TG
Model ZC500TG
CPU MediaTek MT6580 Quad-Core 1.3GHz
RAM 2GB RAM
Storage 8GB / 16GB + 5GB Free ASUS Webstorage
MicroSD Yes (up to 64 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB, 35 mm earjack
Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
3G DC-HSPA+ Download speed 3G up to 21Mbps
GSM/WCDMA Quad Band for worldwide data roaming 850/900/1900/2100MHz
Sim Card Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS
Display
Video Video Playback: MPEG4, H.264, H.263
Video Recording: H264 AVC, MPEG-4 SP, MPEG-4 ASP, VP8, VP9, H.263
Battery Lithium-Polimer 2070 mAh
Rear Camera 8 MP autofocus. Diafragma besar f/2.0, 5 element Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Main Camera 2 Megapixel Fix-focus
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet chamber
OS Android 5.1 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote, BBM & Whatsapp Ready
Dimension 143,7x71,5x(10,5~3,5) mm
Weight 145 g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Harga Rp1.599.000 (8GB), Rp1.699.000 (16GB)

Artikel Lainnya

15 Komentar

Apa tanggapanmu tentang artikel diatas?

wew elegan banged desaignnya ^_^

wah niat bener nih Asus bersaing di bidang Moblie :)

nice gan,buat yang maub beli gadget

Woow detail banget informasina :D
mantap dahh jadi pengen beli
hhhaha

josss...jadi pingin
nice post

jadi pingin nihh.....
nice post

Apalagi banyak fiturnya yang setara dengan smartphone High-end :D

Kualitasnya udah gak diraguin lagi gan :D

Semoga bermanfaat gan :D

Ijin Sedikit berbagi gan.. berdasarkan pengalaman make produk, buat zen go memori internal 16 GB, realx cuman 11 GB sisax 5 GB untuk asus web storage. 16 GB - 5 GB web storage = 11 GB. Mohon maaf klo salah

numpang tanya knp asus ZC500TG klo buka youtube selalu bufring padahal os lolipop,dan kuota masih ada 4 gb...tolong minta solusi dong gan..

numpang tanya knp asus ZC500TG klo buka youtube selalu bufring padahal os lolipop,dan kuota masih ada 4 gb...tolong minta solusi dong gan..

numpang tanya knp asus ZC500TG klo buka youtube selalu bufring padahal os lolipop,dan kuota masih ada 4 gb...tolong minta solusi dong gan..

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Histats